Jerawat - Artikel   
SHARING

Vaginoplasti & Senam Seks
Sumber: Ibu-ibu Milis DI

"Sekedar berbagi info saja. Aku pernah baca, ibu yang melahirkan anaknya lewat vagina memang akan berkurang 'tekstur' di ruang dalam vagina-nya. Terasa signifikan, kalau sudah melahirkan 3 anak. Jadi  karena teksturnya juga sudah semakin tipis, mungkin suami juga mulai merasa 'kurang enak'. " (Ri)

(NI)
Bila berintim-intim, kita ingin selalu cepat selesai lantaran capek, itu pertanda kita perlu melakukan senam kebugaran seksual.

"Salah satu faktor penyebab masalah seksual yang terjadi di masyarakat adalah faktor fisik yang sebagian bisa diatasi dengan senam kebugaran," kata Prof. DR. dr. Alex Pangkahila, M.Sc.Sp.And. Ada pun faktor fisik yang menimbulkan masalah seksual, biasanya disebabkan oleh penyakit danbukan penyakit. "Nah, yang bukan penyakit ini, selain bisa dikarenakan faktor psikologis, juga lantaran kurangnya keterampilan dan faktor ketidakbugaran."

Yang dimaksud bugar, kita tak menanggung beban ketika melakukan suatu tugas tertentu secara umum. Misal, orang yang tidak bugar akan tersengal-sengal ketika harus menaiki tangga. Sementara yang bugar akan terlihat santai-santai saja. Dalam kaitan dengan hubungan seks, "Biasanya, orang yang tak bugar ketika melakukan hubungan seks ada kecenderungan selalu ingin cepat selesai karena cepat merasa capek," papar androlog dan seksolog yang mukim di Bali ini.

Jadi, agar tidak cepat lelah, apalagi yang harus kita kerjakan kecuali dengan melatih diri. "Salah satunya, ya, dengan kebugaran jasmani yang dilatih. Termasuk melatih kebugaran otot-otot dasar panggul dan otot-otot pendukung, seperti paha bagian dalam, perut, punggung, serta otot-otot sekitar vagina." Selain juga melatih jantung, paru-paru serta otot-otot gerak seperti otot kaki dan tangan. Intinya, semua otot di tubuh dibuat bugar dengan senam ini.

Perlu diketahui, gerakan senam kebugaran seksual antara pria dan wanita sebagian besar sama. Bedanya hanya pada otot dasar panggul. Otot panggul yang dimiliki wanita lebih lebar ketimbang pria. "Jadi, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan oleh wanita, sedangkan pada lelaki tak bisa."

Satu hal lagi, untuk menjadi bugar, kita tak harus menjalani senam kebugaran saja. Semua jenis olahraga boleh dijajal asalkan sesuai dengan kaidah ilmiah. Jadi yang terpenting, bila kita ingin selalu bugar agar kualitas seks prima, maka sesibuk apa pun, kita harus menyisihkan waktu untuk berolahraga! 
 
(FA)
Yang Harus Diperhatikan

Agar senam kebugaran seksual atau juga dikenal sebagai Total Sexual Fitness tak menjadi percuma, perhatikan FITT-nya!

Frequency (Frekuensi)

Minimal harus dilakukan 3 kali dalam seminggu sehingga sesuai dengan zona latihan. Perlu diketahui, bila seseorang beristirahat dari berolahraga lebih dari 48 jam, maka ia harus mulai dari awal kembali. "Jadi, kalau hanya bisa sekali seminggu, lebih baik etidak usah dilakukan saja," tegas Alex.

Intensity (Intensitas)

Berat-ringannya latihan harus dihitung berdasarkan denyut nadi yang disesuaikan dengan usia. Jadi, kemampuan dan kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, tak bisa disamaratakan. "Memang, di usia 39 tahun, proses penuaan sudah terjadi sehingga fungsi organ-organ tubuh menurun hingga 25-50 persen, tergantung berbagai faktor."

Namun, kebugaran tak berkaitan dengan usia, lo. Orang yang berusia lebih muda belum tentu lebih bugar daripada orang yang usianya lebih tua. Hal itu bisa terjadi kalau proses penuaan terus dilatih untuk diperlambat, bukan dihentikan karena proses penuaan tak bisa dihentikan. Bila semua itu sudah dipersiapkan sejak dini, penuaan bisa dimundurkan hingga 20 tahun. Sehingga ketika usia 50 tahun, kondisinya seperti orang berusia 30.

Type (Tipe)

Tipe latihan harus disesuaikan dengan usia dan tipe orang. Dari segi usia, misal, jika sudah berumur 30 tahun ke atas sebaiknya tak memilih olahraga lari, tapi cukup jalan cepat. Sedangkan dari segi tipe, contoh, orang gemuk (kriteria BB-nya 13,5 kg lebih berat dari BB ideal) sebaiknya tak memilih lari atau jalan karena akan mengakibatkan cedera. Olahraga yang cocok bagi tipe gemuk adalah berenang atau bersepeda.

Time (Waktu)

Lama waktu berolahraga minimal 30 menit. Menurut teori baru, lama waktu 30 menit itu bisa dicicil sehingga tidak harus terus-menerus. Jadi bisa saja, di pagi hari kita berolahraga selama 15 menit lalu siang 15 menit lagi. Risikonya, kita harus melakukan pemanasan berulang-ulang. Jangan lupa, lama waktu pemanasan yang sekitar 5 menit tak dihitung sebagai olah raga. "Jadi kalau dihitung-hitung sebenarnya malah lebih banyak memakan waktu."
 
