Jerawat - Artikel   
SHARING

Bercak Biru di Badan
Sumber: ibu ibu DI

Tanya:
Temanku, disekujur badannya suka timbul bercak-bercak warna biru (bukan karena dipukulin), nah, bercak nya ini kadang-kadang suka timbul terus nanti hilang sendiri. Dia sekarang jadi rada panik, karena bercak birunya itu timbul banyak banget, ada di belakang lutut, di pinggang, dan di paha, dan agak besar bercaknya. Dia bingung, ini sebetulnya kenapa sih? memar aja karena kepentok pasti tidak mungkin, dia mau periksa masih takut, karena sebetulnya nggak ada yang dirasa juga, tapi tampilan bercak nya ini mengganggu sekali!

Jawab:
Kalau aku juga suka timbul memar kebiruan, tapi cuman sedikit dan itu normal untuk sebagian orang (biasanya orang yang kulitnya terang,
lebih mudah keliatan). Kalau memarnya banyak, sebaiknya diperiksakan ke dokter. [Di]

Yang aku baca baru-baru ini di Femina (tapi bukan Femina baru), ada kisah keluarga yang anak anaknya kena hemofili (dalam darahnya kekurangan faktor pembeku darah, jadi kalo berdarah mis. mimisan, susah banget berhentinya). Si ibu itu cerita gejala awalnya si anak suka biru biru kulitnya, kayak pendarahan dibalik kulit begitu. Cuma setahuku hemofili itu lebih banyak menjangkit laki laki daripada perempuan, terus sejak kecil sudah terliat. Kalo perempuan lebih banyak jadi faktor pembawa saja/carrier.[SM]

Aku juga pernah dikasih tahu DSA-ku, waktu anakku sakit dan dia lihat ada bercak biru, terus si DSA tanya ini kejeduk atau kenapa, karena kalau tidak ada alasannya tiba-tiba timbul bercak biru harus periksa darah di lab, karena kaitannya dengan penyakit yang berhubungan dengan darah. [FW]

Aku dulunya suka pake sepatu berhak cukup tinggi dan terkadang muncul bercak biru/lebam di betis. Menurut dokter itu karena terlalu capek/pegal yang tidak disadari. Setelah aku stop pake sepatu tinggi Alhamdulillah nggak pernah nongol lagi. [St]

Sebaiknya diperiksakan ke dokter ahli darah. Aku sendiri merekomendasikan Prof. DR. Karmel Tambunan, prakteknya di RS. Cikini (tlp 336-961). Spesialisasi beliau memang tentang darah. Kakakku juga dulu punya gejala seperti itu, ternyata setelah diperiksa ke prof. Karmel ketahuan kalau kekentalan darahnya diatas normal. Istilah medisnya dia terkena APS - Anti Phospolipit Syndrome. Di Nakita pernah diulas ttg penyakit ini, sayang aku tidak menyimpan artikelnya. Untuk pastinya mending periksa langsung ke ahlinya saja, soalnya berkali-2 kakakku tes darah di lab umum tidak ketahuan kalau dia kena APS ini.[EW]

2003-04-16 19:07:29

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org