Jerawat - Artikel   
SHARING

Psikolog Anak
Sumber: ibu ibu DI

Kalau mau ke Psikolog Anak mungkin bisa coba ke LPT UI (Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia )
Jl. Salemba Raya no. 4 Jakarta 10430
Telp. 021-314 5078, 390 8995, 390 7408
Kalau mau konsultasi sepertinya harus bikin janji dulu sebelumnya. Mengenai tarif saya juga kurang begitu tahu. Mungkin bisa coba telpon dulu kesana untuk bikin janji sekaligus menanyakan masalah biayanya. Mudah2an infonya bisa membantu (Ty)

Aku pernah bawa anakku ke sana untuk konsultasi dengan psikolog senior. Kalau harga tergantung kita milih yang senior atau yang yunior, yang jelas jauh lebih murah daripada di rumah sakit atau di tempat lain. Untuk yang senior antriannya saat itu cukup panjang. Aku dulu sempat nunggu sampai 1,5 bulan baru ketemu sama ibu Mayke, mungkin kebetulan banyak yang daftar. Mudah-mudahan infonya membantu.
(Du)

LPT UI ada juga di Depok, telp. 786-8280
Temenku ada yang konsultasi ke sana dua bulan yang lalu, tarifnya Rp  100.000. Sejak dari dateng sampai selesai proses (bisa 2-3 kali dateng)

Ini ada data tarif psikolog di bbrp RS, tapi aku tanya beberapa bulan yang lalu (Si)
RS. Tria Dipa
Ibu Surastuti
Senin - Rabu - Jum'at pk. 17 - selesai
Rp 100.000/kunjungan/jam

RS Jakarta
Dr. Eliati (Psikiater)
Rp 67.000 / kali konsul, dengan perjanjian

RS Agung
Dr. Martina
Jum'at pk. 12.00
Rp 70 - 100.000 / kunjungan

Bulan Mei lalu aku bawa anakku konsultasi ke LPT UI yang di Salemba daftarnya dari bulan April! Waktu aku daftar, mintanya sama siapa saja. katanya kalau kita milih nama psikolog tertentu, lebih lama lagi nunggunya keseluruhan konsultasi bayarnya 125 ribu tapi ini sekitar 4x petemuan malah pertemuan ke-2 dan 3 di rumahku, untuk observasi jadi si psikolog ini dateng untuk mengamati anak kita di rumah dan juga kedua orangtua plus Ibuku, ikut diwawancarai. Aku puas banget sama sistem konsultasi & hasil analisanya katanya sih kalau di LPT UI yang di Depok waiting listnya tidak sepanjang yang di Salemba karena sumberdaya psikolognya jauh lebih banyak justru hanya "sebagian kecil" dari mereka ini yang sempet mampir ke Salemba (Ha)

Dua tahun yang lalu aku pernah bawa anakku kesana tapi aku kecewa dengan hasilnya tidak ada follow-up lebih lanjut dari psikolognya padahal waktu itu aku sudah pilih yang senior dan lumayan terkenal (suka muncul diacara TV) Aku beberapa kali menghadiri pertemuan dengannya, suamiku juga diinterview tapi hasil untuk si anak tidak ada (pemecahan untuk permasalahannya) akhirnya aku & suami berhenti sendiri, habis kecewa. Aku tertarik juga baca pengalaman yang sampai psikolognya mau datengin rumah, kalau boleh tahu siapa namanya ? (Sr)

Kalau yang di Depok itu mungkin tidak begitu banyak antriannya dan kemungkinan bisa langsung dipanggil karena para psikolog itu memang sebenernya lebih banyak berada di kampus. Psikolog senior yang praktek di LPT salemba sehari-harinya memang biasa mengajar di kampus UI depok. Jadi hanya hari2 tertentu saja mereka baru berada di Salemba.

Kalau mau kesana bisa telp ke Fak. Psi UI Depok Sekretariat Psikologi Perkembangan Telp. 7868280 ext. 1302. Bikin appointmennya bisa dengan Mbak Wari. Kata temenku yang lagi nerusin S2, sekarang2 ini sepertinya di bagian perkembangan lagi tidak begitu banyak antriannya
jadi kalau mau kesana mungkin bisa langsung telp saja ke Mbak Wari. (Ty)

Biasanya penanganan dan pemecahan masalah terhadap anak itu tergantung kasusnya. Artinya jika yang menjadi penyebab masalah adalah lingkungannya (dalam hal ini ortu - sekolah atau lingkungan rumah) maka yang umumnya ditangani langsung adalah komponen ini. Jadi "kelihatannya mungkin" seolah-olah tidak ada penanganan terhadap anaknya karena "mungkin" tidak diperlukan penanganan khusus terhadap
anak. Artinya dia akan berubah menjadi seperti yang "diharapkan" jika komponen lingkungan sudah berubah sesuai yang "diharapkan" atawa kemungkinan "penyembuhan" anak lebih besar. Tapi standar umum penanganan memang psikolognya itu datang kerumah untuk melihat langsung "lingkungan" anak. Repotnya kalau psikolog terkenal, suka sibuk, jadi memang suka kurang ada waktu untuk melakukan ini. (Ro)

2003-05-07 15:02:47

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org