Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

 

 

 

Rangkuman Diskusi :


Daftar Lengkap

Yang Terbaru

Cium Tangan

Tanya:
sebenernya cium tangan itu budaya mana sih? agama tertentu kah? atau ras tertentukah? soalnya gini, aku dari kecil ngga pernah di ajarin kalo salaman sama orang yg lebih tua untuk cium tangan aku juga ngga ngajarin gitu ke anak anakku, tadinya.... tapiiiii karena aku perhatiin, banyak orang sekitar ku kalo di salamin anak anakku langsung menyodorkan tangannnya nyuruh anakku nyium, jadi ya aku
ajarin anakku untuk cium tangan, kalo yang besar sih udah bisa di ajarin, kalo di suruh cium, ya cium, kalo ngga ya ngga usah, gitu aja sih, aku jadi kepikiran sebenernya yg bener gimana? [Dn]

Jawab:
cium tangan sebenernya cuma budaya sopan santun kebudayaan timur aja, yang memang membudayakan orang yang lebih muda harus sopan dengan yang tua. Nah, berdasarkan itu juga, maka aku tiap kali selesai
shalat berjamaah dengan orang tua, dari zamannya kecil dulu sampe sekarang budaya itu masih ada dikeluargaku. Karena itu juga, tiap kali aku selesai shalat bareng dengan suami, maka budaya itupun terbawa. Juga kepada anakku. Tiap kali aku dan suami mau berangkat kerja, ya otomatis cium tangan... :) Namanya budaya timur. Mungkin juga karena asas kesopanan yang kita anut dari zamannya nenek moyang dulu... Gitu kali ya masukanku? [Dn]

Kalau menurut aku sih, mungkin itu bisa dibilang untuk menghormati  orang yang lebih tua aja ya, terutama untuk lingkungan keluarga dan  mungkin yg beragama islam ya Terus terang aku juga risih sih sebenarnya dengan kebiasaan ini, karena dikeluarga-ku nggak ada tradisi cium tangan, sementara di keluarga suami sudah terbiasa dan mau nggak mau aku juga jadi ikutan Dan sekarang anakku sih kalau salaman tangan kita dibawa ke pipi bukan ke mulut, aku sih prefer seperti itu kayaknya lebih aman , takutnya kalau tangan kita kotor, malah bisa jadi penyakit [AA]

Kalo aku ngajarinnya cium tangan malah ditempel ke kening.. Hehehe...
Aman kan... [Fr]

Kalo aku bilang, sih... mungkin nggak sepenuhnya budaya timur ya... Timur itu termasuk India, China juga kah ? Apa mereka juga cium tangan ? Kebanyakan malah membungkukkan badan. Mungkinkah terimbas dari budaya Arab / Muslim ? Soalnya di Batak nggak ada tuh, cium tangan. Setahu aku, di Menado juga kaya'nya nggak, di Timor juga
enggak. Aku juga kaya' Dn, kalo gelagatnya si orang yg. disalam ngulurin tangan minta dicium, ya aku suruh cium, kalo enggak, ya enggak. [Rn]

kebiasaan dikeluargaku [tidak termasuk keluarga besar jadi cuma antara orang tua dan adek2ku] dari kecil memang diajarin kalo mo pergi-pergi cium tangan dan pipi. Nggak cuma ama orang tua, tapi adek-2ku sama aku [kebetulan aku anak tertua] juga begitu, dan adikku yang paling kecil, sama adikku percis juga begitu. Tapi, di keluarga besarku nggak demikian, paling kalo lama nggak ketemu salaman aja sama kalo kangen berat kadang suka dipeluk. Tapi moms, dikeluarga cowokku, dari keluarga besar sampai kecil, antar adek, antar sepupu, pokoke siapa yang merasa muda jika ketemu sama yang tua pasti cium tangan dan pipi. Dan aku rasa itu sudah jadi kebiasaan dan budaya saja. Jadi, aku rasa itu suatu kebiasaan di keluarga aja kok mbak....dan mungkin budaya yang dipakai sebagian orang juga kali' ya...[karena setahuku nggak semua orang timur pake adat cium tangan
dan pipi, buktinya dikeluargaku pake, tapi keluarga besarku nggak, sedang keluarga cowokku dari keluarga besar sampai kecil memakai adat itu...] [Rs]

Emang di Arab/negara Islam lain ada cium tangan ya? aku gak tau.. Malaysia gimana? aku pernah nonton film Iran..gak ada adegan anak (film anak-anak) cium tangan.. kalau mau dibilang budaya Islam, gak ada kayaknya dalam kitabnya..kebeneran aja kali mayoritas di Indo org Islam. dibilang budaya Arab..kayaknya orang Arab dan sekitarnya gak pake juga ya (mereka malah berangkulan dan cium pipi) budaya Timur...gak juga, hanya di Indo kali ya.. budaya Indo?.mungkin karena hanya di Indonesia kali yg begini, itupun hy dilakukan oleh keluarga tertentu aja... Adat kebiasaan keluarga yg turun temurun aja kali ya....maksudnya mungkin sebagai expresi rasa hormat kepada orang yg lebih tua.. [Nv]

 

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
Email