Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

 

 

 

Rangkuman Diskusi :


Daftar Lengkap

Yang Terbaru

Krisis Umur

Pada salah satu surat kabar diberitakan bahwa wanita akan mengalami 2 kali krisis umur yaitu umur 30 dan 50.  Pada usia 30 tahun disebabkan karena baru merasa sudah tidak muda dan mulai memikikan impiannya apakah sudah tercapai atau belum (Ibu Dini)

Krisis di umur 50, karena menjelang "mati haid or menopause", biasanya banyak ibu yang mengalami depresi diusia menjelang mati haid itu.(Ibu Fanny)

Ibu-Ibu di DI rata-rata berusia 30-an, bagaimana rasanya yang sudah diatas 30 tahun? Apakah merasa takut, sedih, seneng ataukah tidak merasa hal yang lain sama sekali?

Simak beberapa tanggapan anggota DI tentang krisis umur dan cara menghadapinya :

Tidak merasa sesuatu yang berbeda karena tidak memikirkan hal tersebut, pikiran terfokus pada hal lain yang akhirnya usia terlupakan, dan saat ditanya usia berapa, akan menghitung terlebih dahulu (Ibu Dini)

 Sebagai salah seorang di DI yang sudah berusia di atas 30 tahun tidak merasa perbedaan saat usia 30 tahun, atau mungkin karena merasa sudah mempunyai semua yang diinginkan, maksudnya waktu berumur 30 tahun itu sudah mempunyai suami yang baik, seorang anak perempuan yang manis, dan karir yang lumayan bagus, jadi sudah tidak memikirinkan tentang umur. (Ibu Susan)

Tidak merasakan hal yang lain mungkin karena daily activities yang sudah menyita pikiran, tenaga dan waktu, sering tidak sempet untuk merenung, apalagi merenungkan umur. Hanya terkadang suka terpikirkan time is running so fast, tidak terasa umur sudah 40 tahun, oh my God...masih fresh diingatan waktu Mamiku umur 40-an...ternyata dan ternyata usia sudah 40 bagaimana rasanya ya? (Ibu Stella)

Umur hampir 30 (beberapa bulan lagi) tidak merasakan apa-apa. Jalan-jalan sudah puas, seneng-seneng sewaktu single juga sudah puas,  sekarang tinggal menikmati masa jadi ibu, mengurus anak, membawa anak kemana-mana. Konon kata yang sudah berpengalaman, enaknya mempunyai anak di usia muda, saat kita berumur 50-an dan sudah capek, kewajiban membiayai anak (sekolah/kuliah) sudah selesai, sudah bisa menikmati masa tua dengan tenang. Alasan lain, misalnya umur 30 punya anak pertama, nah kelak di jaman semakin modern, mungkin anak kita menikah lebih dari umur 30, bisa-bisa punya anak umur 35-an.  Jadi kita baru bisa menggendong cucu kita di umur 65 tahun, wuah..sudah renta ? (Ibu Novita)

Umur sudah kepala 4 rasanya happy-happy saja, yang terpenting you always young at heart....so smile an everlasting smile cause smile can bring you near to me. Jangan merasa tua kalau anda berjalan belum perlu dituntun orang lain. Tetapi saya baru merasa tua kalau melihat orangtua saya berkumpul dengan temen-temen lamanya, yang anak-anaknya juga temen saya. Melihat orangtua kita sudah renta atau sudah ada yang menghadap Sang Khalik, oh kita ini rupanya sudah beranjak tua juga ya (belum really tua kan?). (Ibu Marlindah)

Tidak tahu mengapa, aku merasa takut sekali menggapai 30 sebetulnya  terjadi setelah usia 25 inginnya stay 25, tetapi sekarang sudah berkurang  setelah ibu mertuaku berkata: sebetulnya apa yang kamu takutkan? kamu itu salah satu yang beruntung karena punya loving family dan bertambah usia berarti juga semakin kita bisa merasakan atau berbuat sesuatu yang ingin kita lakukan karena kita masih diberi kesempatan untuk itu..." langsung aku tersadar,betapa beruntungnya aku ini bisa merasakan jadi istri dan ibu dan aku juga ingin menyaksikan anak-anakku tumbuh besar pergi kuliah, menikah, dsb dan untuk merasakan itu semua tentu karena God memberikan kita kesempatan walaupun kita harus beranjak tua, aku langsung istigfar begitu ingat ini semua adalah anugrah dari Allah. Biasanya menjelang ultah aku suka feeling blue, ultah ke 29 kemarin tidak sama sekali!! hidupku indah Alhamdulillah (Ibu Kelly)

