Jerawat - Artikel   
SHARING

Migren / Migrain
Sumber: ibu ibu DI

Tanya 
Bagaimana pencegahannya agar migren tidak kerapkali datang? (Sus)

Jawab 
kalau aku, pantang berpanas-panas dibawah sinar matahari langsung, dan juga minum air es sehabis panas-panasan atau perut sedang dalam
keadaan kosong, kadang posisi tidur yang salah atau bahkan sakit gigi juga bisa jadi pemicu lho, terus perut jangan dibiarkan kosong, telat makan juga bisa jadi pemicu, tapi anehnya kalau puasa tidak pernah aku merasakan migren istirahat yang cukup, jauhi kopi, jangan stress dan minum vitamin, dijamin si migren akan rada menjauh, tapi kalau ssudah menyerang juga, usahakan berbaring, rileks, minum teh hangat dan tidur sejenak (Yud)

Sampai sekarang akupun tidak tahu bagaimana mencegah Migren menyerang, hanya beberapa hal saja yang aku lakukan :
- Selalu pakai kaca mata Hitam dan topi di tempat Panas, karena sinar silau dan panas adalah penyebab Migren yang utama
- Usahakan makan tanpa zat kimia : MSG, Ragi, Pengembang yang banyak (jadi aku rajin bikin kue yang bebas bahan kimia)
- Kalau terpaksa makan di Rumah makan Cina yang banyak MSG-nya, selalu pesan minum TEH Cina, aku rasakan Teh Cina ini menteralisir
efek buruk MSG
- Kalau tanda-tanda migren mau menyerang, segera usahakan istirahat, kalau tidak memungkinkan istirahat dan load kerja tinggi, minum
Cafergot
- kalau mau haid rajin-rajin minum Vitamin B komplek, dan B12
- Kalu bisa hindari pencetus migren, cuma aku kadang tidak tahan, mana tahan sih kalau di depan mata ada Sacher cake yang menggoda atau cheese cake yan lezat, disinyalir cokelat dan keju ini pencetus migren juga . Hanya itu saja yang aku usahakan untuk bisa dilakukan sekarang. (IK)

sejak pakai aromaherapy migrain ku berkurang banget, pakai oilnya yang khusus untuk kepala, [sa]
untuk info lengkap silahkan kunjungi www.belairku.com

Tanya
apa migren juga akan menyebabkan mimisan?, itu yang sering kejadian kalau migren suamiku kambuh. (Sus)

Jawab 
setahuku kalau badan kita capek plus kurang sayur + buah maka bisa kena mimisan (cmiiw). Konsumsi sayur + buah + vitamin + istirahat yang cukup, Insya Allah migrennya tidak dateng (Yud)

Menurut dokterku migren penyakit yang banyak pencetusnya, mungkin pada sebagian orang kurang buah dan sayur bisa menyebabkan migren kambuh, tapi pada sebagian orang lain tidak seperti itu. Contohnya aku, aku migren sejak kelas 4 SD, dan aku maniak buah dan sayur, tiada hari yang lewat tanpa sayur dan buah. Tapi itu tidak menjamin Migren tidak datang, lupa bawa kacamata hitam pas nyetir siang terik, pulangnya pasti dikunjungi si Migren. Telat makan gara-gara meeting, jangan heran kalau setelahnya terkapar karena migren, Makan bakso, terus lupa minum teh hijau, si Migren pasti berkunjung,  repot ya, makin tua kudu hati-hati banget sama perilaku makan (IK)

Tanya
Aku juga dari SMA sudah migren, kalau berpanas-panas harus pakai kacamata hitam, ataupun payung. Tapi sekarang aku kalau kumat migrennya sering mual dan muntah-muntah, kepala rasanya mau pecah, badan lemas. Terus kata temanku harus ke dokter syaraf yah? (LB)

Jawab 
Iya, kalau parah suka sampai begitu, tapi aku sih tidak sampai muntah-muntah (kayaknya aku susah muntah, kalau lagi hamil saja tidak pakai muntah-muntah). Aku pernah ke Dr syaraf, 3 dokter malah, ditherapi macam-macam, tapi tidak sembuh, Dr sendiri bilang, belum ada obat untuk sembuh, paling mengurangi derita.:-)Terus ke Akupuntur juga sudah, ya sami mawon, akhirnya cuma bisa menghindari pencetus saja dan banyak Olah raga. (IK)

