Jerawat - Artikel   
SHARING

Alergi pada Bayi
Sumber: ibu ibu DI dan Klinik Anakku

Tanya

Moms yang baik, Temenku punya bayi umur 7 bulan dan sepertinya alergi terhadap sesuatu sehingga batuk pilek berkelanjutan. Bayinya udah dibawa ke dua dokter, dan pendapat dari dua dokter ini agak beda, jadi temenku bingung, Dokter pertama menyarankan semua susu dan makanannya diganti, seperti susu harus jadi susu soya, makannya nggak boleh yang instant dll, sedangkan dokter kedua tidak menyarankan untuk ganti susu dan makanannya karena belum jelas penyebab alerginya. Sekarang ini anaknya tidak bisa menyusui kalau malam (ASI), mungkin karena hidungnya mampet. Temenku jadi bingung. Gimana sebaiknya, apakah mengikuti saran dokter yang pertama atau yang kedua? Mungkin ada moms yang punya pengalaman sama, atau tau dokter anak yang spesialisasinya adalah alergi, mohon infonya Many thanks moms. (Si)

Jawab

Mbak, Prof. Karnen di RSPI itu spesialis alergi. aku juga dulu gitu dan memang justru karena bayi itu belum jelas penyebab alerginya apa jadi sebaiknya memang dihindari makanan yg rentan menyebabkan alergi. sehingga dulu anakku juga susunya diganti soya, menghindari makanan yg mengandung susu spt keju dan teman temannya, seafood, telur, aku juga yg menyususi "puasa" makan˛ ini. alhamdulillah setelah sekitar 7 bulan mengkonsumsi obat Ryzen drops dr Karnen ini, Anakku sedikit˛ aku cobain makanan pantangannya dan sekarang udah sembuh (Nd)

Aku bilang sebaiknya ikutin yg. pertama. Sebab memang meskipun belum tau apa alerginya, mendingan ekstra waspada kan ? Kalo emang daftar alergen yg. Mungkin udah dikurangi, ya moga˛ makin sempit 'pilihan' alergennya apa saja. Kalo anakku dulu katanya nggak boleh juga : tomat, jeruk, kacang tanah (peanut butter juga, tapi bayi memang nggak makan ini) Tapi yg sering adalah alergi tungau debu, susah menanganinya, sebab sebersih˛nya rumah pasti ada. Cara memberantasnya cuma bikin rumah ekstra bersih, seprei sering diganti, kamar jangan ada apa˛ selain tempat tidur (kalo bisa). Jangan ada tumpukan buku / koran bekas, baju di gantungan, gorden mungkin udah perlu dicuci, filter AC lebih sering dicuci, Ac jangan terlalu dingin dllnya. (Rn)

Ada baiknya mengikuti saran dari dokter yang pertama yaitu dengan mengganti susu yang dikonsumsi dg susu soya. Selain itu perlu juga diperhatikan faktor lingkungan yang dapat juga menyebabkan si bayi alergi. Krn alergi itu sebetulnya adalah bawaan, menurutku nggak mudah kita mengetahui alergan penyebabnya krn masing-masing individu berbeda˛ penyebabnya. Di bawah ini aku copy-kan sedikit tanya jawab dari milis klinik anakku mengenai subject di atas.

Tanya:

Anak saya umur 17 bulan dan sekarang beratnya 10,5 kg. Apakah berat badannya kurang untuk seumur dia ?. Waktu umur 6 bulan anak saya batuk, pilek. Setelah dibawa ke dokter Anak, diberi obat Mukopek dan Triaminik. Tapi setelah obat habis batuknya tidak hilang juga. Saat balik ke DSA, diperkirakan anak saya ada alergi-nya. Lalu oleh DSAnya disarankan agar susunya diganti dengan susu Kedelai dan kembali diberi obat. Setelah diganti susunya, memang Batuk dan Pileknya agak lumayan cuma masih ada batuk kalau malam hari sekitar jam 02:00 sampai menjelang pagi. Dan saat kembali menurut DSA memang alergi protein susu sapi. Penyakit alergi dengan manifestasi batuk -batuk memang cenderung membuat anak kehilangan nafsu makan atau mual-muntah sehingga dapat mengganggu pertambahan berat badannya. (Sn)

Jawab :

Anakku dulu seperti itu, saat itu usianya 1 bulan,sampai bernafas saja sulit karena tenggorokannya penuh lendir. Dua DSA berpendapat pilek,sampai menyarankan lendirnya untuk disedot,sesudahnya anakku kelihatan bisa bernafas tapi anehnya ga lama (1 jam)anakku seperti kesulitan bernafas lagi. akhirnya cari 3rd opinion ke DSA lain,dokter bilang anakku punya alergi debu,asap dsb yang memicu produksi lendir jadi anaknya terlihat seperti batuk atau pilek, dokter memberi obat u/ mengurangi lendirnya juga menyarankan menjauhkan anak dari sumber pemicu alerginya. Ada baiknya ikuti saran dokter yang pertama sampai diketahui penyebab alerginya. (Ad)

