Jerawat - Artikel   
SHARING

Pembengkakan Kelenjar Tiroid
Sumber: ibu ibu DI

Tanya 
Di leherku ada kelenjar yang membengkak. Aku sudah periksa ke dokter bedah, katanya aku terlalu over aktifity. Tolong infonya tentang penyakitku ini dan terapinya juga.(Amb)

Jawab
Aku pernah mengalami hyperthyroid jadi sedikit banyak tahu mengenai penyakit ini. Sejauh yang aku tahu, penyakit thyroid ini dibagi atas : hyperthyroid (kelebihan kelenjar thyroid), euthyroid (kondisi normal) dan hypothyroid (kekurangan kelenjar thyroid). Gejala dari penyakit hyperthyroid (ini berdasarkan dari apa yang aku alami) : Susah tidur, detak jantung lebih cepat dari kondisi normal, berkeringat, sering bab, rambut rontok dan mata menjadi lebih besar. Penyebabnya kalo tidak salah bisa karena stress, perubahan hormon, dan lain-lain. Pada saat aku mengalami hyperthyroid, selama 10 hari berat badan aku langsung susut 7 kilo dan badan sangat lemas, karena detak jantung pada saat aku duduk = detak jantung orang habis lari. Pengobatannya adalah emosi aku harus stabil. Dalam arti aku tidak boleh terlalu senang maupun sedih, aku juga harus meminum obat, dan melakukan pengecekan hormon T3, T4 dan TSHs setiap 1 bln sekali kemudian bertahap menjadi 3 bulan, dan 6 bulan sekali. Semua itu harus terus dijalankan sampai dengan kondisi normal. Dalam kondisi normal sekalipun, obat dan pengecekan darah secara rutin harus tetap dilakukan. Jadi aku harus terus minum obat setiap hari. Namun karena aku pasien yang bandel, aku keukeuh untuk untuk  off obat, dengan alasan takut ginjal aku terkena efek dari obatnya, padahal dokter sudah menerangkan, bahwa obat tersebut tidak akan berpengaruh terhadap ginjal, namun aku tetap bertahan dengan opini aku. Saat itu, dokternya tanya sudah berapa lama aku off obat dan dia lihat result dari lab test aku. Karena saat itu kondisi hormonku  sudah masuk ke dalam kondisi euthyroid (normal), maka aku boleh  tetap off obat dengan catatan min 6 bulan sekali, aku harus tetap  cek lab. Walaupun kondisi aku sudah normal, tetapi sewaktu aku hamil  aku tetap dipantau oleh 2 dokter : dokter kandungan dan dokter  endokrin, untuk menjaga agar selama kehamilan itu hormon thyroid itu  tidak lebih atau kurang. Kalau mau berkonsultasi bisa dengan dokter  endokrinku, yaitu Dr. Gatut, praktek di RS. Hermina Jatinegara dan  RS. YPK.(Feb)

Coba pengobatan dengan aromatherapy dari Bel Air? Bisa pakai  Lavande & Green tea. Believe it or not, yang punya masalah dengan jantung, sampai batal dibalon setelah pemakaian Green tea. Cara masangnya mudah sekali : hanya perlu api selama max 2 menit, sampai cukup panas pada catalytic burnernya, terus tiup, aromatherapy mulai bekerja. Satu jam saja juga cukup. Karena dari hasil lab di tiap negara pemakai dengan pemakaian 1 jam saja, sudah bisa mengurangi bakteri dan jamur sampai 1/2nya pada ruangan tersebut (efektif smp 60m2) dan efeknya masih akan terasa sampai 3-4jam selanjutnya.Kalau lagi ramai, bisa diletakkan di tengah ruangan. Paling efektif,saat kita mau tidur pasang di kamar, jadi besoknya segar. Cara kerja singkatnya seperti: Essential oil + botanicool sebagai carriernya, selama proses pembakaran melepaskan atom monooksigen, lalu bertemu dengan oksigen pada udara sekitarnya jadi terbentuk Ozone (O+O2=O3). Ozone ini, yang membersihkan udara dari jamur/bakteri/bau. Ozone ketemu ozone lalu jadi 3 molekul Oksigen (O3+O3=3O2), yang menambah kadar oksigen dalam ruangan. Pada suhu pembakaran stabil, catalytic burner menyebarkan aroma dan phytoncidere dari essential oil tadi. Lebih efektif lewat penciuman, daripada essential oil melalui pemijatan, karena perlu waktu 2 jam untuk menyerap kulit dan masuk ke pembuluh darah. Ini yang disebut limbic system, seperti dibius lewat hidung hanya dalam hitungan 1-2-3 dibanding yang disuntik.Essential yang kita miliki dengan khasiat yang berbeda ada 21 macam.Untuk problem thyroid, aku sarankan menggunakan green tea dan/atauLavande. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi info@dunia-ibu.org (Dia)

Aku juga menderita penyakit seperti itu. Menurutku, selama pembengkakannya tidak mengganggu, mendingan jangan diotak-atik.Kalau penyakit yang aku derita sudah cukup mengganggu, sebab kalau menelan terasa ada yang mengganjal. Selain di luar, kelihatan di leher bengkak. Akhirnya diputuskan untuk operasi. Sebelumnya diperiksa dulu, apakah kelenjar itu cancer apa bukan. Aku sempat dibiopsi, dan saat mau operasi difoto rontgen yang di leher aja, (sebelum foto, disuntik obat dulu lalu 30 menit kemudian baru foto). Hasil operasi, menunjukan adanya Hipertiroid yang cold. Artinya terjadi hipertiroid, tetapi tidak akan bertambah atau menjalar. Sekarang sudah tidak bermasalah lagi. Setahuku tidak ada terapinya. Kata dokter, ini akibat seringnya mengkonsumsi antibiotik tapi tidak habis. Tapi bisa juga sebab-sebab lain.(Mar)

2003-12-01 13:54:27

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org