Jerawat - Artikel   
SHARING

Buang Air Besar (BAB) Anak Keras

Tanya
"Ibus, mau tanya ... adakah yang punya pengalaman yang sama ? mohon sharing. Anakkku 4.5th kalo buang air besar (BAB) suka keras, dan perutnya juga suka kembung. dan kadang perutnya jadi sakit, sampai kalo buat jalan kayanya dia sakit (tapi ini jarang sekali). gimana ya bu , tolong bagi pengalamannya donk. tolong ya bus." (Ak)

Jawab
" Coba perbanyak makan pepaya, agar-agar (nutrijell,puding,dsb) sebagai obat pencahar alami. Kalau suka makan sayur, coba dengan perbanyak makan sayuran hijau.(Wi)

"Coba kasih Ducolac yang untuk balita. obat ini dimasukkan lewat dubur/anus. Sharing sedikit, anak saya juga selalu bab keras kadang sering sampai 5 hari nggak buang air besar. Segala macam sudah saya coba termasuk ngasih pepaya setiap hari, kadang -kadang saya kasih ducolac juga,tapi hasilnya nihil. Akhirnya saya bawa ke DSA, dikasih obat cair (maaf namanya lupa) yang diminum. Alhamdulilllah, sekarang sudah setiap ˛ hari sekali babnya. Sekarang masih under controll DSA tersebut. Kata DSA sampai babnya sehari sekali baru berhenti controlnya. Saran saya, kalo tak mempan juga dengan obat tersebut sebaiknya di bawa ke DSA aja." (Ti)

"Mbak, padahal anakku suka banget ama sayur, memang aku kasihnya tertentu : bayam, brokolli, buncis, wortel, labu, selada. kalo pepaya 1 minggu 2 kali, yg lain apel, pear, tomat, pisang.(apa ada yg penyebab krs ya.. diantara buah˛an itu ?) aku juga udah periksa kedokter, sama B. Hegar (ahli pencernaan anak˛) sampai disuruh rontgen & USG --- hasil bagus, dan sekarang lagi dikasih vitamin nafsu makan (padahal makannya udah banyak juga sebelumnya, tapi DSAnya tetap kasih vit itu karena anak ku underweight cuma 15kg), jadi sekarang dia setiap minggu harus kontrol terus. Aku juga dikasih glukolactol (diminum) tapi sekarag udah disuruh berhenti karena waktu itu udah bagus BABnya , tapi 2 hari lalu sakit perut lagi & aku liat BABnya keras. Gimana ya masa hrs minumin obat terus yg masih berlangsung sekarang obat kembung (acpulsif). sorry ya kalau kepanjangan infonya, soalnya aku lagi bingung banget. kata DSA ngga apa˛ tapi  kadang dia sakit." (Ak)

"Mbak, Kasih jus pepaya aja. Pasti langsung tokcer, atau banyak minum air putih/bangun pagi minum air hangat " (Ri)

"Mungkin obat minumnya Lactulax ya? Obat itu fungsinya untuk melembekkan feses sehingga aman untuk bayi dan anak-anak, sifatnya nggak merangsang seperti Dulcolax. Kalau terpaksa banget juga bisa pake Microlax yang suppositoria selain tentunya banyakin makan alpukat, pepaya, sayuran hijau dan minum air putih. Betul agar-agar juga bagus, dan yoghurt juga kalau doyan." (Mi)

"Apel dan pisang bisa membuat bab jadi keras, bagus untuk diare, ngga bagus utk sembelit. Kalau sembelitnya sementara (ngga terus menerus) stop dulu aja pemberian daging-dagingan, perbanyak serat."(St)

"Aku punya pengalaman, waktu anakku masih bayi. kalau BAB, kadang sampai 3 hari sekali. Tapi pas aku konsul dg dsa-nya, kalo masih asi nggak apa˛, karena memang daya serap badannya tinggi. tapi nggak boleh lebih dari 5 hari, kalau lebih disediain obat yg dimasukin anus itu, satu tube. trus untuk menu-nya dokter advise juice apel, karena kandungan seratnya lebih tinggi dari pepaya sama diperbanyak sayuran yang mengandung serat tinggi juga. waktu itu aku sering masakin bayam. sekarang dia udah umur 5 th lebih, puji Tuhan udah nggak masalah lagi. coba deh makan apel, kalau nggak doyan ya di-juice aja atau dibuat pudding. moga˛ cocok ya. " (Ir)

