Jerawat - Artikel   
SHARING

Sekolah Motorik Halus & Kidsport
Sumber: ibu ibu DI

Tanya :
Mau tanya, playgroup Kidsport yang ada di Pondok Indah Golf itu apa ya bedanya sama Tumbletots ? Kalau di Tumbletots  kan lebih banyak
diasah motorik kasarnya, jadi kegiatan sekolah 45 menit hanya naik tangga, papan luncur, koprol, dll. (acara nyanyinya juga cuma sedikit). Apakah Kidsport menerapkan pendekatan yang sama? Apakah memang semua preschool untuk 2 tahun itu cuma motorik kasar karena motorik halus memang baru bisa diajarkan pada umur 3 tahun ke atas ?

Jawab :
Kidsport ada 2 macam kelas, yang kelas motorik kasar, persis sama dengan Tumbletots, bedanya kalau playgroup  pakai bahasa Indonesia, ada aktifitas motorik halusnya. Aku kurang jelas motorik halusnya diajarin apa, karena anak ku dulu tidak ikut kelas yang itu, tapi yang aku tahu pasti, nempel, gunting, ngelem gitu. Sepertiyna yang di Kidsport yang motorik halus ada yang mulai 1,5 th, mini kids club namanya di sekolah anakku juga mulai dari 2 th, ada motorik halus juga banyak kok sekolah yang untuk 2 th ada motorik halusnya (Di)

Di Kidsport ada playgroupnya yang seminggu 2x dengan masa belajar 90 menit, lebih banyak motorik halusnya seperti: menggunting, ngelem & ada break untuk makan snack (termasuk) dan ada jadwal kunjungan ke luar kelas (outdoor). Di kelas ini mulai belajarnya mengikuti tahun
ajaran yang umum berlaku mulai setiap Juli. Sedangkan yang masa belajarnya seminggu sekali, lebih banyak motorik kasarnya seperti: meniti titian balok, jungkir balik & loncat. Dimulai dengan 10 menit pertama si pendamping (BS or Ortu) bercerita/ sharing sesuai tema hari itu. Lanjut nyanyi bersama plus gerakan badan. Terakhirnya gerakan yang dicontohkan oleh kakaknya dan anak bebas mengikuti di setiap arena yang sudah disiapkan. (Sa)

Kebetulan anakku sekolah di kidsport Bintaro. Memang benar ada 2 jenis kelas di kidsport, pertama kelas untuk motorik kasar dan yang berikutnya kelas semacam playgroup. Anakku pertama kali ikut kelas mini club, melatih motorik kasar untuk usia 2-3 tahun (kelasnya +- 50 mnt dan seminggu sekali), kemudian pas anakku ultah 3 tahun kemaran, aku naikkan ke kelas Kids Club Mini (KCM) seminggu 2 kali (+-1,5 jam) untuk range umur 18 bulan - 2,5 tahun, disini anak-anak diajarkan menyanyi, mewarnai, mengelem, dll (aktivitas motorik halus), mengenal angka, nama hari, dll, juga ada senam (untuk motorik kasar) juga tapi tidak seheboh di kelas mini club. Di KCM ini pendamping masih boleh masuk kelas dengan si anak, tapi katanya untuk tahap berikutnya KCA & KCB, pendamping tidak boleh masuk kelas, untuk mengajarkan anak lebih mandiri. aku sich belum coba trial. Tapi konsepnya kayaknya setara seperti playgroup. Mungkin ajaran baru nanti anakku mau coba naik kelas ke kca atau kcb. Item pembayarannya antara lain:
-      Bayar uang keanggotaan, ada 3 jenis keanggotaan:
a.      Keanggotaan tetap (berlaku sampai anak umur 12 tahun)
b.      Keanggotaan 1 tahun
c.      Keanggotaan 3 bulan
-      Bayar uang bulanan (tergantung jenis kelas yang diambil)
Kebetulan aku ambil keanggotaan yang tetap (tahun lalu sekitar 1 jutaan, dapat diskon karena nasabah bank niaga), jadi bayarnya hanya
sekali tidak perlu perpanjang lagi. Pertimbanganku karena:
-      Keanggotaan kidsport berlaku untuk 1 keluarga, artinya kalau kakaknya sudah anggota kidsport, adiknya kalau mau ikut kelas tidak perlu bayar keanggotaan lagi, cukup bayar iuran bulanannya saja. Kebetulan Anakku sudah ada adiknya, jadi lebih hemat, adiknya tidak perlu bayar lagi uang pangkal
-      Misalnya anakku yang pertama nanti sudah TK, keanggotaanya bisa diwariskan ke adiknya,  jadi tidak hangus, diteruskan oleh adiknya.
-      Enaknya lagi ikut trial kelas saja, biar lebih jelas gambarannya, gratis kok. Kalau kidsport di Bintaro, terus terang aku puas sama kakak-kakaknya, mereka care. Kalau mbak ambil kelas yang seperti playgroup (KCM, KCA & KCB) ada acara jalan-jalan keluarnya (kemarin ke seaworld, taman safari, berenang, dll) kalau di kidsport pengantarnya bahasa indonesia, justru ini yang aku cari, karena sebelumnya anakku ngomongnya susah sekali. Kalau pengantarnya bahasa inggris takut anakku tambah susah bisa ngomong. Dan terbukti juga sih, beberapa bulan di kidsport (pertama kali ikut motorik kasar), kemampuan berbicaranya lumayan pesat dan sekarang jadi cerewet sekali. (De)

