Jerawat - Artikel   
SHARING

Penyedap Untuk Makanan Bayi
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
"Dear Moms, Aku berencana untuk mulai membuat Tim Saring untuk Bayiku. Bumbu penyedap apa (selain garam/margarin) yang boleh ditambahkan didalam nasi timnya ya. " (FE)

Jawab
"Mbak Dy, Aku juga tidak tau ya, tapi aku pikir begitu, karena dulu sempat baca, buat baby yang tidak tahan laktosa sapi, sebaiknya pemberian produk susu sapi ya diatas 1 tahun. Nah kalau yoghurt, kalau tidak salah karena merupkan hasil fermentasi, jadi lebih gampang dicerna bayi, gitu deh kalau tidak salah CMIIW..:-) Kiri aku baru kasih anakku belum lama ini kok..inget banget deh, baru pas liat iklannya, besok nya aku cariin, abis kayaknya enak gitu., dan Kay doyan juga. Cuma itu umur anakku kayaknya udah hampir 2 deh, jaman anakku seumur anakmu aku tidak pernah liat or merhatiin. Tapi memang kayaknya lain dokter lain pendapat ya...sama aja sekarang ini aku bingung mo nidurin anakku gimana. Soalnya dulu jaman anakku, disuruhnya tidur tengkurap, bagus buat paru2 atau apa deh. Sekarang ini udah dilarang tidur tengkurap, karena kebanyakan Sudden Infant Death Syndrome itu kejadian di baby yang tidur tengkurap. Sekarang ini disaranin baby tidur telentang biasa, katanya justru lebih bagus, lupa penjelasannya apa. Memang ilmu parenting itu berubah2 terus kali ya,
sesuai perkembangan, pengalaman dan penelitian" (MI)

"Apakah mungkin karena proses pembuatan keju yg. membuatnya aman untuk anak di bawah 1 tahun ? Di bawah ini aku dapat dari milis yg. lain. Kalo katanya sih laktosa diubah jadi asam laktat dulu. Berarti emang tidak akan ada cerita lactose-intolerance lagi dong, pada konsumsi keju ? Lalu yg. bikin susu sapi tidak boleh utk. anak di bawah 1 tahun itu Whey-nya itu bukan sih ? Aku lupa2 inget nih... Kalo iya, berarti memang tidak perlu dikhawatirkan ya... sebab yg. dipake buat keju adalah Curd-nya... (cmiiw) Tidak tau deh.(RI)

"Cheese , pada mulanya dibuat karena adanya kelebihan susu di musim summer dimana orang lebih banyak minum air biasa. Mengingat nilai nutrisinya yang tinggi, daripada susu itu mubazir, maka dibuatlah keju. Sebagai bahan dasar dan bahan utama dari keju ada lah susu yaitu SUSU SAPI. Mula-mula susu dipanaskan (pasteuri- sasi) untuk membunuh bakteri yang berbahaya. Lalu ditambahkan kultur bakteri asam laktat yang merubah gula susu (laktosa) men jadi asam laktat. Dalam kondisi asam ini ditambahkan RENNET yaitu suatu enzim yang merubah protein susu (caseinogen) menjadi casein, kemudian casein itu berikatan dgn Ca membentuk Calcium- caseinat yang menggumpal. Bagian yang cair disebut WHEY dan bagian yang padat disebut CURD. Kedua bagian tsb dipisahkan, dan curd-nya diproses lebih lanjut shg diperoleh keju yang bervariasi kepadatan nya (soft, hard, spread, etc.) dan rasa ataupun warnanya. 'Whey', pada mulanya dianggap sebagai bahan buangan. Didalam whey itu masih tersisa gula susu, protein, lemak, asam amino, vitamin dan mineral. Jadi masih mengandung nilai nutrisi. Oleh karenanya sekarang dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan, terutama sebagai pemanis. Tentu saja pemanfaatan hey itu setelah melalui proses pembersihan/pemurnian atau proses pengolahan lainnya."

"Kayaknya emang tergantung sama anaknya deh. Yang jelas dia kudu dipastiin tidak alergy sama dairy products, kalo alergi yah jangan coba 2x mendingan. Kalo tidak alergy bisa dicobain, sedikit2x dulu, dicampur di nasi timnya misalnya. Atau dicampur di baksonya (hehehe....specialist bakso sih). Kebetulan anak2xku juga udah nyobain keju sejak blon setahun, w/p tidak rutin tiap hari aku kasih, tidak ada reaksi negative sama mereka, mrk juga tidak alergy dairy productnya makanya aku berani kasih cobain. Kalo anaknya tidak alergi dairy product, cobain aja sedikit2x. Tapi kalau ragu2x mau tunggu sampe 1 th juga tidak papa kan ? (ST)

