Kapan Anak Berhenti Makan

anak makan

Kapan saatnya kita menyudahi acara makan anak kita pada saat dia lagi susah makan?

Tanya:

Kapan sebaiknya untuk anak, kita sudahi acara makannya? Maksudnya kalau misalnya lagi susah makan, lagi tidak mood, baru makan sedikit, terus tidak mau lagi. Kalau dalam situasi seperti itu kapan sebaiknya kita sudahi acara makannya? apa terus dibujuk-bujuk sampai makannya habis atau bagaimana? Atau kita berhentikan dulu terus dicoba-coba lagi ? lalu kita coba makan lagi setelah berapa lama? [SK]

Jawab:

Kalau saya, kalau lagi makan bersama, ya waktunya disesuaikan sama kita, kalau kita sudah selesai makan dan si anak belum selesai (baca: ogah-ogahan), paling-laing 5 menit bujuk-bujuknya sesudah itu ya sudah, selesai saja waktu makannya. Kalau dia makan sendiri, biasanya paling lama 30 – 45 menit dia duduk di kursi makannya, kalau masih tetap tidak mau/ogah-ogahan makan ya sudah diangkat saja. Biar sedikit yang penting ke-isi makanan utama. Tapi dengan catatan kalau si anak mau ngemil kita sebaiknya tidak memberi, terutama kalau ngemilnya cookies, permen, coklat. Tapi kalau mintanya kentang rebus, wortel rebus, buah, keju, roti, pasta, tidak apa-apadan dia makannya tetap harus duduk di tempatnya. Jadi kalau dia minta cemilan yang manis-manis biasanya saya langsung menolak kecuali kalau dia sudah makan makanan utama, karena cemilan yang seperti itu merusak nafsu makan [Ik]

Kalau saya melihat anak ogah-ogahan makannya, ya sudah langsung distop saja. Habis itu ditanya anaknya mau makan apa sebagaipengganti makan tadi yang tidak termakan. Pokoknya tetap makanan utama. Sejauh ini cukup ampuh buat sulungku yang makannya agak susah dibandingkan dengan adiknya. Kalau saya lagi sempat masak beberapa macam makanan, biasanya saya tawarkan dulu dia mau makan apa, misal saya masak sop telur puyuh + ayam goreng dan ati ampela. Saya tanya saja anaknya mau makan sop pakai ayam goreng atau ati ampela? kalau dia tidak memilih kedua-duanya, yah sopnya yang harus diperbanyak telur puyuhnya sebagai pengganti protein yang saya tawarkan tadi [DIW]

Soal mood makan sepertinya memang anak-anak ada waktunya seperti itu, tapi ada yang cuma sebentar ada lagi yang keterusan. Kalau anaknya memang susah makannya walaupun sudah dibujuk lebih baik jangan dipaksa, takutnya kalau kita tetap paksa dia malah merasa acara makan bukan lagi waktu yang menyenangkan. Dulu yang saya lakukan saya kurangi jumlah makanannya dulu, tapi frekuensinya ditambah kalau biasanya 3 kali ubah jadi 4 kali dan atur saja waktu pemberiannya. Tapi kalau tetap tidak mau juga untuk seumur dia satu-satunya jalan ya dikasih minum susu saja supaya kebutuhannya tetap terpenuhi [DM]

Kalau saya paling tidak pernah memaksa-maksa anak supaya makan. Kalau tidak mau, biasanya saya malah menawarkan makanan lainnya. Jadi di rumah, stok cereal, havermut, kue kering seperti kaastengels, nastar, selalu ada. Dalam kulkas, selalu tersedia cemilan kesukaan anak saya seperti kedelai, jagung, pisang yang tinggal saya rebus kalau dia mogok makan [WRM]