Di Shining Star tempat anakku, mengelem, menempel sudah diajarin sejak dia masuk (2 tahun) kelas baby (1,5 - 2 th), menggunting diajarin setingkat di atasnya, kelas toddler. Jadi pas anak pagi masuk kelas, anakku ambil gambarnya (seperti motonya gitu), misalnya gambar bintang, atau bulatan, lonjong etc, terus dilem sendiri dan ditempelkan sendiri di sebelah fotonya. Motonya/gambarnya tidak berubah, jadi dia tahu kalau gambar itu adalah gambarnya dia. Kelas Toddler kemaren banyak sekali acara potong memotong gambar dan ditempelkan di kertas, juga ada latihan mewarnai/memegang pensil. Yang ini anakku belum lulus. Sejak dia minta gunting, kalau di rumah sudah aku kasih gunting yang besar (sebelumnya belum tahu kalau di sekolahan t'nyata diajarin nge-gunting juga), bukan yang kecil/ujungnya tajem. Lalu dia menggunting sendiri dengan ada aku ato mbaknya. Tidak pernah ditinggal sendiri saat dia pegang gunting. Jangan pernah kasih gunting yang tidak tajem, yang tumpul, soalnya cuma bikin anak frustasi Kalau anakku berhasil menggunting putus kertasnya, dia seneng sekali. (Se)

Namanya kidsclub mini, mulai 1,5 tahun. Untuk yang diatasnya kidclub A 2-3 th, lalu KidsClub B 3-4 th. Kalau masuknya tidak pas awal tahun ajaran tidak usah takut bayar uang field trip yang sama, karena akan disesuaikan dengan anak itu masuknya pada bulan keberapa. Kalau anakku motorik halusnya bener-benar baru pengenalan (di KCM) jadi si anak juga belum pegang gunting, baru ngelem, menyambung garis-garis (bukan titik-titik) dengan crayon. Lebih banyak story tellingnya, lalu mengenal angka dan kata contoh kayak kemaren, dikasih piring kertas, wol putih, sama cat pentel merah yang sangat cair. Kakaknya mengajak bikin mie, dan si anak disuruh nempel wol putih ke kertas piring. Setelah itu dikasih saosnya (si cat merah itu). Anakku masuk kcm itu umur 2 tahun kurang dan kebetulan saja memang sudah lancar ngomong tapi kalau di kelas malah pendiam, sementara aku lihat ada anak yang belum lancar ngomongnya tapi tetep bisa aktif, karena tetep ada motorik kasar (seminggu seklai main di adventure challenge yang bikin capek). Umur 1,5 sudah boleh kcm. Dulu anakku umur 1,5 trialnya dan dia sudah suka sekali, mungkin dia justru memang malas disuruh motorik kasar terlalu banyak, lebih suka menulis, mendengarkan cerita, tergantung anaknya. (Na)

Kalau menurut aku yang bener kemampuan motorik halus itu tidak harus diperkenalkan pada usia 3 th. Sedini mungkin kalau bisa. Corat-coret asal-asalan pakai crayon umur setahun pun sudah bisa. Atau ajarin dia buka kancing bajupun juga kemampuan motorik halus. Dan sekolah yang betul adalah sekolah yang 'mengajarkan' kedua skill tersebut secara balanced.  (In)

Soal motorik halus, umumnya di playgroup sudah diajarin kok. Anakku di Montessori sudah diajarin menggunting, mengelem dan pakai baju/sepatu, bahkan sampai mencuci piring habis makan. Tergantung sekolahnya, tapi pada umumnya udah. Soalnya kemarin dia baru di tes' masuk preschool, salah satu yang diuji ya itu, menggunting, membuat lingkaran dengan krayon, naik turun tangga, mengikat tali juga.  Anakku dimasukin ke Tumble Tots pas dia sudah bisa jalan, kira-kira umur 10 bulan. Setelah dia lewat 1.5 tahun dia sudah kayak cucakrawa alias cerewet sekali dan akhirnya supaya kecerewetannya tersalurkan, aku masukin ke playgroup Montessori di dekat rumah. Di situ dia mulai diajarkan bermacam keterampilan motorik. Ada laporannya tiap kuartal, jadi untuk kuartal ini yang akan diajarkan apa, nanti di akhir kuartal ada laporan perkembangannya. Kira-kira dia sudah mulai diajarkan menggunting itu pas dia 2.5 tahun. Ada yang bawa gelas berisi pasir, berisi air, terus mindahin kelereng dari meja ke kotak, menggambar mengikuti titik titik, dll, pokoknya lengkap. Selain itu diajar menyanyi dan menari juga. Sekarang lagi belajar menjahit pakai jarum besar (yang plastik dan tidak tajam) dan benang wol. Kemarin waktu dia 'test' untuk masuk preschool, juga disuruh menggambar lingkaran, ada yang disurh menggunting, bikin bentuk macem² dari lilin (malam/plasticine) itu. (Mi)

2003-08-08 10:58:37

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org