" Mbak Fe, Anakku yang pertama aku kasih keju sejak dia umur 7 bulan dan sampai sekarang umur 22 bulan masih setiap hari ( sekarang aku kasih 1 1/2 slice, setiap makan 1/2 slice), dulu pernah tanya ke dsa-nya, dibilang tidak apa2 ya aku terusin dan berlanjut ke anak ke dua sekarang. Dua-duanya ok aja tuh tidak ada masalah apa2."(RA)

"Mbak kebetulan anakku termasuk sample yang mengkonsumsi keju. Mulai 8 bulan aku kasih di buburnya keju selang-seling dengan margarin. Bahkan anakku doyan banget ngemil makanin keju slice...... Syukurlah sih dia tidak apa-apa... atau mungkin karena dia juga tidak alergi sama susu sapi." (AR)

"wah anakku mah udah mengkonsumsi keju sejak usia 7 bulan. Tapi tidak sering sich emang. Cuma kalo makannya rese banget. Terutama kalo dia lagi dibikinin spageti(an). Sekarang doski usianya 11,5 bulan beratnya 12.6 (fiuh - ndut kayak emaknya) Dia malah gatelan (timbul merah-merah) kalo dikasih hati ayam. Emang harus dicoba sich - soalnya tiap anak khan unik dan spesial (tidak selalu pake telor tuch) Nah anakku itu lebih seneng gurih daripada manis - kalo manis dia sering hoek. Baru-baru ini dia mulai menyukai coklat lho - mau dan tidak hoek kalo ditaruh ke mulutnya. Jangan kapok kalo dia tidak mau - coba laen kali dengan jangka waktu yang agak lama. Siapa tau next dia mau. Ya tidak. (RO)

"setahuku nih, keju itu kan produk dari susu sapi, nah anak di bawah 1 th itu rentan alergi terhadap susu sapi, makanya segala produk olahan susu sapi sebaiknya di berikan setelah satu tahun, kalau bener gitu, misalnya kita iseng nyobain pas si anak 7 bulan, dan tubuhnya menerima dg baik, berarti ya ngga papa di kasih keju, cmiiw "(DI)

"Dear Fe, Bumbu yang alami paling baik. Kalau aku bumbu pertama yang aku berikan selain garam sedikit juga bawang putih dan daun salam untuk aroma dan gurihnya. Selain bumbu, kalau masak ikan dan hati ayam, sebelumnya aku rendam perasan jeruk nipis kira-kira 15 menit, trus cuci dg air matang baru dimasak. Itu untuk menghilangkan bau amisnya." (MI)

"KAlau menurut DSAku, sebelum diberi coklat, keju, atau ikan-ikanan perlu diberhatikan apakah anak punya bakat alegi atau tidak karena coklat, keju dan ikan-ikanan termasuk zat alergen (pencetus alergi)". (SU)

"Iya juga kali ya.... Tergantung kitanya mau ikut yang mana...:-) Aku malah jadi mikir, mungkin karena disini kejunya aneka rupa dari jenis dan padatnya, jadi ada yang sebenarnya masih save juga kali ya buat baby, ada yang tidak. Tapi mbuh lah, aku bingung soal perkejuan... Thanks Mbak Su atas pencerahannya" (MI)

"Dear Mi, Biasanya pendapat dokter yang satu dengan dokter yang lain tidak pernah sama. Pengalaman dalam pemberian madu ada dokter yang bilang tidak apa2 tapi banyak juga dsa yang melarang untuk diberikan kepada bayi < 1 tahun. Demikian juga dengan keju. DSA anakku sich bilang jangan kasi keju sebelum usia satu tahun demikian juga dg mertuaku yang menurutnya di Inggris itu sama persis spt di tempatmu dan itu aku turuti tapi tidak demikian dg DSA adik iparku dan juga DSA di milis Klinik Anakku yang aku lampirkan di bawah ini. Jadi ya tidak tau mana yang benar.(Su-L)

"Sorry nich, bukannya keju sebaiknya di kasih setelah bayi 1 tahuan ya? Sebab disini produk pertama bayi yang bisa dikasih ke baby dibawah 1 tahun adalah yoghurt bayi. Bukankah keju termasuk yang berat buat pencernaan baby? Gimana sich sebenarnya, daku lupa.. (MI)

"Fe, Kalo saya selalu tambahkan keju 1 slice sehari untuk anak saya ( 7,5 bulan ), jadi pemberiannya saya bagi 3 untuk 3 kali makan bubur saringnya. Selain menambah rasa menjadi gurih juga bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Oh ya untuk garam saya tunda pemberiannya sampai anak saya berumur 1 th.. Demikian semoga membantu." (RA)

"Mbak Fe dan ibus, Lagi-lagi informasi dari milis Klinik-Anakku yang mungkin bisa membantu. Cumanya mbak pada prakteknya aku tetap memberikan sedikit (sedikit banget) garam dan merica halus pada sayur yang aku buat untuk Joshua waktu dia mulai makan bubur saring." (Su-L)


2003-05-07 18:23:02

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org