Susu Untuk Anak Alergi, Dimana Cari Klim

susu klim

Buat anakku yang alergian, oleh dsa-nya disarankan untuk mencoba susu

Ibu, berikut rangkuman susu untuk anak alergi. Aku jadinya beli Klim di pasar tebet, ukuran 2.5kg harganya 115rb. Ada 2 toko yang jual, 2-2nya di atas, dekat tempat jual plastik, seperti kata ibu, Cuma ada 1 jenis, ditulisnya sih buatan belanda, tidak tahu deh, yang buatan malaysia seperti apa, buatan australia seperti apa. Info tambahan ,katanya ada juga Klim buatan Aussie, gurih banget, harganya 185rbrupiah. [Rn]

Tanya:

Buat anakku yang alergian, oleh dsa-nya disarankan untuk mencoba susu klim. Dimana susu Klim bisa didapatkan ?

Jawab:

  • Dulu ibu DI pernah bahas beli KLIM yang murah kalau tidak salah disalah satu toko buah didaerah Kota. 2/3 bulan lalu sih di Giant Cimanggis ada KLIM u/ 3+ 850 gr sekitar 103.000, kayaknya KLIM mulai ikutan susu lainnya ada juga KLIM 7+, tapi yang KLIM 2,5 kg juga masih ada tapi di Giant tidak mengeluarkan.[Im]
  • Aku pernah liat susu klim di Club Store SCBD…[Rna]
  • Dulu sih di Ngesti Bogor ada.. Yang 1 atau 2 kg gitu.. aku lupa..[Vln]
  • Di pasar tradisional Bendungan Hilir [Rni]
  • Coba cari di Pasar Senen deh…di bagian yang jual barang/makanan khas Medan. Aku pernah beli susu Klim dan Nespray. Harganya lumayan miring dari Swalayan tapi kayaknya produk Malaysia.[Tti]

Kalo anakku, 15 bln, sejak 3 bln terakhir minumnya Nutrilon Soya 3 (sebelumnya Nutrilon Premium 2) alhamdulillah cocok dan pupnya juga lancar (dulu dia ada problem dengan sembelitnya). Dan ini pun atas saran dokternya (Dr. Jonardi Graha Medika) karena belakangan alerginya muncul terus. [Wid]

Betul sudah susu soya saja, anakku sekarang pakai Isomil plus dicampur dengan Pediasure. [Dlia]

Anakku tetap aku kasih Nan-HA atas anjuran Dr. Hardiono, karena dia alergian walaupun umurnya hampir 2 thn. Yang penting makanannya aja dijaga kalau susu kan cuma pelengkap. Atau kalau kaya Anakku yang lain nanti sama dokter diberi tambahan dengan mengkonsumsi kalsium saja tapi susu tetap tidak berubah. [Dma]

Tapi setahuku di Pasar Tebet juga ada. Yang di atas deket orang jualan plastik. [Qq]

16-08-2005 14:57:43

Membuat Susu Kedelai

susu kedelai 2

Tingkatkan Asupan Gizi Anda Lewat Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai sendiri sepertinya merupakan sebuah ilmu yang perlu untuk kita pelajari dan praktekkan agar dapat menghidangkan minuman sehat bagi keluarga. Cara Membuat Susu Kedelai sangat menarik untuk diketahui seluruh lapisan masyarakat, terutama setelah kedelai naik pamornya. Susu kedelai dikenal banyak member manfaat dan menjadi alternative susu full cream bagi mereka yang sedang berdiet. Mudahnya mendapatkan biji kedelai, membuat banyak orang memproduksi susu kedelai dalam kemasan untuk dijual dengan beraneka macam rasa. Andapun bisa mengikuti usaha ini, atau setidaknya membuat susu kedelai sendiri untuk keluarga anda. Dengan mengetahui Cara Membuat Susu Kedelai, anda bisa membantu orang tua anda menurunkan kadar kolesterol, dan mensuplai isoflavon ke tubuh mereka sebagai antioksidan yang ampuh. Gejala menopause juga bisa berkurang secara signifikan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur. Susu ini juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, menjaga kehalusan kulit, sampai mengurangi risiko kanker. Jadi, tidak ada ruginya mengetahui Cara Membuat Susu Kedelai sendiri.