Anakku yang pertama juga alergi dan dari bayi sering banget batuk pilek dan pananganannya seperti itu, tapi nanti semakin besar akan berkurang kok. tempat tidur harus selalu bersih, apalagi bayinya tidur dgn orangtuanya, kalau pulang dari bepergian sebaiknya orang tuanya jangan langsung tiduran tanpa ganti baju dan cuci tangan dan kaki dulu. Kalau masih minum ASI makanan ibunya juga dijaga, mungkin makanan yang dimakan ibunya membuat si anak alergi. Kalau dokter anak yang bagus nanganin alergi pada anak kata temenku dr. Noenoeng yg di jl. mendawai (temenku anaknya setelah ditangani dokter ini alerginya lumayan jarang kambuh) cuman pasiennya katanya buanyak Semoga membantu ya. (Nt)

Ke dr. Bambang S. (pulmonolog anak) di Hermina Jatinegara juga lumayan. Anakku aku bawa ke dia. Kayaknya waktu itu aku nggak ngantri kok, tapi jam prakteknya siang, pas jam kantornya kita, harus berkorban 'bolos' deh (Rn)

Dr Bambang Suprianto praktek di Hermina Jatinegara hari Jum'at sore dan Sabtu pagi. Kalo mau ke blio daftar by phone sehari sebelumnya. Trus minta nomer yg kira-kira kita mau dateng jam berapa gitu. Jadi, pas dateng ke Hermina enggak perlu antri lama˛. Anakku dulu juga dihandle sama Dr. Bambang ini pada saat pengobatan flek paru-nya. Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 6 bln (batas minimum pengobatan), Anakku sudah bisa bersih dari flek paru-nya. Menurut saya Dr. Bambang itu 'tangan dingin', jadi anak˛ saya cocok sama dia. Blio juga praktek di Tumbuh Kembang RSCM (Senin - Jum'at pagi) dan Klinik AnakKu Cinere (Sabtu sore). Katanya blio juga mau nerima pasien di rumahnya kalo pas blio ada. (Rm)

dr. Bambang S praktek di RS. Hermina Jatinegara tiap hari Selasa & Jum'at jam 15.00 -17.00 dan hari Sabtu jam 8.00 - 12.00. Beliau juga praktek di RSCM (kantornya memang disini), jadi mungkin hampir setiap hari ada, di Klinik Anakku Cinere (tapi aku nggak tahu jadwalnya) dan praktek juga dirumah setiap malam. (Eq)

Mencekal Alergi
Bila ternyata ada sejarah alergi dalam keluarga Anda, resiko si Kecil terkena alergi tentu semakin besar. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, langkah-langkah pencegahan sebaiknya dilakukan. Langkah-langkah yang diambil kadang tak selalu efektif. Namun demikian, langkah-langkah ini akan mengurangi kemungkinan si Kecil menderita alergi. Simaklah beberapa diantaranya.

a. Usahakan untuk memberikan ASI selama 4 bulan hingga 6 bulan lebih lama. Langkah ini akan menambah kekebalan bayi terhadap zat yang menimbulkan alergi.

b. Hindari makanan tambahan sebelum si Kecil mencapai usia 4 bulan. Hal ini tentu berkaitan dengan pemberian ASI eksklusif untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

c. Jangan merokok atau membiarkan orang lain merokok di sekitar si Kecil Anda. Anda sendiri akan sangat terganggu karenanya, apalagi si Kecil.

d. Jangan biarkan binatang peliharaan seperti anjing, kucing atau burung berada di dalam rumah sebelum anak menginjak usia 1 tahun. Lebih baik mencegah bukan?

e. Hindari penggunaan pewangi ruangan dan pembersih ruangan yang harus disemprotkan ke seputar ruangan. Zat kimia yang dikandung siapa tahu akan memicu alergi pada si Kecil.

f. Bersihkan rumah secara teratur untuk mengurangi debu dalam rumah. Beri perhatian khusus pada karpet, bantal dan mainan yang lembut seperti boneka si Kecil.

g. Bila memungkinkan, ganti karpet yang Anda di rumah Anda dengan yang terbuat dari plastik. Karpet biasanya menyimpan debu dan kotoran yang sulit dibersihkan tanpa menggunakan air.

h. Mainan anak seperti boneka atau bantal sebaiknya dicuci secara teratur, atau. taruh mainan-mainan tersebut didalam plastik agar debu dan kotoran tidak segera menempel di sana. Semoga bermanfaat (Sn)

Tambahan:

dr. Noenoeng : Jl. Mendawai III / 21 B, Blok M (spesialis paru) Dengan istrinya juga sama aja dokter spesialis paru anak, dr Nastiti Selain di Mendawai di Rumahnya Jl Duta Permai I no 10 Pondok Indah, telp 7512429 (Fn)








2003-05-28 11:21:02

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org