Jerawat - Artikel   
SHARING

Obat Sariawan untuk Batita
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
1.        obat sariawan buat batita (2 th) yg bentuknya diolesin ke sariawannya apa ya namanya ? kalau Mycostatin itu apakah aman buat batita juga (aman tertelan maksudnya ?) atau ada obat tradisional yg lain ? (Li)

2.        obat sariawan apa yang manjur buat anak. anakku sering sariawan, sekarang malah parah banget sampe gak mau buka mulut. semalem udah ke udah ke dokter, dikasih mecostatin (udah sering banget pake ini obat) sama antibiotik. maksudku besok² supaya gak perlu ke dokter mulu gara² sariawan, obat bebasnya apa ya? kl madu sering juga dikasih, tp gak tau sering sariawannya ketauannya udah gede aja. udah gak sabar kl dikasihnya cuman madu. Maunya yg cepet tokcer. makasih ya! (Ma)

Jawab
Solcoseryl mbak. Cuman agak susah ngasihnya bentuknya jel butek. Cuman pas aku sendiri yg sariawan, aku pake, enak rasanya gak pedes kayak abothyl. menenangkan banget  [Na]

Mycostantin aman utk anak² batita. Malah anak² saya pas masih bayi 8 bln pernah sariawan, dan sama DSAnya dikasih obat ini. Rasanya juga enggak pahit, jadi anak² pasti suka. Apalagi kalo disimpennya di dalam lemari es, pas dipakein rasanya adem banget. Saya juga kalo lagi sariawan pake mycostantin ini. Cukup manjur juga, 2 kali pake, sariawannya trus sembuh. [Ri]
 
Mbak, kalo aku kena sariawan biasanya aku kasih salep Kenalog yg diolesin ke sariawan-nya. 2-3 hr langsung sembuh, aman tertelan kata dokterku. cuman aku nggak tahu apa Kenalog ini aman buat batita ? coba ditanyain ke DSA-nya [An]

Yang diolesin bisa coba salah satu dari kenalog atau daktarin oral gel khasiatnya sama saja. kalau mycostantin mengobati dari dalam, kalau yg gel mengobati lukanya. [Vi]

Mycostatin obat jamur, bukan untuk sariawan. biasanya dipake untuk lidah putih di bayi. obat lain untuk sariawan, ada Kenalog (tapi harus resep dokter,  kecuali klu bisa dapet di pasar). Trus ada juga obat cina, bubukan  warna hijau, namanya aku ngga' tau (abis tulisan cina). Rasanya pahit  banget. Botolnya kecil mungil. Sebetulnya kalau untuk anak², sariawan cepet sembuhnya. Sel² mereka cepet banget tumbuhnya. Kasih jus buah dan buah banyak² aja. Obat ngga' terlalu ngaruh. take care, [Qu]

Kalau aku dikasih enkasari 1 sdm/hr untuk anakku 2.5 th. Soalnya ramuan enkasari dari bahan alami (sirih / saga/kayu manis) sebetulnya boleh ngga sih? [Ma]

Kalau anaknya udah bisa kumur sih ngga' papa, kalau ditelan sebaiknya jangan, panas di perut. [Ni]

Mbak, enkasari bukannya memang untuk dikumur lalu ditelan? emang ngga' boleh ya- [Ma]

Kalau anakku sudah mulai susah makan, pasti ada masalah sama mulutnya dan aku kasih Mycostatin. Kadang ² kali pakai udah enak lagi makannya. Tapi belakangan aku denger Mycostatin itu termasuk obat antibiotik. Bukannya antibiotik itu selang waktu pemakaiannya nggak boleh sembarangan? Aku jadi takut sembarangan memberikan Mycostatin ini, padahal aku udah merasa cocok sama obat ini. Tolong dong sharing dari moms yang mengetahui mengenai pemakaian Mycostatin ini.  [Su]
 
Mbak Ma, Anakku juga sering sariawan dulu, tapi berdasarkan advise beberapa teman, sekarang udah jarang sekali sariawan. Ada 2 tips untuk pencegahan sbb :
1.        Rebusan akar alang²,  Beli akar alang², biasanya di Hero yang banyak. Direbus terus dikasih gula batu. Simpan di lemari es dan  bisa diminumkan setiap saat. Biasanya sekali rebus aku pakai untuk 2 hari. Minuman ini bagus sekali utk  mencegah panas dalam yang biasanya menimbulkan sariawan.
2.        Lemon Honey (resep dari Australi) Satu jeruk lemon diperas, campur dengan 2 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari 1 sendok teh. Simpan di lemari es, bisa untuk 2 hari. Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anak juga gak gampang batuk pilek.  Semoga berguna ya! (Ir)
 
Kalo yg. tokcer  Abotil, tapi habis dikasih langsung nangis kejer dan takutnya nggak mau lagi diobatin kapan². Yang agak² bersahabat cobain Kenalog Oralbase. Sariawannya tertutupi salepnya. Cuma nggak tau juga boleh buat anak² nggak atau ada nggak yg. versi anak²nya. Anakku pernah pecah bibirnya kejedot kening temennya pas lari², aku kasih itu juga. Cepet kok sembuhnya. Minimal nggak rewel anaknya. (Ri)
 
Boleh kok mbak, anakku pernah diresepin kenalog in orabase soalnya (St)
 
Kalau aku biasanya suruh anakku kumur² pake cairan antiseptik spt Bactidol (kebetulannya rasanya strawberry jadi dia suka² aja). Kata eyangnya yg kebetulan apoteker, cara yg paling cepet dan 'manusiawi' (abotil juga cepet tapi sakitnya minta ampun) adalah cairan antiseptik itu. Malah kalau nggak lagi sakitpun kumur² itu bagus utk pencegahan. Aku sendiri kalau tenggorokan udah mulai gatal langsung kumur² bactidol, drpd ke dokter pasti dikasih antibiotik. Kalau sariawan kumurnya di mulut aja tapi kalau tenggorakan gatal ya agak dalam sedikit di kerongkongan. Satu lagi obat sariawan yg menurut aku cukup ampuh adalah obat cina (bentuknya bubuk) namanya lupa, warnya hijau, murah banget, biasanya di toko² kecil/warung suka jual. Aku suka juga pake itu. (In)
 
Mbak, anakku umur 1 tahun 5 bulan boleh gak minum akar alang-alang nya ? (Ni)
 
Mbak, menurutku aku , krn itu tumbuh²an dan gak mengandung bahan kimia, gak apa² kali ya. kan sama seperti minum juice buahnya. mungkin kasihnya 1 sendok makan aja dulu, buat perkenalan. biar gak gampang panas. sama dengan ortu jaman dulu, biasanya bayi dikasih kopi 1/2 sendok teh buat nguatin jantung katanya. mbah-ku tuh yg rajin minumin anakku, pas dia lagi ngopi pagi n sore. (Ir)
 
Mbak,  bactidol kalo ketelen bagaimana? soalnya anakku blom jago kumur² baru belajar, kalau gosok gigi masih sering ditelen. (Ma)
 
Kaya'nya nggak papa deh, asal jangan sebotol! (In)
 

 
 

2007-06-18 22:10:30

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org