Jerawat - Artikel   
SHARING

Bekal Sekolah Anak
Sumber: Ibu-ibu Milis DI

 

Tanya
Aku diminta bawa bekal sekolah (lunch box) untuk  teman-teman sekelas anakku (15 orang).  Tolong bantu dengan ide, bawa apa yang  menarik dan enak buat anak-anak. Anakku minta spaghetti tapi takutnya yang  lain pada tidak doyan. (Ma)

 

Jawab
Sekalian menambahkan pertanyaan, biasanya kalau membawakan bekal untuk sekolah anak (anakku sekolah playgroup 3 x seminggu), aku bawakan nasi goreng campur, bihun/mie goreng, roti panggang, baked potatoes, macaroni schotel, pastel kentang tutup, tuna melt panggang, choco balls, dll. Tapi sekarang sudah kehabisan ide, kalau ada yang punya resep lain, bagi dong, yang gampang buatnya dan tidak njelimet, satu lagi, ada yang punya resep sphagetti yang  enak tidak? (Ci)

Aku jadi inget waktu TK dulu, ibuku juga diminta membawa bekal sekolah untuk teman sekelas. waktu itu ibuku masak bihun goreng komplit dengan daun bawang, wortel, daun seledri, bakso dan ditambah telur dadar yang sudah dipotong-potong. anak˛ sekarang mau tidak ya? (Wu)

Aku juga tiap bulan bawain bekal makan buat temen-temen anakku. Menu yang pernah aku bawain:
1. Telur dadar isi nasi goreng
2. Nasi kuning/nasi uduk lengkap
3. Bihun goreng ayam
4. Mie goreng sosis
5. Nasi/kentang dan ayam goreng tepung/sosis
6. Roti burger keju
Kalau punya buku masaknya Tuti Soenardi bisa juga buat ide bekal sekolah. (Ri)

Sosis goreng yang digulung mie, yang pake Royco itu, juga bola-bola kentang rasanya seperti kroket hanya lebih kecil. (Mi)

Coba bihun goreng  yang di dalamnya diberi irisan bakso, sosis, suwiran ayam, diatasnya ditaruh irisan telur dadar yang diris tipis˛, ditanggung anak-anak pada suka (mungkin sayuran pelengkapnya seperti sawi hijau sama kolnya jangan terlalu banyak, anak-anak tidak terlalu suka, biasanya dibuang), soalnya waktu tahun lalu anakku dapat giliran bawa makan ke sekolah aku bikinin itu, habis tandas. (Ti)
 
Aku jadi inget di Jerman sini, bekal anak-anak itu gampang-gampang banget. Asal jangan sebangsanya permen atau coklat, tidak boleh oleh sekolah. Kalau kudapan bawanya paling buah, atau sayur, atau kalau yang belum sarapan di rumah bawanya pretzel atau roti pake butter dan salami atau keju. Karena anakku selalu sarapan di rumah, jadi dia selalu mintanya cuma wortel mentah sama timun, atau apel dan buah lainnya, atau paprika mentah. tidak 5 menit sudah beres, tapi suka aku  bawain kacang panjang mentah dan sayuran indo lainnya. Dulu awalnya aku bawain kayak bekal jamanku dulu sekolah, bikin puding lucu˛, atau risoles, dll tidak pernah dimakan. Mungkin lihat temannya. Sekarang selalu aku tanya mau bawa apa, anakku pasti minta dibawain seperti temen-temennya. Ibunya yang seneng, tidak repot tapi tetap sehat.  Kalau makan siang, juga gampang, paling roti dan setelannya tambah salad atau pan cake isi sayuran plus saos keju. gampang-gampang banget. Waktu awalnya aku suka bawain anakku masakan indonesia, pada kagum, kok rajin amat.  Kali pikir orang sini kasihan deh kamu, waktu abis buat masak.  (Ec)

Bagaimana kalau roti goreng isi kornet? Mudah kan? (Ti)

Aku juga suka bingung kehabisan ide untuk bekal anak-anakku. Sudah punya buku "Bekal Sekolah Anak" nya Doddy Pamudji belum? Lumayan deh, aku suka ambil ide dari situ, resepnya lumayan variatif, gampang dan cepat menyiapkannya. Maklum aku anak 3 berangkat pagi semua dan tidak punya asisten.  (Li)

Aku pernah bawain croissant isi untuk makan bersama disekolah anakku. Croissantnya beli yang kosong (dulu aku beli di clairmont) isinya kita buat sendiri, pake mayonaise, keju, daging asap/sosis, tomat dan timur (sedikit saja) + saos tomat. Dulu aku bawain sama buah juga. Spaghetti  juga oke. Anak-anak biasanya suka yang seperti mie begitu, tambahkan saja chicken nugget di atasnya. Pasti ludes. (Re)

Di sekolah anakku, tiap semester ortu kebagian bawa snack 2 kali (jadi anak-anak makan di sekolah, tidak bawa lunch/snack box sendiri). Menurut aku ini lebih bagus, karena semua anak kebagian makanan yang sama dan tidak saling iri. Yang biasanya dibawain :
- snack : crackers, animal crackers, pretzel, dry cereal, cheez-it, dll. (cookies tidak disarankan)
- buah/sayur : apel, jeruk, melon, anggur, baby carrot, celery, dll.
- minuman : jus buah atau milk (jangan soda!)
- lain-lain : yogurt, macaroni and cheese, salad buah atau sayur, keju
Dengan sendirinya, anak-anak pun di sekolah terbiasa makan makanan sehat. Sesekali kalau ada yang ultah, bawa kue tart atau cupcakes. Kemarin pas anakku ultah, aku bawain cupcakes (satu anak cuman boleh satu), disamping snack biasa lainnya. (Qu)

2003-07-30 03:22:20

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org