Saya waktu menjalaninya berprinsip, saya tidak mau acara makan jadi acara berantem, jadi kalau dia mau selesai ya selesakan, nanti kalau dia lapar pastidia akan mencari makanan, tapi memang tugasku jadi berat karena harus menyiapakan cemilan yang bergizi, supaya kapan saja dia mau makan, dia bisa makan snack yang bergizi & menyehatkan (sayuran, buah-buahan, keju, roti kering, otak-otak, nugget) kalau dia minta makanan berat di luar jam makan, sebisa mungkin tolak, supaya dia tahu bahwa itu bukan jam makan. Kalau selama di Jakarta, cara yang cukup ampuh buat saya adalah ‘merendam’ anak di kolam plastiknya sekitar 30 menit. Habis itu dia biasanya jadi rakus deh makannya, tapi waktu di Jepang, apalagi winter tidak mungkin sekali menjalaninya tapi saya perhatikan, anak-anak saya harus dibuat lelah atau ganti suasana baru merasakan lapar. Jadi kadang pakai kereta saya ajak ke taman, piknik atau sekedar duduk di kursi halte bis, sambil memperhatikan orang lalu lalang atau mungkin anakmu udah mau ganti makanan jadi yang lebih seru, ingin makanan sunda kali? Coba diingat-ingat orangtua si anak sukanya apa, biasanya anak sama lho sukanya, anakku yang kecil jawa sekali, jadi kalau dikasih tempe & tahu bacem bisa abis malah tambah, tapi coba kalau dikasih seperti pasta, sop pasti diemut, jadi ya sudah, nasi pakai tempe bacem, makannya juga disuap pakai tangan, sejumput-sejumput, dia kelihatan menikmati banget [Ha]

Jaman anak saya susah makan cenderung agak cuek, dalam arti begini, tetap membujuk anak untuk makan tapi tidak memaksa, pemikirannya gampang saja takut anaknya jadi trauma kalau dipaksa-paksa makan. Mungkin sekarang lagi hobi bereskpressi kesana kemari, sudah asyik main anaknya kali saja dia merasa ‘terganggu’ kalau harus makan lama-lama,atau lagi mulai tumbuh gigi jadi malas makan ? coba saja makannya sedikit-sedikit tapi sering, misalnya seling 30 menit ? tidak pasti waktunya pakai perasaan saja, memang sih jadi kerja ekstra, jadwal makan terganggu dan kitanya harus extra sabar [Mol]

21-09-2005 11:49:05

Bubur Beras

bubur beras

Anakku lagi ngambek tidak mau makan bubur beras merah, kalau nanti aku mau coba lagi, enaknya bubur beras merah ini dicampur dengan apa ya?

bubur berasTanya:

Anakku ngambeg dan berontak tidak mau meneruskan makan bubur beras merah. Nanti kalau mulai lagi mencoba beras merah, enaknya dicampur apa? Dari bubur-bubur yang bayiku sudah coba dua minggu terakhir ini (beras merah, jagung, kacang hijau dan maizena). Kenapa ya di buku resep makanan anak-anak terbitan Gramedia jerang susu formula waktu buat bubur bayi sedangkan di resep-resep Ayah Bunda menjerang susu formula tidak disarankan (sama dengan soal lebih baik makanan bayi pakai gula apa tidak) [JN]

Jawab:

Resepnya Tuty Soenardi itu tidak semua rasanya enak. Banyak juga yang rasanya aneh. apalagi yang model saus buah-buahan, wah anakku sama sekali tidak doyan. Baby sitterku untuk anak yang pertama, sama sekali tidak kreatif, kalau kata buku bubur beras merah, ya benar-benar bubur beras merah yang kental dan setelah aku coba rasanya minta ampun eneg sekali, pantas saja anakku makannya harus setengah dipaksa. Setelah anak kedua, akhirnya aku pakai cara ini, buburnya tetap macam-macam (beras merah, kedelai, kacang hijau, beras putih) dimasak hanya pakai susu dan gula batu sedikit, masaknya jangan lama-lama (karena berasnya sebelumnya sudah matang disangrai). Untuk saus buahnya aku masak sendiri, anakku yang kedua sukanya apel atau pear dikukus dan dihaluskan atau pisang, atau segala macam buah sudah aku coba kasih. Kalau pisang dihaluskan sama bubur beras sepertinya campuran yang paling bagus. Jadi makannya bukan bubur dicampur saus buah, tapi bubur di mangkok sendiri, buahnya di mangkok sendiri. Setelah makan bubur 2-3 suap, baru saus buah sesendok. Anakmu hampir 6bulan ya, sbentar lagi bisa makan bubur tim saring. Nah ini lebih bervariasi dan lebih enak. biasanya anak-anak lebih suka. Anakku sukanya pakai kaldu kaki ayam sama keju [Vt]

Umur anaknya sepertinya tidak terpaut jauh ya dengan anakku di rumah (7 bulan setengah). Sudah dikasih tim saring dengan menu yang lain-lain. Satu macam lauk + 2 macam sayuran setiap kali makan. Lauknya yang pertama kali dikasih : ayam kampung + kaldu + bayam dan wortel. Setelah itu maju sayuran yang lain, misalnya kangkung, brokoli, toge, kacang merah, tomat, kacang hijau, buncis yang muda, labu siam, labu kuning, kembang kol, kentang. Untuk lauknya, setelah ayam kampung tidak ada, mulai dikasih ati ayam, terus telor ayam kampung (kuningnya saja), terus maju daging sapi dan ikan. Untuk pemberian lauk ini, dicoba dulu sedikit, terus dilihat ada alergi atau tidak, oh iya untuk telornya, 1 minggu – 1 butir saja, yang lain untuk perasa, sampai sekarang anakku belum aku kasih garam atau gula, hanya dikasih sedikit parutan keju. Karena pakai kaldu ayam kampung, jadi biarpun tidak pakai perasa tetap kerasa gurih [RG]