"Mbak,Kalau si kecil punya kecenderungan susah BAB sebaiknya jangan diberi pisang karena pisang bikin anak susah BAB. Pepaya sebaiknya diberikan setiap hari, kalau bosan bisa diseling alpukat terutama kalau sedang keras BAB-nya." (Mi)

" Maaf, anaknya umur berapa?, Anakku (2,4 thn) juga berobat sama B. Hegar tapi baru sekali dateng, sama keluhannya BAB keras dan berat badan kurang, sama dia di kasih lactulac & vitamin, aku khan dari Bogor sementara kalau antri sama dia mesti berlama˛, kadang udah ngga dapet nomor.. Aku ingin tanya, gimana cara pengobatannya dr Hegar ini? dan kalau di rontgen dimana? sakit ngga (khan lewat dubur ya) Makasih ya .... (Kalau ga terusin berobatnya gimana?)" (Fe)

"Mau coba minum Green Barley nggak? Udah bisa nelen semacam pil belum? Cuma aku nggak tau kalo 4.5 tahun dosisnya berapa? Dulu keponakanku juga gitu, Alhamdulillah sih sekarang nggak apa˛. Biasanya kalo anak kecil sih suka dikasih yg bentuk bubuk " (De)

"Iya BABnya itu kadang˛ aja keras, tapi susah juga sih ya. khan aku kerja jadi kalo pas aku yg anter dia BAB ya aku tau jelas, tapi kalo bs nya yg anter & ditanya selalu ngomongnya ngga apa˛, ya mungkin karena anaknya ngga ngeluh. abis anakku memang ngga betah lama˛ disuruh BAB, pengennya main terus, jadi mungkin belum tuntas ya. wong BAK aja kadang ditahan kalo lagi seru mainnya sampe kadang udah ngga tahan, baru dia lari˛ kecil ke WC. mba Fe kalo rontgen ngga sakit, cuma baring & difoto, begitu juga USG.Ya aku sama DR. Hegar baru 1 bln lbh ini, jadi belum tau jelas bagaimana dia. tapi yg jelas bedanya ama DSA dia yg lama , Si hegar langsung protes liat berat badan anakku kurang, kalo DSA yg lama bilangnya ngga apa˛ karena anakku ngga pernah diem. Oya kalo pisang aku pernah denger jg bisa bikin keras, tapi kalo apel gimana ya, bikin keras apa ngga? mba De green barley apa sih ? mba Ir waktu itu perutnya sakit ngga ? kalo anakku pernah yang paling parahnya sampe ngga mau gerak, takut dia berdiri, maunya baring terus. Mba Mi, obat˛an itu (lacto-micro-dulco lax) emang boleh sering ya. em kalo yoghurt kan bagus u/ pencernaan. Supaya apa sih... supay BAB lancar bkn ??? banyak terimakasih atas inputannya" (Ak)

"Kalau Lactulax setahu aku nggak apa-apa karena relatif aman. Fungsinya betul˛ hanya melembekkan feses, jadi nggak 'maksa' BAB untuk keluar, lain dengan Dulcolax yang fungsinya merangsang supaya BAB keluar. Kalau anakku sudah dua hari nggak BAB biasanya aku sudah panik dan langsung aku beri Lactulax. Kalau Microlax terus terang aku belum pernah pake karena aku lebih pilih Lactulax, tapi keponakanku 'langganan'. Sebenernya Microlax juga aman sih, cara pemberiannya kan tubenya dipencet persis di lubang dubur pada saat BAB-nya tertahan disitu karena sulit keluar. Tapi sampai saat ini aku belum mau pake karena aku lihat keponakanku trauma setiap obat itu dimasukkan ke duburnya. Sebenernya sih nggak sakit aku rasa, cuma dia udah takut duluan jadi aku takut anakku juga trauma begitu.Yoghurt memang bagus untuk pencernaan, dan salah satu fungsinya biar anak nggak susah BAB. Sayang anakku nggak doyan karena asam.Tapi sekarang anakku udah nggak sering sulit BAB, asal nggak lupa pepaya, agar˛, havermut, sayur, pokoknya kombinasi deh" (Mi)

