Jerawat - Artikel   
Resep Masakan Praktis

Mengolah Ikan

Tanya
"Bagaimana variasi mengolah ikan selain di bakar, di goreng atau di belado ?"[rs]

Jawab
"Dibikin sop ikan enak.. pembantuku pernah masak sop ikan, padahal cuman pake ikan mas.. :)"[LA]

"di asem- asem saja ... seger loh... oh ya ikannya bandeng loh .. Atau ikan kakap di masak Tom Yam "[tris]

"untuk sop ikan, bumbunya sama dengan mau bikin sop biasa kok, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, merica, tapi ditambahin jahe [digeprek] biar ngilangin amisnya... jangan lupa daun bawang sama seledri.."[IH]

"pernah buat bumbu ikan wokubelanga ? atau yang bumbu kuning? enak juga loh bandeng di bumbu kuning ini aku kasih yah resepnya"[Mg]

" untuk ikan bandeng, bawal hitam atau putih kadang aku buat tim, kira kria begini

Ikan tim

bahan
bawang merah
bawang putih
jahe agak banyak
cabe merah besar
tomat
kecap manis dan asin
ikan bandeng/bawal putih/hitam

cara
bawang merah, bawang putih dan jahe diiris tipis sebesar batang korek. cabe dibuang bijinya, lalu tomat dipotong melintang biasanya aku pakai tomat 1bh ukuran sedang.
Semua bahan disangrai sampai kuning dan wangi. Selain itu siapkan air mendidih.
Taruh ikan dalam wadah tahan panas, susun cabe (aku biasanya biarkan utuh tidak usah diiris) dan tomat. Kemudian diatas ikan taruh bumbu yg sudah disangrai tadi, biasanya aku kasih minyak bekas mensangrai sedikit.
Tambahkan kecap manis sedikit, kecap asin dan garam secukupnya, siram air panas yg tadi disiapkan. Akhirnya ikan kita tim kurang lebih 1 jam dengan api kecil jika air kukusan sudah mendidih.

Untuk ikan lain seperti ikan tenggiri biasa juga diambil dagingnnya digoreng tepung seperti udang. Kalau ikan kembung aku kadang dipepes, dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, laos, salam, ketumbar tomat dan jahe. semua bumbu diulek halus kecuali salam dan laos, kemudian ikan dibungkus dengan daun pisang tambahkan bumbu halus salam laos...udah deh selesai bisa dikukus atau dibakar.... Ikan tenggiri bisa juga utk baso ikan atau baso goreng atau siomay "[SN]

"dibikin garang asem juga enak. Bumbunya gampang lagi: cabe merah bawang merah bawang putih dan asem jawa, semuanya utuh2x dibakar sampe wangi dan matang. Ceburin ke air, kasih gula garam kecap manis. Masukkin ikan, rebus sampai mateng. dimakan sama sambal terasi. Ada dua cara bakar sih :
1. Ditusuk pake biting sate, terus dibalik2x diatas api kompor, atau
2. Aku punya selembar seng/baja yg khusus buat bakar ikan, taruh diatas api, bawang dll dipanggang diatasnya, sambil dibalik2x. "[st]

"Kalau digongso (goreng tanpa minyak) bisa juga kali yaa..."[qq]

"ikan kalau dibakar bau dan rasa beda, lebih enak daripada digoreng biasa."[kr]

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



Resep Black Forest

Resep Tahu Isi

Resep Nasi Goreng Jawa

Tips Memasak Udang

Resep Pizza Hut

Resep Ayam KFC

Resep Siomay Udang

Resep Capcay

Resep Ayam Kremes

Resep Martabak Manis

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org