Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

 

 

 

Rangkuman Diskusi :


Daftar Lengkap

Yang Terbaru

Memilih Water Heater / Pemanas Air

Tanya:
merek apa yang bagus? gas atau listrik?

Jawab:
"kalo aku water heaternya pake gas. Selama ini aku engga pernah bermasalah dengan water heater jenis ini tuh.. Kalo pake listrik ngeri ah.. Soalnya aku punya sepupu yang pernah kesetrum listrik pada saat mandi (berendam di bathtub). Dia pake water heater listrik di rumahnya."[AN]

"Aku dulu pernah pake water heater pake gas, yg merek rinnai, tapi beberapa kali sewaktu aku tekan tombol nya eh itu bunyi dan apinya yembur ke luar jadinya aku takut. Terus aku ganti dengan water heater Wika yg pake matahari, menurut aku lebih suka dari yg pakai matahari spt solahart karena gak perlu takut2 lagi, Cuma memang kalo pas mendungnya dua hari airnya jadi dingin, tapi kalo udah ada panas lagi dia bisa nyimpan lagi kok."[Aj]

"aku baru beli water heater pertengahan tahun 2000, aku beli yg gas. Karena selain aku terbiasa di rumah ortu dulu pake yang gas, aku takut kesetrum sama WH listrik. Baru baru ini tetanggaku, mahasiswa udah mau sidang, kesetrum WH listrik sampai meninggal, ih tambah takut aja aku."[St]

"kalo nggak salah merk WIKA tahun lalu sekitar 5-7,5 juta... itu belum termasuk ongkos pasang lhooo... o,ya musti jebol genteng tuh.." [Di]

"Kebetulan saya juga baru saja tanya informasi mengenai water heater ini. Solahart (merk yang paling bagus untuk WH dengan solar cell), kapasitas yang paling kecil (150 L), harganya 14 juta, kalau ada pameran, bisa dapat disc 25%. Harga pipanya, Rp. 45.000 atau 65.000 per meter. Solahart juga mengeluarkan WH assembling Indo dengan merk Handal dengan harga yang lebih murah. Kalau cuaca mendung dan tidak ada matahari, secara otomatis, Solahart akan menggunakan listrik 1000 watt untuk memanaskan airnya. Selain Solahart, ada juga Solaray, harganya sekitar Rp. 6 juta untuk kapasitas 100 L dan Rp. 7 juta untuk 200 L, harga pipa Rp. 35.000 per meter. Selama ini saya menggunakan WH listrik merk Ariston. Saya sempat tertarik juga dengan WH yang menggunakan solar cell. Saya pikir, selain air panas ini dipergunakan untuk mandi, saya bisa gunakan juga untuk memasak air minum, supaya bisa menghemat gas. Tetapi saya lupa kalau pipa yang terkena selalu terkena panas, akan lebih mudah berkarat, jadi akan mencemari air minum  ita. Akhirnya saya kembali lagi ke WH listrik. Supaya pemakaian listrik tidak terlalu boros, termostat WH bisa diatur tidak terlalu panas, jadi WH tidak nyala terus menerus. Untuk menghindarkan kesetrum, bisa dipasang anti kontak pada WH"[Sy]

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
Email