Cara Membuat Susu Kedelai di Dapur Anda Sendiri

Untuk anda yang senang berkreasi di dapur, Cara Membuat Susu Kedelai ini pasti sangatlah mudah untuk dipraktekkan. Anda cukup mempersiapkan kedelai yang akan anda olah. Sesuai dengan Cara Membuat Susu Kedelai yang anda pelajari, anda perlu merendam biji kedelai tersebut selama sepuluh sama enam belas jam. Sesudah direndam, kupas biji kedelai tersebut lalu dibilas dengan air. Proses ini bermanfaat untuk efisiensi proses ekstrasi dari susu kedelai tersebut. Yang menjadi pilihan dalam proses pembuatan susu kedelai ini menurut Cara Membuat Susu Kedelai adalah pemanasan. Pemanasan bisa dilakukan jika anda anti dengan bau langu dari biji kedelai. Jika anda ingin melakukannya, cukup manfaatkan microwave anda. Panaskan selama dua menit biji kedelai yang sudah melewati proses perendaman.

Cara Membuat Susu Kedelai yang Mudah Dilakukan

Selanjutnya yang harus anda lakukan menurut Cara Membuat Susu Kedelai adalah menggiling biji kedelainya. Sebelumnya siapkan dulu air sebanyak satu liter dalam blender yang akan digunakan. Jika sudah halus, anda bisa menyaringnya menggunakan kain. Cara Membuat Susu Kedelai ini akan menghasilkan cairan yang bersih dari ampas kedelai. Setelah menyelesaikannya, anda harus merebusnya sekitar lima sampai sepuluh menit. Selanjutnya sesuai dengan Cara Membuat Susu Kedelai, anda bisa menunggu sampai susu kedelai anda dingin sebelum siap untuk dinikmati. Anda bahkan bisa menyimpan susu kedelai buatan anda sampai tiga hari selama anda menyimpannya dalam lemari es. Untuk menambahkan rasa, berdasarkan Cara Membuat Susu Kedelai, anda bisa menambahkan gula, atau mengolah susu kedelai ini menjadi bentuk minuman lain yang tidak kalah bergizi seperti smoothies buah-buahan. Sungguh Cara Membuat Susu Kedelai yang mudah untuk dilakukan bukan?

Susu Ibu Hamil

susu

Kebaikan Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil sekarang ini banyak mereknya. Semuanya menawarkan kualitas dan mereka mengklaim kalau produk mereka sangat cocok dijadikan sebagai susu ibu hamil. Benar bahwa wanita yang sedang hamil memerlukan kalori yang lebih untuk perkembangan sang jabang bayi dan ini dapat didapatkan dari makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, kebutuhan gizi seperti vitamin dan mineral juga bisa didapatkan dari susu ibu hamil.

Kalori Yang Ada Pada Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil yang ada di pasaran berkisar antara 350 – 400kkal dengan takaran 3 – 4 sendok untuk satu gelas atau sekitar 50 – 60 gram. Sedangkan tambahan kalori yang diperlukan oleh ibu hamil adalah 100 – 300 kkal tiap hari. Seperti telah diketahui, susu mengandung banyak vitamin D, mineral kalsium, riboflavin, serta protein yang sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Bila anda merasa mual atau ‘eneg’ saat minum susu ibu hamil, anda dapat mengurangi porsinya atau dapat memilih rasa yang lebih anda sukai, seperti rasa vanilla atau rasa coklat. Namun, bila anda tidak menyukai susu ibu hamil yang ada dipasaran, anda masih dapat menggantinya dengan minuman sehat lain, seperti susu kedelai atau kacang hijau yang diketahui cukup baik dengan mengandung nilai gizi yang tinggi. Dan ini juga sangat baik untuk ibu hamil dan janin bila anda tidak suka susu ibu hamil.