Aku kebetulan, ibu yg agak konservatif juga, juga suami paling anti kasih anak makanan cepat saji. Waktu anakku umur 4 bulan aku juga mulai kasih bubur susu yang aku buat sendiri, seperti bubur beras, beras merah, kacang hijau, dan lain-lain. Tapi aku cuma kasih saus buah jeruk saja, sedangkan buah lainnya tidak enak dicampur bubur nasi, kadang juga tidak dicampur jus buah tapi aku rasa sudah cukup enak. Memang di Buku Ibu Tuti Sunardi, susu formulanya direbus lagi, tapi itu tidak aku lakukan. Jadi kalau mbak mau coba caraku boleh. Masak tepung dengan air (yang akan kita gunakan untuk mengencerkan susu), Kalau sudah matang, angkat dan masukan susu formula, aduk agak cepat agar susu tidak menggumpal. Selesai. Jadinya susu formula si kecil tidak mengalami perebusan, kalau mau lebih manis rasanya, susunya boleh ditambah [DA]

25-09-2006 23:39:49

Kolesterol

kolesterol

Untuk penderita kolesterol itu apa saja pantangannya ya?

kolesterolTanya:

Tanya ya bu, kalau untuk penderita kolesterol itu apa saja ya pantangannya? Maksudku selain daging atau makanan yang berlemak, apa lagi yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol. Sejauh ini aku hanya minum jus seledri, tomat, wortel dan timun. Selain itu makanan apa lagi ya yang bisa menurunkan kolesterolku? [SB]

Jawab:

Makan goreng-gorengan bu, contohnya seperti bakwan, tahu, cireng dan sejenisnya. Apalagi gorengan yang dijual oleh abang-abang itu menggunakan minyak yang sudah berulang-ulang dipakai sehingga sudah berubah warna menjadi hitam. Kemudian makanan bersantan seperti ketupat sayur atau kue-kue manis yang menggunakan santan. Juga cake karena pembuatannya menggunakan telur dan mentega, contohnya seperti lapis legit. Sebaiknya buat agar-agar yang bening, tanpa santan dan sedikit gula. Tambahkan potongan buah-buahan segar (pepaya, anggur, nanas) baik untuk camilan karena tinggi serat dan rendah lemak. Daging boleh dikonsumsi tapi yang bersih dari lemak, dan minim bumbu misalnya daging tumis atau daging steak. Sebaiknya mengkonsumsi ikan di pepes atau ikan dikukus/dipindang. Kalau rendang sebaiknya jangan dikonsumsi, apalagi masakan Padang karena tinggi kolesterol karena penuh dengan santan dan berbumbu. Lebih baik memilih jenis makanan seperti urab, ikan pepes atau tahu pepes atau kira-kira makanan yang sejenis itu [DN]

Sepertinya melon juga menurunkan kolesterol mbak, kalau yang tradisional bisa dicoba air rebusan daun salam mbak, setiap hari diminum 3 kali [YN]

Mbak, mau sharing juga. Aku mengalami hal yang sama seperti yang mbak alami kira-kira setahun yang lalu. Tiba-tiba kolesterolku tinggi. Terus memang harus pantang beberapa makanan sampai sekarang daftar makanan masih menempel di dapur, supaya ingat terus. Isinya tentang makanan yang boleh dimakan, yang sekali-sekali boleh dimakan, yang harus lebih hati-hati apabila dimakan serta yang pantang sama sekali untuk dimakan bagi penderita kolesterol. Di rumah aku punya pohon makutadewa, jadi kalau kebetulan sedang berbuah aku minum rebusan air makutadewa. Alhamdulillah turun. Apalagi kalo makan cumi-cumi langsung cenut-cenut (??) bagian punggung atas atau bawah leher. Tapi kalau malam minum air rebusan makutadewa itu paginya langsung segar. [AT]

Bu, informasi di bawah ini saya dapatkan dari sumber lain:
Makanan yang banyak kolesterol yaitu antara kuning telur, organ hewan (jerohan seperti hati, otak, ginjal, usus, jantung), daging , ayam, itik, udang, makanan laut lainnya, produk susu penuh lemak, santan, dan makanan goreng-gorengan.

