Jerawat - Artikel   
Resep Masakan Praktis

Membuat Bawang Goreng
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Sepertinya sepele ya pertanyaanku; gimana sih bikin bawang goreng yang Kering dan renyah, apa rahasianya? Aku pernah baca di Nova, kalau tidak salah supaya awet dan renyah itu musti di oven. Walah, kalau bikinnya dikit ya repot dong, ya. Kalau bikinanku selalu hasilnya basah, basah berminyak gitu. Di toko2 ada tidak ya yang jual bawang goreng?

Jawab
- Kalau aku biasanya setelah bawang diiris, lalu direndam air garam. Baru digoreng. Kalau sudah kuning lalu ditiriskan sampai minyaknya turun Kalau sudah ditaruk dulu di kertas minyak baru ditaruk di toples. [amb]

- Caraku juga sama  cuma pas digoreng aku taburin tepung beras dikit hasilnya lebih renyah [rie]

- Menurut ibuku, tidak semua bawang bagus dibuat bawang goreng, yang pasti hasilnya bagus adalah bawang sumenep yang ukurannya sedang/besar, iris tipis dengan ketebalan irisan sama biar matengnya bareng. goreng di api kecil sambil terus diaduk.Ada yang nyaranin juga setelah diiris ditaburi sedikit terigu atau maizena, baru digoreng, setelah mateng tiriskan sampai si minyak betul-betul jatuh semua, lalu alasi dengan tissue, angin-angin sbentar lalu simpan ditempat kering dan kedap udara.Kalau yang dioven aku tidak tahu, tapi cara2 ibuku ini lumayan juga bawangnya renyah dan awet. Kalau yang jual aku pernah liat di Makro sekelompok sama abon dsb, sudah dibungkusin ukuran 1/2-1 kg,itu asli bawang goreng bukan yang biasa di pasar tradisional yang suka dicampur ubi dan banyak terigunya. [ad]

- Kalau ibuku, bawangnya ngga' direndem tapi cuman di taburin garam dan di campur (jadi biar garamnya merata) dan kalau masalah nyimpennya ya memang harus di toples yang tutupnya rapet dan dikasih alas tissue makan/kertas makan. [an]

- setelah bawang diiris tipis, di beri garam sedikit (sepucuk sendok teh) terus di aduk pelan supaya garam tercampur, diamkan sebentar. Katanya garam menyerap air yang dikandung bawang. Kemudian digoreng Dengan minyak yang banyak, sampai berwarna kuning Insyaallah gurih dan renyah. [des]

- Kalau aku punya cara yang sederhana, cuci bawang yang telah dirsajang tipis kemudian tiriskan. Setelah airnya habis taburi dengan garam secukupnya kemudian jemur sampai kering (sekitar 2 jam), setelah itu goreng  dengan api yang tidak terlalu besar sampai bewarna kuning. Bawang akan terasa gurih dan renyah (tidak berminyak). [nas]

- Nambahin nih biasanya kalau aku pakai bawangnya bukan bawang biasa tapi pakai bawang Sumenep (yang bentuknya agak bulet & warnanya engga terlalu merah). Biasanya lebih renyah dari bawang biasa. [wd]

- Ada tukang baso yang ada di ruko deket rumahku biasanya dijemur dulu tuh? bener renyahnya aku kurang tahu??? [mam]

- aku kalau buat bawang goreng di taburin tapi beras tipis2 saja dan merata, goreng pakai minyak panas sampai kuning, insyaallah renyah dan garing. [meg]

- Kalu aku bikin bawang goreng biasanya begini :kupas, cuci, tiriskan baru diiris. kadang setelah dikupas dan cuci akubiarin satu malam, bukan supaya tiris sih tapi sudah capek, jadi ngirisnya besok saja (itu juga pakai bantuan alat hehehe)setelah itu, pada saat mau menggoreng :
1. panaskan minyak dengan api sedang di wajan besar
2. ambil sedikit irisan bawang (pas buat sekali ngegoreng) taruh di piring/wadah tersendiri lalu taburi dengan tepung beras sedikit saja  dan garam, aduk2x sampai rata. Aku sih ngaduknya pelan2x, sambil digoyang2x seperti orang nampi beras.
3. goreng di api sedang, begitu mulai kuning dikiiiiit saja, langsung kecilin apinya sekecil2xnya
4. jangan sampai kuning angkat deh tuh bawang, ntar kuning sendiri, kalau sampai kuning di wajan, alamat coklat tua nantinya [stl]

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



Resep Black Forest

Resep Tahu Isi

Resep Nasi Goreng Jawa

Tips Memasak Udang

Resep Pizza Hut

Resep Ayam KFC

Resep Siomay Udang

Resep Capcay

Resep Ayam Kremes

Resep Martabak Manis

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org