Pentingnya Kalsium Pada Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil banyak mengandung kalsium karena mineral ini sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi agar janin dalam kandungan dapat berkembang dengan baik. Bila seorang ibu hamil kekurangan kalsium dan vitamin D, maka kebutuhan janin pun akan diambil dari tulang kalsium yang dimiliki oleh sang ibu sehingga ini dapat mengakibatkan tulang dan gigi sang ibu menjadi mudah keropos. Kalsium yang terdapat pada susu ibu hamil akan lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga kebutuhan kalsium dari bayi dalam kandungan pun tercukupi. Karena susu ibu hamil banyak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi, maka sang ibu dapat memulai minum susu ibu hamil di awal kehamilan. Menginjak usia kandungan ke empat, janin akan mengalami perkembangan organ tubuh yang pesat sehingga suplai kalsium, vitamin dan mineral lain sangat diperlukan. Dan anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi susu ibu hamil.

Makanan Penambah ASI

Ibu, adakah sayuran/makanan lain untuk menambah ASI, kebetulan ditempatku daun katuk agak susah didapat.

Tanya:

Ibu-ibu, tolong sharingnya tentang sayuran/makanan yang berkhasiat untuk menambah ASI, selain daun katuk. Soalnya daun katuk ini agak susah juga didapat, biasanya kalau satu tukang sayur yang lewat di depan rumah tidak bawa daun katuk, berarti tukang sayur yang lainnya juga tidak bawa. Aku masih ingat, dulu Mbak DM pernah posting ada sayur namanya sayur bangun-bangun yang bisa menambah ASI (ada di pasar Sumber Arta ya Mbak, aku baru mau cari nih, katanya kalau orang Batak biasanya tahu dengan sayur ini). Cuma aku tidak tahu cara memasaknya. Kalau ada yang tahu, tolong aku diinformasikan. Ok ibu-ibu, aku tunggu informasinya ya dan terima kasih banyak (LS)

Jawab:

Selain daun katuk, daun pepaya dan oyong juga penambah ASI mbak, Malah menurut pengalamanku lebih berkhasiat daun pepaya daripada daun katuk. Pada dasarnya memang sayur-sayuran, kecuali daun kacang panjang – konon katanya daun ini untuk menghentikan ASI, bagus buat penambah ASI. Dari milis yang lain bahkan dikatakan bahwa daging kambing juga penambah produksi ASI. Oh ya, percaya tidak percaya durian juga menambah produksi ASI lho. Tadinya aku tidak menyangka, tapi setelah beberapa kali makan durian ASIku terasa kencang sekali dan sekarang anakku sudah mau 10 bulan, alhamdulillah ASI masih lancar. Ok, selamat mencoba ya. Jangan lupa minum susu lactamil ibu menyusui juga.(YN)

Aku juga lagi menyusui, Insya Allah ASI ekslusif (tinggal 1 bulan lagi, mudah-mudahan tercapai). Kalau yang aku rasakan sayuran hijaunya tidak harus daun katuk saja, bisa bayam, kangkung, dan lain-lain, ‘yang penting hijau’. Biasanya kalau aku tidak makan sayuran ‘hijau’ beberapa hari saja ASI-ku mulai surut, begitu aku makan sayuran hijau wah langsung deh ASInya tumpah ruah lagi. Aku pernah juga dikasih tahu teman (orang Padang), katanya di daerahnya punya kebiasaan makan ‘bunga pisang’ (orang sunda bilang ‘jantung cau’) buat ibu menyusui. Wah benar juga tuh ASI-ku banyak dan kental. Si jantung cau ini bisa dimasak opor, dipepes (kalau ini ibuku pandai memasaknya) atau digulai, buat aku cukup dilalab (coel sambal) juga enak. (AN)

Kalau aku makan daun pepaya muda, memang pahit sekali, tapi tidak apa demi anak. Soalnya anakku ini sampai sekarang susah minum susu formula maunya ASI terus jadi akunya keteteran kalau tidak dibantu sama makanan yang bisa menambah ASI(ST)

