Jerawat - Artikel   
SHARING

Haid di Usia 9 Tahun
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Apakah wajar, kalau anak berumur 9 tahun sudah mendapat haid? Apa perlu dibawa ke dokter kandungan? Bagaimana cara bicara ke anakku agar tidak membuatnya takut, bahwa sekarang itu dia sudah besar. Mohon pencerahannya.

Jawab
Adik bungsuku haid pertama umur 9 juga. Kalau tidak salah dibuku yang aku baca, wanita yang haidnya lebih cepat, akan mengalami menapouse lebih cepat juga (karena jumlah telur di dalam ovarium kan rata-rata sama pada semua perempuan). Tapi kalau kamu mau tanya ke dsog ada baiknya juga, cuma saranku kali jangan sama anakmu. Kayaknya yang lebih penting di sini adalah masalah psikologis anakmu. Jangan sampai dia merasa dia itu aneh atau gak normal, jangan tunjukkan keheranan kita ke dia. Apalagi kalau temen2xnya belum ada yang mengalami, so janganlah sampe dia berpikir dia gak normal. Kasih penjelasan yang ilmiah, kalau bisa pakai visualisasi dari buku kali ya. Buku childcraft, yang subyeknya `my body'. Tapi kurasa buku-buku lain juga banyak, coba cari di kinokuniya. [st]

Sekarang sih wajar saja kalau anak mens di usia 9 th, keponakanku juga begitu. Rata-rata mensnya umur 9-10 th, dan ternyata teman-teman sekelas mereka juga begitu, berarti memang sudah umum khan usia 9-10  th dapat mens pertama? Itu dulu lho wkt ponakanku umur 9 th, sekarang ponakanku udah kuliah di tk 1, adiknya sudah di SMA 1 :)) Jadi jangan kuatir, sampaikan saja ke anakmu apa yang perlu diketahui olehnya. [Dew]

Temen-temenku dulu Haidnya rata-rata umur 9-10 tahun, aku inget waktu itu, kita masih SD, temenku yang sudah haid itu emnag jadi rada minder, tapi waktu itu, kita semua cewek dikumpulkan di kelas sama Guru BP, terus dikasih penerangan sambil saling tanya, waktu itu seru banget, kita seperti malu-malu tapi merasa penting gitu, keluar dari ruang kelas, kita saling bisik-bisik dan menghindar dari temen cowok yang penasaran. Tapi sejak dikasih penerangan gitu, kita malah jadi pada pingin cepet-cepet dapat haid lho! Dan yang sudah dapat haid kayak yang dapat undian apa gitu, kumpulin temen-temen terus kasih pengumuman, lucu banget. Jadi kayaknya, asal dikasih tahunya dengan tepat, anakmu bakal seneng malah seperti aku dan temen-temenku, pas haid kayak dapat undian berhadiah. [it]

Sepertinya usia 9-10 tahun itu normal untuk haid pertama. Cuma, mungkin karena tidak menyangka, jadi tidak ada persiapan untuk memberitahu anaknya. Mumpung belum terlalu lama, ada baiknya si anak diajak omong baik-baik, seperti mengenai organ reproduksi wanita, keperluan kalau lagi haid, juga mulai buka pembicaraan mengenai hubungan sex. Ini bekal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti hamil sebelum menikah, STD (sex transmitted disease), dll. Juga diberitahu bahwa sekarang dia sudah "perawan", kalau berteman dengan teman lelaki harus hati-hati. Beritahukan juga mengenai hak-hak dia, kalau ada yang dekat-dekat atau pegang-pegang yang tidak nomal, itu termasuk `child sex abuse'. [Nik]

Aku dulu waktu dapat haid pertama, syukuran nasi kuning. Jangan terlalu kuatri, kalau mau cek ke dokter, ke dsog langganan saja. Juga bawa anaknya, setahu aku dokter tidak pernah periksa-periksa vagina kalau hanya haid pertama, kan cuman konsultasi saja. Malah mungkin anaknya bisa dapat penjelasan mengenai tubuhnya dari yang lebih pengalaman. [ni]

Dari salah satu referensi aku pernah baca, anak sekarang lebih cepat matang secara biologis karena perubahan hormonal yang lebih cepat yang diakibatkan dari jenis makanan (anak sekarang khan banyak makan 'junk food', makanan dengan bahan pengawet) dan juga exposure tentang dunia dewasa yang lebih banyak terutama dari TV, majalah.  Secara natural akan terjadi perubahan hormonal di tubuh anak yang faktor pencetusnya adalah hal2 tersebut diatas. [Ind]

Aku jadi inget pengalamanku dulu, aku dapat mens pertama usia 10 tahun. Mamaku menerangkan tidak dengan buku, hanya menggambar corat-coret di kertas, gambar idung telur, rahim, vagina. Dan juga diterangkan tentang proses pematangan telur, dinding rahim menebal, dst. Dan menekankan bahwa semua kejadian ini alamaiah dan akan dialami oleh setipa wanita. Juga diajarkan cara menggunakan pembalut (dulu hanya ada Softex), membersihkan, dan membuangnya, dan cara "mandi besar". Plus embel-embel, tidak perlu bilang teman-teman dulu, karena jaman dulu usia 10 tahun termasuk cepat untuk haid pertama. Sekarang anakku 4.5 tahun, sudah aku beri tahu tentang haid, sebatas untuk apa pembalut dan semua wanita akan dapat haid, kalau sedang haid tidak boleh puasa dan sholat. [mol]

Temanku dulu haid kelas 4 SD, berarti umur 9-10 tahun. Meski dia sempat bolos seharian, tapi pertumbuhannya baik-baik saja, cuman jadi bongsor banget. Dan setelah besar, biasa-biasa saja tuh badannya. [Mi]

2003-05-07 17:38:36

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org