Krisis umur 30?, saya merasa dag ...dig... der....menanti saat berusia 30 rasanya dewasa sekali. Dulu waktu SD ingin cepet SMP, lalu ingin cepat SMA (sepertinya seragam abu-abu keren). Setelah itu ingin seperti anak kuliahan. Ingin sekali umur 27 karena tahun 2000, obsesiku ingin married di tahun 2000. Alhamdulillah semua terlampaui. Sekarang menunggu saat umur 30, masih 2 tahun lagi, inginnya sudah punya anak, mudah-mudahan Tuhan mengabulkan niatku ini. Jadi aku termasuk yang ingin sekali merasakan usia 30. For me, the real life starts on 30 (Ibu Shintalya)

Bulan Mei yang lalu, usiaku tepat 30, dan rasanya biasa-biasa saja hanya punya satu keinginan kuat yaitu : menambah anak 1 lagi, inginnya langsung hamil tahun ini juga supaya tugas melahirkan selesai dan tinggal membesarkan anak-anak. Kakakku yang sulung 40th, sepertinya biasa-biasa saja, wajah atau perawakannya tidak banyak berubah, hanya tanggungjawab semakin besar karena anak-anak beranjak remaja. Sekarang dengan anaknya kelihatan seperti  kakak adik saja, kakakku tetap awet dan modis (Ibu Debby)

Tidak merasa tua walaupun umurku hampir mendekati 40 tahun, justru tidak ingat kalau umur sudah setua itu , karena kelakuan tidak sama dengan umur, seperti 30 tahun kebawah, mungkin karena lingkungan kerjaku kebanyakan berumur 30 kebawah jadi aku masih ikutan pergaulan mereka tidak pernah merasa tua muda terus jadi rasanya seneng saja. Tetapi kalau lagi kepikiran / ingat bahwa usiaku sudah tidak muda lagi

hampir kepala 4, sementara aku ingin menambah anak lagi tetapi dalam waktu dekat ini aku belum siap, sementara kalau ditunda-tunda umurku semakin bertambah, kepinginnya aku hamil & telah siap menjadi Ibu RT, selama ini setengah RT, setengah lagi pekerja kantor.

Mudah-mudahan diusiaku menjelang hampir 50 tahun aku sudah menjadi ibu RT mengurus 2 anak perempuan + 1 anak laki-laki serta suami tercinta, dan tidak memikirkan masalah dunia saja tetapi akhirat juga. Sesuai dengan mottonya si Ikang Fauzi : Muda berkarya , Tua masuk surga (Ibu Novie)

Sepertinya saya sekarang ini mulai merasa kalau umur >30 agak susah cari kerja lagi. Saat kita punya kesibukan, kita tidak memikikan umur sudah 30, tetapi saat di kantor saya sedang krisis hebat sampai diijinin leave with pay, tersadar mengapa tidak dari dulu cari kerja di tempat lain, jadinya banyak sekali penyesalan-penyesalan tetapi kalau saya kerja ditempat lain belum tentu dapat suami agak cepat. Sekarang dalam kondisi begini rada bingung juga ingin cari kerja takut lantaran umur sudah 30 tapi tidak banyak keahlian, tetapi berharap saya bisa ngelalui ini dengan baik aja. (Ibu Rimar)

Berarti apakah umur 40an tidak ada krisis usia.. Bener juga jika ada pepatah Life begins at 40.... Karena baru berhasil mengatasi krisis 30an, tetapi semua terpulang kepada pribadi Ibu-Ibu sendiri, apakah dia siap menghadapi krisis, atau bahkan sudah mengantisipasi...sehingga tidak perlu ada krisis. (Ibu Fanny)

 

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
Email