Berdasarkan pengalaman waktu menyusui, selain daun katuk, saya sering mengkonsumsi sayur-sayuran hijau lainnya, misal : sayur bayam, daun singkong, buncis, daunnya kacang tanah [agak liat, jadi memasaknya agak lama sedikit], kangkung, daun dan bunga pepaya, oyong. Pokoknya hampir setiap hari ganti-ganti sayurnya, sekali makan 1 mangkok besar, 3 atau 4 kali sehari, ditambah juice kacang hijau/bubur kacang hijau setiap pagi, juice buah dan/atau buah-buahan setiap siang dan malam – 1 jam setelah makan. Susu malam dan tengah malam [kalau terbangun untuk menyusui sang bayi, setelah itu saya juga minum susu lagi, supaya ASI berproduksi terus] dan yang terakhir air putih sehari sebanyak 4 – 5 liter. Memang kenyang sekali, makanya saya justru mengurangi mengkonsumsi nasi supaya tidak terlalu kekenyangan, tapi dalam hati selalu diniati yang penting ASI-nya deras dan anak tumbuh sehat dan cerdas. Selain dari makanan dan minuman, pikiran sang ibu juga berpengaruh ke produksi ASI-nya. Jadi mbak LL juga sebaiknya selalu berpikiran positif dan setiap menyusui usahakan dalam kondisi bahagia. Semoga sukses ya mbak program menyusui-nya. (BB)

Dulu anakku pertama aku masih di Makassar. Aku juga minum Sun Chlorella (dari CNI), lumayan banget terasa sekali manfaatnya. Apalagi waktu itu seharian aku bekerja di kantor, jadi ASI aku perah kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Terasa sehabis minum Sun Chlorella, hasil perahan ASI menjadi meningkat. Alhamdulillah sampai 3 tahun kurang 3 bulan anakku masih ASI tanpa formula sama sekali. (SS)

Hampir semua sayuran berwarna hijau gelap, selain daun katuk, daun bayem, daun pepaya, daun singkong, sawi hijau, kale, dan lain-lain. Terus juga kacang-kacangan dan jagung. Kalau jaman dulu, ibu-ibu menyusui pasti ngletukin marning, tahu tidak? Enak itu, nyamikan kletuk-kletuk asyik buat nonton TV. (susah-susah mengunyah marning, kalau diganti pop corn saja, bisa tidak ya? Kan sama-sama jagung?) Kalau aku dulu suka sekali jagung rebusan, sehari paling tidak 4 jagung (untung waktu itu musim jagung, kalau tidak kan boros sekali! Di sini jagung segar mahal sekali). Terus jangan lupa, yang paling penting itu banyak minum! Jangan lupa, juga teruskan Prenavit, biar badan ibu tidak habis buat produksi ASI, hati-hati dengan osteoporosis. Oh ya, minum susu jangan ketinggalan ya (QN)

Kalau aku, makanan yang paling berpengaruh memperbanyak ASI adalah sayur hijau (apa saja) & buah. (MM)

Kalau aku dulu yang terasa membantu sekali adalah ngemil kacang kulit, yang merk Garuda atau Dua Kelinci. Mungkin karena aku ngemilnya memang kencang ya setiap menganggur pasti makan kacang dan minum susu juga, sehari 4-5 gelas (RT)

Kalau aku sewaktu masih menyusui anakku dan merasa ASI-ku berkurang, aku langsung rajin memijat payudara 2 kali sehari, biasanya sebelum mandi dan alhamdulillah berhasil. Kalau di buku seri Ayahbunda cuma ada memijat payudara saat hamil (persiapan payudara) sedangkan di majalah Parent Guide cuma ada massage payudara saat menyusui saja(RR)

Daun katuk aku sering liat di Hero Kemang, Hero Buncit, Hero Sarinah dan D’best Fatmawati mbak. ASI-ku dulu juga langsung banjir waktu makan daun singkong, kacang hijau (aku suka beli yang Sari Kacang Ijo keluaran ABC dan Ultra). Atau daun pepaya rebus (rebus dengan daun jambu klutuk supaya pahitnya agak berkurang) jadi lalapan, makan pakai sambal (asal jangan kepedasan, supaya tidak terlalu pedas, tambahkan gula saja) plus ikan asin(GT)

