Buletin
Tentang Kami
Berita DI
Rekomendasi
Tips & Trick
Toko Buku
Iklan Mini

 

 

 

Rangkuman Diskusi :


Daftar Lengkap

Yang Terbaru

Weton Lahir

tanya:
"percaya ngga' percaya sih, weton lahir itu berpengaruh ya...Anakku kan lahir hari Jumat Legi tanggal 12. Dulu pas baru2 [masih bayi], Mamaku suka ingetin klu pas wetonnya. Cuman, aku juga ga' tahu musti ngapain, katanya klu orang jawa pakai acara sajen kembang setaman! Nah, Jumat kemarin nih, anakku kan rewel banget. Jam 4 pagi kebangun, trus nangis nangis smp jam 5 pagi. Malemnya juga susah bobok. Aku sih feeling aja, 'kali ini wetonnya ya Mas. Krn kebetulan pas Jumat jatuh tanggal 12. Cuman berhubung ga' ada kalender Indonesia, jadi aku ga' tahu hari pasarnya.Trus pas besokannya, aku nelpon ke Jkt, tanyain ke Mamaku. Ealah... kok ya betul, rupanya kemarin itu Jumat Legi... pantesan ya anaknya jadi rewel. Kata Mamaku, ya klu di sini [di amrik] ngga' mungkin nemu kembang setaman [apa aja sih?], sembahyangin aja, biar ga' diganggu katanya. "[Qn]

jawab:
"Weton itu hari lahir klo dilihat dari hari pasaran jawa digabung sama hari lahir kalender biasa. Pasaran Jawa ada : pon, paing, legi, kliwon, wage, nah digabung sama senin, selasa, dst. Kel.ku termasuk yg percaya pada pengaruh hari weton, dan biasanya di kel.ku klo pas hari weton yg jatuh di bulan Syuro (bln Jawa), dibikinin jenang merah putih untuk dibagiin ke tetangga sekitar atau dimakan bersama di rumah sekarang aku nggak biasain tradisi itu di anakku, cuman klo pas bln Syuro, Ibu & Mertuaku nun jauh disana, masih membuatkan jenang merah putih atas nama kami."[RW]

"Klo setahuku, tiap weton itu gak pake kembang setaman, tapi buat kluban/ urap Isinya t.d: Kacang panjang, Taoge, Kangkung, Klo bumbu urapnya aku kurang tau "[QQ]

"Bumbu urapnya sih aku tahu. Cuman, apa sayurnya kudu wajib spt itu [kc pj, toge, kangkung] ? Bumbu urap : kelapa parut, bawang, cabe, gula merah, daun jeruk, kencur, garam. "[Qn]

"Kalau aku dulu waktu anakku masih kecil, di bawah tempat tidur disiapin telur sama bubur merah/putih aja, ngga usah pake kembang. Semuanya itu ditaruh pagi-pagi pada saat harinya. Ternyata, believe it or not, memang anak-anak jadi tidak rewel.."[FW]

"katanya kalau anak wetonnya sama salah satu orangtua nggak bagus ya? ada yang tau nggak, masa aku udah cek, ternyata weton aku sama dengan anakku, gimana ya?"[Yn]

"Menurut kepercayaan ortu-ortu jaman dulu , kalo wetonnya sama sama si anak, sering brantem tuch... (pokok'e adu mulut gitu). Dan dulu orang tua suka nitipin anaknya ke orang lain (ke tante, oom atau eyangnya lah) biar dianggap anak tante atau oom atau eyangnya... tapi secara formalitas saja."[FW]

"Klo mnrt daerahku, klo weton anak sama persis ama weton salah satu ortu, ntar ortu bakal kalah ama anak, jadi mnrt tradisi ditempatku, tuh anak musti dibuang dulu."[QQ]

"Selain itu juga katanya ada weton-weton yang nggak cocok antara ortu dan anak, ada yang bilang anaknya sakitan atau ortunya (rejeki berkurang dlsb) Aku pernah diceritain, caranya ngebuang anak atau ngejual anak, pagi-pagi si anak ditaro di depan rumah salah satu sodara (bisa nenek/bude atau lainnya) trus ibu bapaknya lari ngumpet setelah ketok pintu. Nanti si bude buka pintu dan teriak "paak..paaak, nemu anak cantik/ganteng sekali, ayo dipek anak""[Vt]

"dikeluargku khususnya mamaku juga masih pegang itu...makanya dari aku mau married di cari perpaduan yg baik (hari) antara aku + calon misoa waktu itu...pas mau lahiran anakku kemaren itu juga mamaku berdoa terus jangan sampai lahirnya sama weton / hari pasarannya sama misoaku karena itu paling deket banget...memang biasanya kalo anakku pas wetonnya pasti rada rewel / tingkahnya nggak bisa diatur lagi... paling mamaku bilang iya ini wetonnya dia... tapi mamaku sich nggak buat apa-apa paling suruh kita ortunya banyak berdoa + kadang mamaku nggak akan setuju kalo kita bawa anakku pergi-pergi pas wetonnya itu... katanya sering ada apa-apa di jalannya"[Im]
 

...home ... buletin mingguan ... tentang kami ... diskusi DI ...
...
rekomendasi ... resep ... tips & trick ... toko buku ... iklan mini ...

copyright 2001-2002, dunia-ibu.org
Email