Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

 

 

 

Rangkuman Diskusi :


Daftar Lengkap

Yang Terbaru

Contact Lens (Lensa Kontak)

tanya:
"Adakah diantara rekan-rekan yang sudah mencoba menggunakan lensa kontak merk Surevue ? Bagaimana pengalamannya? Apakah cukup bagus dan memuaskan? (Kl)

jawab:
"Selama ini aku menggunakan merk Acuvue, keduanya disposable hanya saja Acuvue lebih banyak mengandung air dibandingkan merk Surevue. Dari segi harga, harga Surevue lebih murah sekitar 20 ribu rupiah. Sekarang ini saya pakai kacamata dan sedang berfikir untuk mengganti dengan lensa kontak ini. Hanya saja saya masih takut dari segi kebersihan dan hygienis diri saya sendiri. Bisakah digambarkan bagaimana kalau kita lupa melepas kontak lensa tersebut dan terbawa tidur, sebab ada seoarang kawan saya yang tertidur dengan tetap mengenakan lensa kontaknya dan keesokan paginya bangun dengan lensa tersebut sudah ada dibalik kelopak matanya.( LM)

"Dulu aku juga pakai kacamata, tapi berhubung hidungku pesek, kalau pakai kacamata suka turun, apalagi kalau muka sudah berminyak, melorot terus. Kemudian saya kencangkan nose padnya , yang terjadi adalah kacamatanya 'bertengger' di hidung bagian atas. Maka dari itu kemudian aku pakai lensa kontak , lebih merasa cocok dan tidak merasa terbebani. Aku pakai produk Acuvue, yang kemasan 1 kardus isi 6 kontak lensa dalam 1 ukuran, disposable, dan hanya untuk pemakaian 1 bulan ssaja. Tetapi karena mata kanan (-1.50) & kiri (-0,75), aku harus beli 2 kardus. Harga 1 kardus Rp. 155 ribu. Perawatannya, aku tidak setiap malam merendam dan membersihkannya, 2-3 hari sekali. Dulu pernah kontak lensanya hilang selagi dipakai, tapi sepertinya masih berada di lipatan mata, dan akhirnya ketemu juga. Tapi aku tetap pakai, sampai sekarang masih baik-baik saja dan sudah tambah mahir memakainya. Saran : kalau mata kerasa kering pada saat mengenakan kontakl lensa, coba tetesi dengan obat tetes mata yang khusus untuk kontak lensa." (Kl)

"Kalau pakai lensa kontak sebaiknya jangan 24 jam penuh karena mata juga perlu beristirahat dan terkena udara. Biasanya aku pakai lensa kontak dari pagi habis mandi sampai sore. Setelah mandi mandi sore aku ganti pakai kacamata. Ada beberapa merk Lensa kontak di Indonesia, dan biasanya cocok tidaknya masing-masing orang dengan merk tertentu berbeda, dan baru akan ketahuan setelah mencoba beberapa merk. Jika mata kita sensitif, harus menggunakan merk tertentu yang notabene lebih mahal dari merk umumnya seperti Bosch & Lomb. Seperti kasusku, karena lengkung bola mataku kecil, harus pakai merk Weicon dengan type ST (Weicon ada 2 macam) yang hanya dijual di Optik Seiz. Weicon ini keluaran CIBA, dan CIBA juga mengeluarkan merk lain selain Weicon. Banyak optik lain yang bilang sama saja selama masih sama-sama produk CIBA, tapi aku pernah coba merk lain yang juga keluaran CIBA selain Weicon, hasilnya tidak cocok. Lensa nya bisa lepas sendiri. Dari kejadian itu aku selalu beli Lensa kontak di Zeis, walaupun memang mahal. Tapi sekarang ini aku sudah tidak pakai lensa kontak lagi, selain karena malas juga karena mahal. 2 th yang lalu Rp.450.000,- sepasang. Kalau berenangpun aku selain pakai lensa kontak juga pakai kacamata, takut kalau lensanya hanyut. Belum pernah coba sich kalau tidak pakai kacamata bagaimana. Karena resikonya besar harus beli lagi." (SN)

"Aku juga sering mengalami lensa kontak yang bersembunyi di balik kelopak mata. Tapi pelan-pelan dia akan turun sendiri kembali ke posisi semula. Hanya saja bila lensa kontak dikenakan selagi tidur yang akan terjadi adalah penumpukan kotoran didalam lensa. Merk yang pertama kali aku pakai adalah Bosch&Lomb untuk pemakaian setahun. Dan selama masa itu aku harus 4 kali membeli lensa kontak baru karena sering terlepas dan jatuh di kamar mandi ketika aku mandi dan tidak dapat ditemukan lagi. Kemudian aku ganti dengan disposable merk acuvue yang hanya dipakai selama menghabiskan isi satu kemasan, diteruskan dengan merk surevue. Dan saat ini aku sudah tidak lagi mengenakan lensa kontak karena rasa perih pada mata, mungkin akibat ruangan ber-AC tempat aku bekerja dan juga situasi kerja yang mengharuskan untuk melihat monitor komputer dalam waktu lama, sehingga lensanya cepat kering sehingga tidak nyaman lagi. Jadi untuk sehari-hari aku pergunakan kacamata, Lensa kontak hanya dipakai dalam situasi tertentu, misalnya berenang (tentunya lengkap dengan kacamata renang juga yah...)." (Fr)

"Berapa bulan yang lalu aku pernah membeli merk omega warna abu-abu dengan harga yang relatif mahal menurut pendapatku pribadi, 375 ribu rupiah. Tidak jelas apakah karena aku membelinya di daerah yang jauh dari ibukota sehingga harga jualnya menjadi tinggi. Yang membuatku tidak puasa adalah kualitasnya yang kurang bagus, kering dan tidak nyaman dipakai. Sempat aku mau cuci, langsung sobek begitu saja. " (DP)

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
Email