27-10-2005 10:34:36

Kandungan Susu Kedelai Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

susu kedelai 2

Kandungan susu kedelai menurut banyak penelitian cukup signifikan bagi kesehatan manusia secara umum.

susu kedelai 2Susu kedelai mengandung banyak sekali gizi yang dibutuhkan tubuh manusia. Selain itu protein dalam kandungan susu kedelai setara dengan susu sapi sehingga dapat dijadikan alternatif, khususnya apabila Anda mengalami masalah intoleransi laktosa atau alergi susu sapi. Sebenarnya kandungan susu kedelai bahkan jauh lebih kaya dibandingkan susu sapi. Pada bayi atau anak balita, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik untuk menggantikan susu formula yang cenderung mengandung bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan. Manfaat dan kandungan susu kedelai antara lain adalah protein, karbohidrat, lemak nabati, serat, vitamin-vitamin esensial dan mineral.

Protein dalam kandungan susu kedelai berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, untuk pertumbuhan serta untuk perbaikan jaringan sel, serta. Protein dalam kandungan susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino  seperti lesitin, lisin, niasin, leusin, treonin, isoleusin, triptofan, fenilalanin, arginin dan glisin. Dua asam amino terakhir merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas dalam tubuh.

Lemak Nabati, karbohidrat, serta serat/fiber yang ada dalam kandungan susu kedelai sangat baik untuk tubuh manusia karena dapat menjadi sumber energi dan juga memperlancar sistem pencernaan. Sementara vitamin-vitamin esensial yang terdapat dalam kandungan susu kedelai adalah vitamin A (yang pada biji kedelai berasal dari karoten) untuk membantu kelancaran fungsi penglihatan dan pertumbuhan tulang, vitamin B1 yang sangat berperan dalam menghasilkan energi, vitamin B2 (banyak terdapat pada susu, baik susu sapi, susu kedelai dan ASI), Vitamin E yang diketahui berguna untuk melancarkan proses reproduksi, proses menstruasi, meningkatkan produksi ASI serta dapat mencegah keguguran, impotensi, dan penyakit jantung kardiovaskular.
Selain itu mineral yang terdapat dalam kandungan susu kedelai berguna menguatkan tulang dan gigi serta meningkatkan imunitas tubuh terhadap gangguan penyakit.

Di dalam kandungan susu kedelai juga terdapat polisakarida yang berguna menekan kadar glukosa dan trigliserida sehingga mengkonsumsi susu kedelai sangat baik bagi penderita diabetes untuk membantu mengendalikan kadar gula darah yang tinggi. Kandungan susu kedelai yang paling terkenal adalah Isoflavon, yaitu sejumlah asam amino dalam biji kedelai yang saling mengikat ditambah dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dan membentuk flavonoid. Bau langu khas susu kedelai sebenarnya berasal dari flavonoid tersebut. Secara ilmiah, flavonoid terbukti dapat mencegah juga mengobati berbagai macam penyakit. Isoflavon dalam kandungan susu kedelai sangat bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan, meningkatkan imunitas, memperkuat struktur tulang, menstabilkan tekanan darah serta gula darah, menurunkan kadar kolestrol jahat, mencegah kegemukan, serta mengurangi gejala berbagai macam penyakit seperti ginjal, jantung koroner, stroke, asam urat, rematik, maag bahkan mengurangi gejala menopause.

Begitu banyak kandungan susu kedelai yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sehingga susu kedelai menjadi begitu populer. Satu-satunya kekurangan susu kedelai adalah baunya yang pada beberapa orang dianggap tidak enak. Namun saat ini di pasaran telah tersedia susu kedelai yang diberi gula dan perasa makanan alami. Bila Anda kurang menyukai bau khas susu kedelai murni, Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai dengan rasa stroberi, pandan, jahe, coklat, vanilla, dll.