Untuk mengurangi kolesterol antara lain :
1. Jaga berat badan. Bila berat badan berlebihan, olahraga secara teratur.
2. Kurangi makan makanan berlemak (terutama lemak hewani), pilih daging tanpa lemak, ayam dan itik tanpa kulit, mengkonsumsi dalam porsi yang sedang.
3. Pilih produk makanan dan minuman (seperti susu) tanpa lemak atau rendah lemak.
4. Batasi penggunaan mentega, margarin, keju dan minyak goreng dari kelapa atau kelapa sawit (sebaliknya gunakan minyak dari bunga matahari, kedelai, kanola atau minyak zaitun).
5. Kurangi makan coklat dan ice cream, kurangi makan telur, udang, kepiting, hindari makan jerohan.
6. Ganti makanan yang digoreng dengan cara dikukus misalnya.
7. Kurangi masakan bersantan (cukup sekali seminggu)
8. Perbanyak makan buah dan sayuran, makanan yang mengandung serat, biji-bijian dan kacang-kacangan.
9. Kurangi alkohol, garam dan makanan bergula

Bahan alami yang konon katanya bisa untuk menurunkan kolesterol antara lain:
1. Seledri (satu batang seledri direbus dengan 1 gelas air minum, hingga mendidih, dinginkan, minum. Lakukan 1 x sehari)
2. Bawang putih (2 siung atau 4 gr bawang putih, dikunyah hingga halus baru ditelan, trus minum air hangat, lakukan 3x sehari)
3. daun bawang prei
4. temulawak
5. belimbing wuluh
6. kunyit
7. teh hijau

Catatan: Tubuh tetap membutuhkan sejumlah kecil kolesterol untuk membuat vitamin D, membentuk hormon, membangun dinding sel, mencerna lemak dan proses metabolisme lainnya [AED]

Mbak, kalau mertuaku pantang makanan yang digoreng, jadi semuanya adalah makanan yang direbus atau dikukus. Tidak mengkonsumsi coklat, seafood, masakan yang bersantan serta mengurangi kacang-kacangan dan telur dipilih yang Omega 3. Setiap hari suka makan labu kecil-kecil dikukus. Alhamdulillah kolesterolnya jadi normal [RM]

Bapakku juga dulu pernah kena kolesterol sampai tinggi. Dokternya menganjurkan untuk berolah raga setiap hari, jalan kaki juga sudah cukup, yang penting harus gerak. Kalau mau senam juga boleh. Selain itu mengkonsumsi bawang putih, tapi apabila tidak tahan sama bawang putih asli bisa minum bawang putih yang sudah jadi kapsul. Banyak dijual di apotik [RN]

16-01-2006 23:06:50

Bisulan

foto anak

Keponakanku bisulan terus, sudah ke dokter berkali-kali hanya dibilang kebanyakan makan telur. Sekarang sudah tidak makan telur tapi masih juga bisulan

bisulanTanya:

Keponakanku, cowok 2,5 tahun, bisulan terus. Sudah ke dokter berkali-kali hanya dibilang kebanyakan makan telur. Sekarang sudah tidak pernah makan telur sama sekali tapi masih bisulan. Tumbuhnya kebanyakan dimuka malah ada beberapa yang di kelopak mata. Jadi kasihan sekali melihatnya. Sama dokter juga cuma dikasih antibiotik. Padahal kebanyakan antibiotik juga tidak baik kan? [DM]

Jawab:

Kata dokter spa itu biasanya susu tambahannya yang tidak cocok. Mbak, mungkinkah pengaruhnya dari susu? Soalnya pengalamanku sama anakku yang pertama, sebelumnya anakku minum susu enfagrow, terus anakku ganti jadi dutch lady buatan malayasia, setelah minum dutch lady kira-kira 2 bulanan gitu, pada bisulan, bisulnya di sekitar jidat sama di kepala terus di bawa ke dokter anak, kata dokter coba di ganti susunya, eh benar setelah di ganti susunya tidak pernah bisulan lagi. Ternyata susu dutch lady itu banyak vitamin dan lemaknya [Pris]