(HA)
Gerakan Senam Untuk Kebugaran Seksualitas

Berdiri tegak dengan kaki dibuka 45 derajat. Arahkan kedua tangan ke depan. Tarik napas panjang. Saat mengeluarkan napas, fokuskan pikiran untuk menarik otot perut ke dalam. Kencangkan semua otot perut dan bokong. Tahan kontraksi sekuat mungkin dan ambil napas saat merelaksasikan otot perut. Lakukan 1 X 8 hitungan.

Berdirilah di atas lutut. Rentangkan tangan ke samping. Tarik napas, lalu buang pinggul ke arah kiri. Saat mengeluarkan napas, kencangkan otot bokong dan perut sekuat kemampuan. Tahan kontraksi, lalu relaks. Lakukan hal yang sama dengan pinggul dibuang ke arah kanan. Ulang masing-masing 1 X 8 hitungan.

Ambil posisi seperti di gambar. Tarik napas. Saat mengeluarkan napas, kencangkan otot bokong sekuat kemampuan. Tahan kontraksi,lalu relaks. 

Rebahkan tubuh, tekuk lutut 90 derajat. Tangan berada di samping. Angkat tubuh ke atas. Tarik napas. Saat mengeluarkan napas, kencangkan otot perut dan bokong. Tahan kontraksi, lalu relaks. Ulang 1 X 8 hitungan.

Rebahkan tubuh dengan posisi menyamping. Angkat kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Tarik napas. Keluarkan napas sambil mengencangkan otot perut dan bokong. Tahan kontraksi semampunya, lalu relaks. Lakukan juga dengan kaki sebelah kiri. Masing-masing ulangi 1 X 8 hitungan

Duduklah di tepi sebuah kursi, tahan beban tubuh dengan kedua tangan, lalu lepaskan bokong dari kursi. Tarik napas. Selagi mengeluarkan napas, kencangkan otot perut dan bokong. Tahan kontraksi, lalu relaks. Ulangi 1 X 8 hitungan.

Ambil posisi push up dengan kedua tangan bertumpu pada sebuah kursi. Tahan napas. Ketika mengeluarkan napas, kencangkan otot perut dan bokong. Tahan kontraksi, lalu relaks. Ulangi 1 X 8 hitungan. (Ma)

"Maaf kalau terkesan kontroversi, hanya opini saya. Kok ada ya suami yang menyarankan istri demikian. Kalau nyaranin untuk BL/kegel sih masih wajar kali ya?Tapi kalu sampai menyuruh vaginoplasti? Kita perlu tanda tanya. Bukankah setiap wanita sudah kodratnya demikian-dalam arti si suami hanya mau enaknya saja dengan jalan pintas istri harus melakukan operasi tsb? Kalau untuk  BL/kegel emang sangat membantu sekali - bukan bertujuan menyempitkan tapi paling tidak' mengencangkan otot sekitar panggul." (Mi)

"Sekedar nambahin, aku kebetulan ikut BL di sanggar senamnya Minati. Udah lama juga, sekitar 5 tahunan tapi sempet 'cuti' juga pas hamil. Menurut aku sih gerakanČnya banyak juga yang sebetulnya termasuk senam kegel dan senam seks, terutama pada saat senam lantainya. SO far sih aku merasa olah raga ini cocok banget sama aku mengingat usia (udh mid 30 nih!) karena tidak high impact tapi keringatannya cukup banyak. Kalau dalam seminggu tidak senam rasanya badan tidak enak. Jadi, kalau aku pikir sih sebetulnya semua olah raga dpt meningkatkan vitalitas kita (juga vitalitas si the big 'S'!), cuman memang hrs disesuaikan dg. umur kita" "Aku sih ikut yang di Kebayoran (jl.prof.dr.supomo), tapi memang dia buka cabang juga di tebet (aku tidak tau persisnya). Biayanya 350.000 per 10 kali datang". (In)

"Setiap hari juga ada kecuali minggu dan hari libur. Kalau yang malem ada juga jam 18.30-19.30, aku sering juga ikut yang jam segini. Paling enak sebetulnya  hari Sabtu pagi, jam 08.30 dan jam 10.00. BCM itu apa ya? Tapi kaya'nya beda deh. Kalau yang aku tahu yang metodenya sama adalahnya BLnya minati sama BLnya Roy Tobing (dulu di PI). Menurut aku untuk BL (sekarang Minati ganti jadi Body Performance), yang disanggarnya Minati ini yang paling oke, karena instrukturnya bagus (dalam arti gerakan kita di pantau bener, sudah betul atau tidak), juga cukup 'strict'. Kalau baru mulai kita harus masuk 10 hari berturut-turut tanpa bolos, supaya efeknya optimal. Aku dulu juga pernah ikut BLČan di kantor tapi menurutku 'ngaco' banget. Abis urutan gerakannya semaunya, teknis kontraksi dan pernapasannya (ini yang paling penting) juga tidak bener. Soalnya aku juga pernah baca kalau BL ini rentan banget sama cedera, jadi pastikan gerakannya bener, pemanasan dan pendinginannya juga cukup. Nama senamnya Primadona"  (In)

2003-07-29 03:28:12

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org