"Anakku juga dulu gitu.Kalo mau BAB dia tahan˛ karena keras dan dia males ngeden.Kebetulan Oomnya kan Dokter,kasih tau aku kalo dia sering begitu ,maksudnya BAB musti ngeden (karena keras) kalo dibiarkan terus bisa menyebabkan hernia /turun berok .Kata dia penyebabnya karena kurang serat di menu anaku.Memang anaku susah makan sayur. Terutama setelah dia makan siang disekolah ,aku jadi sulit kontrol.Trus makanan yg disarankan di konsumsi buat anaku yg dia sukai apa,kebetulan dia paling suka dia suka gado˛,pecel atau bistik dan pelengkapnya(wortel,buncis,daun slada) kalau yg berkuah dia kurang suka. Frekuensi menu yg dia suka diatas aku perbanyak dalam seminggu.Ditambah buat penutupnya aku kasih agar˛ hampir tiap hari. Juga susunya seminggu sekali aku kasih yg susu kotak indomilk kemasan kecil/besar yg plain/coklat,biasanya dia minum susu sustagen school.Plus tiap hari ada toilet training biasanya sore jam 4 sore sebelum mandi dia tak biasain nongrong di kloset 15 menit untuk BAB,soalnya kalo pagi kan ngga mungkin,waktunya mepet musti buru˛ berangkat sekolah.Alhamdulilah ,sekarang engga keras lagi Pupnya. Mudah˛an sarannya berguna .Untuk catatan umur anaku 11 thn, untuk yg lebih muda usianya mungkin susu cairnya jangan diberikan dulu mengingat kandungan lemak /fat susu tsb tinggi kadarnya kadang˛ anak tertentu tdk tahan malah bisa menyebabkan diare." (Ye)

"Kalau buat agar-agarnya dipakein susu ngga? soalnya anakku suka ngga mau kalau pake susu, padahal aku berharap supaya bisa kemakan juga susunya, masalahnya anakku lagi ngga doyan susu, kalau BABnya lagi keras, aku suka kasih air sabun ke duburnya lumayan juga bisa untuk ngerangsang ngeluarinnya" (Fe)

"Masalah anak BAB ini dulu udah pernah aku tanyain juga di DI. Terus terangaku juga sempet kewalahan lho karena kasihan anakku kalau mau BAB tampangnya udah ketakutan banget. Sampe pernah pas kita keluar kota, asupan makannya anakku ngga gitu keurus dan berdampak pada BABnya yang ngga bisa keluar. Anaknya sampe ketiduran berusaha ngeden lebih dari ˝ jam dan pupnya (sorry) nyangkut. Aku juga sampe trauma deh rasanya. Untungnya dipakein dulcolax yang masuk dubur bisa. Tapi itu juga udah kepaksa banget aku lakukan. Nexttime mah ngga lagi˛ deh. Sekarang anakku udah normal BABnya. Bisa dikatakan hampir setiap hari bisa BAB dan ngga susah payah ngeden banget. Tiap hari tak pernah lupa aku buat juice pepaya. Bisa lho, 1 jeruk baby, 1 bagian potongan pepaya aku parut/blender. Tapi jarang aku tambahin air lagi. Jadinya kentel gitu. Jadi bisa anakku minum juice itu 200-250 cc sehari. Kalau bosen pepaya, aku ganti dengan alpuket kalau ada, atau bisa jadi pepaya dicampur dengan buah pir atau tomat juga.Kalau ada jambu biji juga OK. Agak bervariasi ya buah˛an anakku. Tapi itu terpaksa aku lakukan, kalau tidak BABnya bisa berabe. Kalaupun aku mau cobain buah baru, ya aku campur deh sama pepaya. Terus terang anakku juga belum bisa makan pepaya utuh, maunya kalau udah dalam bentuk juice. Semoga ngga keterusan sampe gede deh. hiks..Nah, udah sebulan-2 bulan ini aku kasih dia minyak ikan, Scott Emulsion yang original. Sehari cukup 1 sdt deh. Kadang juga 1sdtnya ngga full. Ternyata ini membantu proses BABnya. Cenderung menjadi lembek. Cuman aku angga khawatir juga kalau kelebihan vitamin A dampaknya katanya menghambat pertumbuhan ya. Makanya aku cuman kasih minyak ikan ini ngga banyak˛. Aku ngga tahu ada ngga ya Moms yang juga pengalaman kasih minyak ikan dan berdampak sama BAB. Kalau ada share yuuk moms" (Val)

2003-05-07 18:20:17

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org