Kalau anak-anakku dulu tidak cocok sama yang namanya susu dancow, Karena waktu aku ganti susu lain mereka tidak punya masalah apa-apa & terutama tidak bisulan. tapi begitu aku coba balik lagi ke dancow (karena penasaran), anak-anakku bisulan lagi, tidak berhenti-henti lagi, mungkin ada kandungan-kandungan tertentu yang memang tinggi di susu itu dan anak-anakku tidak kuat. Akhirnya aku stop saja, aku ganti yang lain, alhamdulillah tidak pernah lagi bisulan. Tapi bukan berarti dancow jelek ya mungkin hanya faktor tidak cocok saja, masalahnya teman di kantorku juga pernah mengalami hal yang sama. Keponakan mbak minum susu apa? coba saja ganti dulu sama merk lain, siapa tahu memang dari susu. moga cepat sembuh ya ponakannya [Vr]

Kalau menurut Dsa di tempat aku, ada anak yang tidak cocok sama susu sapi karena kandungan lemaknya/kalorinya tinggi, salah satunya bisa menyebabkan bisul. Disarankan untuk ganti susu rendah lemak yang terbuat dari kedelai. Jadi bukan karena merk, mungkin sebaiknya dicoba ganti susu kedelai saja [Yn]

Mbak, bisa coba diobati pakai telur kodok (nama aslinya aku tidak tahu tapi orang-orang menamakannya begitu) obat ini bisa dicari di toko-toko obat cina, alhamdulilah anakku kemarin bisulan banyak cepat sembuhnya pakai telur kodok ini, mudah-mudahan membantu.

25-01-2006 16:13:51

Duri Ikan Tersangkut Di Kerongkongan

duri ikan

Ada cara jitu buat menghilangkan duri ikan yg tersangkut di kerongkongan?

duri ikanTanya:

Sabtu sore kemarin aku makan ikan lele, tiba-tiba ada duri yg tersangkut di kerongkongan, aku sudah coba makan segumpel nasi tidak mau keluar, malah sampai aku sodok-sodok pakai jari sampai muntah (maaf), tetap saja masih tersangkut. Ada cara jitu tidak bu, aku tersiksa sekali tidak bisa menelan dan tidak bisa makan. Rencananya nanti sore mau ke dokter, tapi ke dokter mana ya ? THT kali ya ? Tolong ya bu kasih info ke dokter mana, yang seputaran jaktim-jaksel [IT]

Jawab:

Kebetulan adikku pernah mengalaminya dan dia ke UGD Dr. Sutomo Sby (karena domisili memang di Surabaya) terus diambil duri yang terselip
di kerongkongannya itu [Rn]

Jadi ingat masa lajang waktu masih di Duri (nama kota kecil, 125 km dari Pekanbaru) Waktu itu aku dan beberapa teman cowok makan malam di luar camp, karena bosan dengan makanan messhall. Akhirnya kita ke satu rumah makan dan makan pecel lele. Di tengah acara makan, salah satu temanku tersedak duri lele di kerongkongannya. Dari 10 kepala yang ikut acara makan itu, semua kasih ide…Ayo.. makan nasi segumpal Ayo.. minum air putih yang banyak Tetap saja gagal dan masih terasa menyangkut Sampai akhirnya kita balik ke kamar masing-masing, temanku masih saja kesakitan. Tepat tengah malam kita terpaksa bawa dia ke emergency. Akhirnya durinya dicabut oleh dokter pakai alat bantu. Katanya tidak sakit [Ad]

Mbak, mungkin yang terasa sakit itu lukanya, sebetulnya durinya sudah tergelontor oleh nasi [SN]

Cara alaminya, makan nasi dikepal, jangan dikunyah, langsung ditelan saja sampai 3 kali Mudah-mudahan ampuh [RS]

Pas bulan puasa kemarin aku juga kena kasus seperti mbak, saat buka aku makan buru-buru karena anakku sudah nangis mau mimik, Duri ikannya malah tersangkut di tenggorokkan, aku sampai batuk-batuk. Minum banyak, telan gumpalan nasi, roti tidak mempan. Akhirnya nekad aku rogoh dan cabut pakai jari mbak. Alhamdulillah berhasil, baru deh legaaa sekali rasanya. Kalau belum berhasil cabut sendiri, ke dokter saja mbak buru-buru, sepertinya dokter umum juga bisa, tapi yang lebih tepat memang dokter THT kali yah. Kalau tidak sampai pakai jari, pakai pinset saja, tapi kalau ragu, ke dokter biar cepat lega [RK]

Terima kasih ya, bu akhirnya kemarin sore aku ke THT Proklamasi. Sama dokter diperiksa tapi sepertinya durinya sudah tidak ada karena sudah agak lama (2hari). Bisa jadi sudah hancur dan mungkin tinggal lukanya saja, jadi rasanya masih sakit buat menelan [IT]

27-01-2006 15:07:27