Jerawat - Artikel   
SHARING

Dokter Spesialis Paru RSCM
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Tanteku minggu lalu masuk rumah sakit krn muntah darah. Sebelumnya tidak ada tanda apa-apa, maksudnya sakit atau kurang enak badan. Di rumah sakit dokternya nggak nemuin masalah dan tanteku cuma disuruh istirahat. Tapi tadi pagi ada berita kalau tanteku itu muntah darah lagi waktu batuk, dan dokternya bilang kemungkinan paru-paru beliau luka. Yg bikin heran dokter itu juga nanya sebelum ini sempet sakit lever atau enggak. Apa hubungannya paru-paru sama lever ? Sekarang ini tanteku dirawat di rumah sakit di daerah Tangerang. Rencananya kita mau cari second opinion ke dokter di RSCM. Ada nggak Moms yang tau, kira-kira dokter spesialis paru siapa yang bagus di RSCM ?  (Mi)

Jawab
Mungkin ngga ada hubungannya sih antara paru dan liver, tapi masing-masing bisa jadi penyebab muntah darah itu. Bude-ku pernah menderita hepatitis B waktu muda, pada suatu waktu (beberapa belas thn setelah pertama kali dideteksi hep B-nya) beliau muntah darah dan ternyata waktu diperiksa udah jadi hepatitis C. Jadi pertanyaan dokter itu mungkin untuk lebih bisa fokus pada halČ yg bisa menyebabkan muntah darah itu. Aku ngga tau ya, apa sebaiknya langsung ke spesialis paru minta 2nd opinionnya, atau ke ahli penyakit dalam aja supaya bisa dicari asal luka/darah itu? kalau untuk cari info dokternya.. beberapa waktu lalu ada yang posting site ini mbak.
http://www.pdpersi.co.id/pdpersi/cari_dokter/rs/cari_jadwal.php3   (Ha)


Sepengetahuan asal mula batuk darah memang dari paru tapi sebelum paru-paru-nya kena itu apa ada penyakit lever atau ginjal atau jantung yang ber imbas ke paru-paru. kayak tetanggaku muntah darah (batuk) karena gagal ginjal yang lari ke paru-paru 

kalau soal RSCM caranya gini, bisa aja kita langsung ke paviliun cendrawasih untuk ke dokter SPd dulu nanti minta rujukan ke dr. paru di Rscm. kalau lewat poliklinik lebih ribet harus ada rujukan dari Puskesmas atau Rumah sakit lainnya untuk minta konsul ke dr. paru. di poliklinik Rscm itu biasanya dokter disitu masih dokter muda yang memang di bidang paru yang nantinya hasil dari dokter muda itu dikonsulkan ke dr. utama atau kepalanya dr. paru. kalau lewat pav. cendrawasih kita bisa langsung ketemu dengan dokter kepalanya karena memang yang praktek disitu dokter-dokter pengalaman. (setahu aku karena mamaku langganan RSCM dan paling seneng nganterin tetangga atau saudara berobat ke Rscm jadi aku tau dari cerita dia) kalau antar rumah sakit bisa  langsung ke UGD dari situ cepet kok rontgen. periksa darah dan lainnya nanti mereka memutuskan rawat terus konsul ke dr. siapa.  memang kalau belum pernah punya kartu RSCM agak bingung karena dokternya banyak banget. biasanya di RSCM para dokter itu kerja Tim jadi ada dr.paru ada dokter SPd atau di bidang apa yang tantemu butuhkan. Coba aja ke Dr. marcell simadibrata di pav. cenderawasih dia itu dr. SPd tapi dia pasti kasih rujukan ke dr. paru. kalau mamaku dari Dr. Teguh ranakusuma juga di Pav. cenderawasih RSCM prakteknya senin s/d jum'at dia itu dr. syaraf dia yang nganjurin mama ke Dr. marcell S. nah dr. marcell itu anaknya Dr. simadibrta yang terkenal itu  (Ni)

Internist dengan keahlian khusus paru (pulmonologi) di RSCM diantaranya Dr. Asril Bahar, Dr. Zulkifli Amin, Dr. Anna Uyainah. Aku belum pernah menjadi pasien beliauČ, tetapi aku bekerja sama dengan Dr. Asril & Dr. Anna dalam penelitian obat baru. Terus terang aku gak tau bagaimana cara mereka menghadapi pasien sehariČ, tetapi  selama bekerja sama, aku dapat kesan kalau mereka orang yang teliti dalam menangani pasien & hatiČ terutama pada penanganan kasus sulit. (No)

 

2003-07-07 14:32:29

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org