Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

Rumah Tangga
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Anak
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Kesehatan
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Kecantikan
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Internet
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

 

 

 

Agar Gorengan Tetap Renyah

tanya:
Bagaimana cara menjaga kerenyahan penganan gorengan jika kita tidak langsung menyajikannya setelah digoreng?? Berikut tips dari para Ibu di Dunia Ibu mengenai serba-serbi gorengan...!!

jawab:
- Digoreng jangan terlalu lama sebelum disajikan (kalau disajikan siang hari, goreng pagi harinya saja, jangan malam sebelumnya), atau dalam adonannya tepungnya ditambahkan tepung beras.

- Bisa juga dihangatkan di oven dengan api kecil. [nk]

- Setelah digoreng langsung letakkan di tissue / kitchen towel, dan jangan ditumpuk langsung dengan gorengan lainnya. Fungsinya tissue/kitchen towel tsb untuk menyerap minyak; supaya gorengannya tidak lengket satu sama lain. [as]

- Untuk menambah kerenyahan, pada adonan tepung untuk menggoreng bisa dicampurkan tepung sagu/kanji dengan perbandingan 1 sendok teh tepung sagu/kanji untuk 3-5 sendok makan tepung terigu. Sebaiknya dicoba dulu sampai pas perbandingannya, karena kalau terlalu banyak sagu/kanji bisa jadi keras sekali

- Untuk menambah kegurihan, tambahin sedikit aja garam, atau kadang aku iseng suka dikasih royco rasa ayam sejumput saja. [md]

- Setelah digoreng jangan langsung disimpan di tempat tertutup. Biarkan dulu kena angin dan baru ditaruh di tempat tertutup kalau mau dibawa ke tempat tujuan. [ri]

- Kalau gorengan sudah kurang renyah / agak melempem, bisa dipanaskan sebentar dalam panggangan roti yang seperti oven [toaster oven], supaya jadi renyah lagi. [dn]

- Tukang jual gorengan biasanya tambahin sedikit air kapur sirih di adonan tepungnya mereka supaya gorengan tetap renyah. Trus, gorengnya sebaiknya dengan minyak yg banyak. Jadi, biarpun bertumpuk2, gorengan dijamin tetap renyah. Tapi hati2 lho, kalo kebanyakan air kapur sirih, malah jadi keras tuh gorengannya. [ir]

- Cara buat air kapur sirih: beli kapur sirih di pasar, di tukang bunga rampai/tukang jual bumbu dapur belinya. Taruh di toples kaca, tutupin. Kalo mau dipakai kasih air sedikit, goyang goyang botolnya supaya kapurnya larut sedikit. Tinggal tuang airnya, siap dipakai.[st]

- Ibu mertuaku sering bikin pisang goreng, tapi tepungnya pake tepung beras Rose Brand. Tepung berasnya cuma dicampur dengan telur 1 + garam + pewarna kuning biar nggak pucet + air kapur sirih dikit. Trus di goreng. Wah aku paling suka tepung gorengnya. [ab]

- Aku punya dua cara bikin tepung pisang goreng, yang pertama mirip sama punya Ambar, cuma aku tambah tepung kanji dg perbandingan 1 : 2 untuk tepung kanji sama tepung beras. Pakai 1 bt telur puyuh + garam + gula pasir dikit (supaya tepungnya berwarna agak kecoklatan) + air kapur sirih.

- Cara kedua lebih enak, tepung lebih renyah dan garing dan awet, tapi bikinnya lebih susah. Tepungnya pake segitiga dikasih mentega, diaduk terus sampai rata, baru dikasih air sedikit sedikit sampai cukup konsentrasinya (tidak terlalu encer). Enak, deh! [st]

- Untuk menjaga gorengan tetap renyah :
1. Tambahkan santan di adonan tepung
2. Tambahkan tepung beras &/ tepung tapioka di adonan tepung terigu.
3. Jangan tutup wadah gorengan sebelum dingin betul
4. Sisa minyak goreng harus benar-benar tiris
5. Untuk gorengan yang gurih-gurih (ex: martabak, bakwan, perkedel dll), tambahkan putih telur di adonan tepung. [rn]

- Saya kalau bikin bakwan justru tepungnya tepung terigu, sementara kalau untuk pisang goreng sudah pasti pakai tepung beras + air kapur sirih + air kunyit + sedikit vanila. [id]

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
E-mail