Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

Rumah Tangga
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Anak
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Kesehatan
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Kecantikan
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

Internet
- Daftar Lengkap
-
Yang Terbaru

 

 

 

Steril dan Mencuci Botol Susu

tanya:
"Sampai bayi kita umur berapa bulan sih, kita itu masih harus steril botol susunya."[Vl]

jawab:
"Kalo aku, tetep aja di sterilin, pake alat steril yang dari pigeon, mungkin sampe anak udah lepas dari 3 tahun kali ya .... abis rasanya masih ngga' pd kalo ngga' disteril or minimal dikocok pakai air panas ... Apalagi kalo anak lagi sakit. Oh iya kalo cuci botol anak ibus disini pake sabun apa ?"[Yd]

"Kalau aku [sejak sterilizernya kebakar] botol-botol tsb direbus aja sampe airnya mendidih.... dicucinya gak pake sabun... luarnya aja yang disabunin, tapi dalamnya disikat aja pake sikat botol... abis aku ngeri kalau pake sabun cuci... katanya ada sih sabun khusus buat cuci botol"[In]

"aku pikir..selama anak masih pake botol..ya tetep mesti disterilin ya... masalahnya kuman, ...bisa nyerang manusia umur berapapun..."[NN]

"Aku pake dish dropnya Amway u/ cuci botol susu, baunya ga tajam, katanya sich terbuat dari minyak kelapa, dish dropnya dicamput dgn air dgn perbandingan yg diinginkan."[AR]

"kalau aku pake sabun lho. Merknya sih ngga tentu kadang sunlight, morning fresh, etc..pokoknya sabun cair. Disikat pake sikat botol. Anak2 aku ngga apa2 tuh. Karena sehabis dicuci kan direbus."[Vi]

"Kalo aku waktu Pia baru lahir, nyuci botolnya pake cairan pencuci botol yang dari Pigeon itu. Abis mau pake sabun biasa takut dianya sakit. Tapi, harganya itu lho..... muahaaal banget. Botol Kecilnya aja 40 ribuan, isinya paling Cuma 250ml (kalo ngga salah ya ?)... ngga ada 2 minggu udah habis. Sekarang pake Mama Lemon yang bisa untuk buah itu. Soalnya aku mikir, kalo aman untuk buah, berarti cukup aman untuk nyuci botol Tapi abis di cuci tetep di rebus di air mendidih 10 menit. Aku pernah nyoba cairan strerilisari merk Chicco cukup dicampur dengan air biasa, trus botolnya direndam selama 1/2 jam, langsung ditiriskan ngga di cuci lagi. Tapi baunya tajam banget, kayanya bau itu yang jadi penyebab anakku ngga mau lagi minum pake botol, sekarang jadinya disendokin."[DM]

"kalo aku sampe sekarang si Mika udah 14 bulan lebih, masih aku rebus botol-botol susunya spy nggak kena bakteri aja. Soalnya kalo nyuci pake air kran, kawatir air keran itu kan bawa bakteri. Jadi memang agak repot. Tapi demi si kuman bandel supaya mati mendadak, maka aku rebusin aja botol-botol tsb. Jadi botol tsb aku cuci dulu dgn mama lemon [hehe... jadi pengen ketawa nulisnya] lalu aku sikat dengan sikat botol khusus, trus aku clupin ke rebusan air diatas api. Udah 10 menit baru aku angkat..."[Dn]

"anakku sampai sekarang (16 bln) masih disteril tuh botol susunya pakai sterilizer Pigeon. Sebenernya kalo menurutku udah ngga perlu disteril ya, cukup dibilas pakai air panas saja, tapi masih merasa ngga yakin sih kalo bsnya bersih cuci botolnya (ngga licin krn busa sabun, botol ngga bau susu lagi)... kalo aku yakin, baru deh nanti aku stop sterilnya. Sabunnya sunlight cair, tapi sponsnya dikhususkan buat keperluan anak doang"[DT]

"tapi aku pernah baca soal kekebalan anak, kalo di steril terus, ntar dia kena kuman dikit malah sakit, duh ngga tau deh jelasinnya gimana, tapi kalo dsa ku bilang dari 1,5 th, udah cukup di rendam air panas aja, ngga perlu di boil,"[Dn]

"Kalau lihat dari pengalaman-ku ada benernya tuh. Anak pertamaku aku Over Proteksi banget, enggak hanya botol susu yang aku rebus, tapi sampai semua alat makan, aku rebus dengan air mendidih sampai 10 menit, dan itu aku lakukan sampai anakku umur 2 tahun... Dan herannya anak pertamaku itu gampang banget sakit, salah makan dikit aja langsung muntah-muntah dan diare, kondisi ini makin membuat aku jaga banget-banget Alat makannya, tapi dia makin rentan saja. Akhirnya aku ditegur sama DSA-ku bahwa aku terlalu berlebihan, sehingga dia tidak diberi kesempatan untuk membentuk pertahanan diri. Berdasarkan itu, anak keduaku, sejak umur setahun, semua peralatan makannya hanya dicuci dengan sabun dan dibilas sampai hilang aroma sabunnya, dan kemudian disiram panas. Hasilnya dia jarang sakit"[IK]

"aku setuju, Sekarang ini botolnya aku rendem aja dengan air mendidih. Cuma beberapa hari sekali aku rebus. Kadang aku juga coba 1 atau 2 botol cuma aku cuci dengan air biasa tanpa direndam. Sejauh ini anakku baik-baik aja. "[DK]

"aku juga pake mama lemon yang untuk buah kok rasanya baik di sterilkan atau direbus dengan air panas, dua2nya ada baiknya kok, yang penting nyucinya harus bersih aku juga setuju kalo anak harus kuat .. karena siapa tau pada suatu kesempatan kita ngga' bisa baik steril or rebus dulu botolnya, cukup di cuci udah cukup, yang penting bersih dan dicucinya pasti dengan air bersih ya dan mengalir aku nich kalo pergi nginep, pasti ngeboyong sterilisasinya tapi kalo dirumah aku biasa direbus saja botolnya"[Yd]

"Aku termasuk penganut seperti yg Dn bilang... Malah lebih awal lagi. Sejak anakku 1 tahun, botol susu dan peralatan makannya gak lagi harus di masukkin sterilizer, cukup disiram air panas. Sampai umur 1,5 an deh....abis itu udah biasa aja, sama dengan orang dewasa. Alhamdulillah Kay sampai sekarang termasuk yang jarang sakit"[Mi]

"Soal steril begini beda banget nih antara anak pertama dan kedua. Waktu anak pertama dulu aku sampe diomelin mama karena dianggap terlalu bersihan. Mamiku kuatir nanti dia malah imun tubuhnya lemah, gara-gara apa-apa aku steril. Makanya umur 18 bulan, gak ada perabot makan/minum yg aku steril lagi. Waktu anak kedua, lepas setahun gak ada steril-sterilan lagi, cukup diseduh sama air mendidih, beres. Sampai saat ini sih gak papa tuh."[St]

"awal-awalnya sih aku pake cairan pembersih khusus botol produk pigeon, tapi sekarang sih aku ganti pakai sabun cair biasa produk mama lemon / Sunlight karena menurut DSAnya anakku untuk membersihkan botol susu bisa pakai sabun apa aja, cuma akunya aja sebelum beli produk sabun tertentu aku liat juga kegunaannya - kebetulan seperti mama lemon itu bisa juga dipakai untuk mencuci sayuran, ok."[Ys]

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku  ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
E-mail