Jerawat - Artikel   
SHARING

Pesangon Untuk Pegawai Yang Mengundurkan Diri
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
"Saya adalah seorang pegawai dari suatu perusahaan swasta yang telah bekerja selama 6 tahun. Perusahaan saya baru saja pindah lokasi ke daerah Cikande kurang lebih 2 jam perjalanan dari Jakarta. Saya memutuskan untuk tidak melanjuntukan hubungan kerja dengan alasan
jarak yang terlalu jauh.
Apakah saya berhak untuk mendapatkan uang pesangon dan uang penghargaan seperti yang tercantum dalam KEPMEN No 150 thn 2000 bab IV pasal 28?
Dapatkah saya menuntut hak pesangon saya? Terima kasih (Ri)

Jawab
"Sependek pengetahuanku, pegawai yang resign memang tidak mendapatkan pesangon tapi dia berhak mendapatkan uang perhargaan. Untuk lebih jelasnya, aku ambil dari web. Nanti aku coba cari Kepmenaker no. 50/2000-nya." (Ne)

"Seorang tenaga kerja yang akan mengakhiri hubungan kerja harus mengemukakan alasan-alasan yang mendesak kepada pihak pengusaha (pemilik perusahaan). Alasan mendesak adalah suatu keadaan yang sedemikian rupa sehingga mengakibatkan bahwa tenaga kerja tersebut tidak sanggup untuk meneruskan hubungan kerja. Berdasarkan alasan yang mendesak tersebut jika dihubungkan dengan permasalahan yang Anda hadapi sekarang ini maka dari pihak Anda sendirilah yang mengajukan pengunduran diri atau ketidaksanggupan untuk melakukan hubungan kerja lagi dengan perusahaan yang terkait, oleh sebab itu Anda tidak berhak atas uang pesangon. Uang pesangon akan didapatkan oleh pegawai atau karyawan yang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan. Sehingga Anda tidak berhak untuk menuntut uang pesangon dari pihak perusahaan, tetapi berhak untuk menuntut uang penghargaan. Dalam Pasal 26 KEP-150/MEN/2000 disebuntukan "Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja pekerja mengundurkan diri secara baik atas kemauan sendiri, maka pekerja berhak atas uang penghargaan masa kerja dan ganti kerugian sesuai ketentuan Pasal 23 dan Pasal 24."

Besarnya uang penghargaan masa kerja menurut pasal 23 Kepmenaker No.
KEP. 150/ MEN/2000 sebagai berikut :
a. masa kerja 3 tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 tahun ........... 2 bulan upah;
b. masa kerja 6 tahun atau lebih tetapi kurang dari 9 tahun ........... 3 bulan upah;
c. masa kerja 9 tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 tahun .............4 bulan upah;
d. masa kerja 12 tahun atau lebih tetapi kurang dari 15 tahun ......... 5 bulan upah;
e. masa kerja 15 tahun atau lebih tetapi kurang dari 18 tahun ......... 6 bulan upah;
f. masa kerja 18 tahun atau lebih tetapi kurang dari 21 tahun ......... 7 bulan upah;
g. masa kerja 21 tahun atau lebih tetapi kurang dari 24 tahun ......... 8 bulan upah;
h. masa kerja 24 tahun atau lebih .. . ... ... ... ... ... .........................10 bulan upah.

"Biasanya ditambah juga dengan uang jasa, yaitu 15% dari pesangon dibawah ini. (cmiiw)" (Am)

"KepMen masih berlaku itu dua hal yang berbeda, jadi disamping dapet uang jasa juga dapet dana pensiun, jamsostek juga. Untuk program Dana Pensiun mengikuti aturan sendiri. Ada yang bisa dicairkan saat mengundurkan diri ada yang cuma mengeluarkan sertifikat untuk dicairkan pada usia pensiun ada yang bisa ditransfer ke dana pensiun lain. Kepmenya kalau tidak salah juga baru berlaku th 2001 di rata2 perusahaan. Jadi memang yang resign th 2000 masih ada kemungkinan tidak dapat apa-apa. (Da)

"Seperti yang pernah saya posting, Kepmen 150 sekarang sedang mengalami revisi." (Lu)

"O, ya peraturan depnaker ini tidak fix. Soalnya ternyata tidak semua perusahaan mengikuti aturan seperti ini. Ada juga temanku yang tidak
dapat apa2 waktu resign. Alesan HRDnya karena mereka memang tidak ikutan aturan Depnaker yang terbaru ini. Mau menuntut juga susah dan berbelit-belit proses serta waktu kalau mau claim ke Depnaker." (Va)


2003-05-07 16:10:20

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org