Jerawat - Artikel   
Resep Masakan Praktis

Serba Serbi Leunca
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Bagaimana caranya kalo mau mengolah Lenca supaya enak dan tidak pahit? Aku pikir rasanya agak2 mirip paria, kadang paria juga bisa kerasa enak, kalau lenca? (Nd)
 
Jawab

Kalau aku sih dibikin Karedok, menurutku enak banget. Aku tidak peduli pahitnya, atau dioseng dengan Oncom Bandung, dimakan sama nasi hangat.(It)

Aku juga penggemar karedok leunca, dimakan pakai nasi yang sudah dingin (masak pagi dimakan siang, aduh lupa istilahnya nih), kerupuk dan ikan asin 'tembang'. Leunca ini katanya kurang bagus buat cowok, katanya bisa bikin tidak hidup `Mr. P'? (An)

Masa sih? soale Bapakku penggemar leunca berat (aku kan penggemar leunca, diajarin bapakku) tapi buktinya anaknya 10, walau yang ada 6, jadi berarti Mr. P-nya top dong (It)

Itu menurut orang di daerahku, bukan hasil dari penelitian ilmiah, sepertinya buat keluargaku tidak terbukti. Keluargaku penggemar lalap termasuk leunca, 3 kakak laki punya anak semua, dan bapakku juga punya anak 6. Kalo ngomongin lalap, aku jadi ingin cerita kebiasaan kita berkumpul selagi pulang kampung, makannya seperti kambing, semua lalapan mentah pasti ada mulai lalapan umbi-umbian seperti kunyit, jahe, kunci, daun-daunan sampai berbentuk buah (misalnya leunca) yang kadang tidak aku temuin di Jakarta. Dan lucunya sebagai makanan pembukanya kita makan daun antanan dicoel sama sambel cuka. Kalau lagi gini yang paling kelihatan bahagia bapakku, karena beliau yang selalu mencari dan menyiapkan makanan tersebut, bahkan menyuruh anak-anak di kampungku buat mengumpulkan tutut sawah, atau pergi ke
kampung sebelah hanya untuk mencari/membeli tutut. (An)

Bukannya kebalik ? Leunca itu obat penyubur, terong yang bikin kurang subur (suamiku hobi banget leunca, mungkin itu kali ya aku sudah pakai IUD juga tetep saja jadi). (Di)

Setahu aku di dalam leunca memang mengandung steroid. Cuman, tepatnya apa, aku lupa! Dulu pas kuliah sempet belajar tentang steroidnya leunca itu. Memang ada hubungannya dengan tubuh kita, steroidnya leunca mempengaruhi hormon apa di tubuh. Tapi bukan barang bahaya dan beracun jadi tidak papa, asal makannya normal-normal saja. (Qn)

Setahuku, selain leunca itu pahit enak juga bisa untuk obat asam urat, soalnya dulu ada orang surabaya yang kos di rumah ibuku seminggu sekali dia kirim 3 kilo ke surabaya buat orang tuanya yang menderita asam urat, lucunya harga leunca nya cuma 2 ribu ongkos kirimnya 25 ribu. (Mi)

Kalau dulu nenekku suka dibikin sambal, mirip sambal ijonya masakan padang. Leuncanya dimasukin terakhir, digerus kasar. Dibuat sambel goreng oncom juga enak banget. Bumbunya seperti sambal goreng + oncom digerus, waktu digoreng masukin leuncanya (Ll)

Resep: Ulukutek Leunca (Em)

Bahan
250 gram leunca 
150 gram oncom, dihaluskan 
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm 
300 ml air 
minyak untuk menumis  

Bumbu Halus 
5 butir bawang merah 
3 siung bawang putih 
3 buah cabai merah 
1/2 sendok teh garam 
1/2 sendok teh gula merah 
1 buah tomat 

Cara
1. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan oncom sambil diaduk. 
2. Tambahkan leunca lalu tuang air. Masak sambil diaduk. 
3. Masukkan daun bawang lalu aduk hingga bumbu meresap. 

Untuk 4 porsi 
 


Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



Resep Black Forest

Resep Tahu Isi

Resep Nasi Goreng Jawa

Tips Memasak Udang

Resep Pizza Hut

Resep Ayam KFC

Resep Siomay Udang

Resep Capcay

Resep Ayam Kremes

Resep Martabak Manis

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org