Kakak iparku bukan lagi migren tapi lebih parahnya lagi, dia ada gangguan gelombang otak. Dan, pokoknya seminggu sekali pasti kambuh dan sakit sekali, sampai dia komentar seperti ssudah tidak akan hidup lagi, saking sakitnya kali ya. Dan obat dari dokter ssudah tidak mempan, yang akhirnya dokter sendiri memberi obat yang mengandung obat bius, sampai melahirkan pun juga harus caesar. Dosis biusnya sudah tidak mempan, karena sudah biasa. Akhirnya, dia berhenti dari obatnya, dan dia cari alternatif, akhirnya ketemu akupuntur, tapi ini tidak menghilangkan hanya mengurangi, kambuh tetap, jadi seminggu sekali pasti ke akupuntur. Nah, kemudian ada elken, pernah denger kan? dia menyediakan minyak ikannya. Sebenernya kakak iparku sudah putus asa, cuma minyak ikan, dari dulu juga minum, tidak mempan. Tapi karena banyak yang pengalaman, dan ikannya pilihan, dia coba, alhamdulillah, setelah konsumsi itu selama 2 bulan kemudian, si sakitnya itu jadi tidak kambuh lagi padahal sudah sebulan, dan akhirnya sampai sekarang, sehari minum 1 butir minyak ikan, dan tentu dibantu spirulina itu (yang nutrisi tambahannya).Padahal cuma minyak ikan, tapi rasanya memang amis sekali. Dan setahuku kalau cuma migren, bisa 2 minggu - sebulan
sembuh.(Al)

Sudah pernah coba aromatherapy belum? Itu juga bisa mengurangi itu. Soalnya adikku juga migren & pakai aromatherapy bisa mengurangi frekwensi kambuh. (LC)

Aku juga pengidap migren sejak SMA sampai sekarang. Kalau kena serangan yang parah, bisa sampai mual-mual dan muntah-muntah. Ciri-cirinya ada juga yang sama dengan moms lain seperti, terkena panas matahari, apalagi setelah itu langsung masuk ruangan yang ber-ac, terlambat makan, sebelum atau sesudah mens dan ini yang agak malu-maluin, kebanyakan atau kekurangan tidur. Senang juga, ada yang mau sharing tentang penyakit ini. Setahuku juga, memang belum ada obatnya. Dan sebagai pengidap diharapkan menghindari segala hal pencetus penyakit ini. Pengalamanku ke dokter, biasanya hanya dikasih obat penghilang rasa sakit, dan anti muntah. Saat ini, kalau penyakit ini datang, aku coba istirahat dulu di kamar tanpa ada cahaya dan suara, biasanya bisa teratasi. Kalau parah banget, baru deh minum obat. Kabar terakhir, "Botox" yang digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah, juga bisa digunakan untuk pengidap penyakit ini. Aku lagi nungguin, mudah2an ditempatku cepat ada dan harganya tidak mahal. (LJ)

Sama deh sama aku, telat/kurang makan (misalnya sibuk, jadi makannya cuma asal ganjel perut, dijamin, tidak lama pasti kumat), kepanasan, kecapean, stress, ditambah kebanyakan makan coklat.Dan memang dokternya sih, selain menyarankan cek ke dokter syaraf (yang ntah kenapa aku justru ogah banget), juga menyarankan banyak istirahat. Paling sebel waktu aku ke dokter, bilang migren dan pusing, muntah, dokternya malah nyangka aku hamil. Kalau saran dokter selama ini, hindari penyebab, dan jangan cape-cape. Kalau kumat, selain tidur (dengan tumpukan bantal di atas kepala, bukan dibawah lho!), istirahat, dan cepat ,ngadem, aku minum neuralgin. Ini penyelamat banget, kalau kumatnya pas mau ada acara, aku minum dan bisa beraktivitas almost seperti biasa (80%) lah...paling muntahnya masih ada, dan setelahnya tumbeng berat. BTw, ada hubungannya dengan alergi tidka ya? Mau cari tau, ada faktor alergi tidak di migren. Aku alerginya banyak banget. Juga ada ketidak seimbangan hormon.(Di)

Tanya 
Botox itu apaan sih ??
Aku sendiri heran, kok bisa ya kalau kebanyakan tidur juga bisa jadi biang migren. Pernah lho saking capeknya, aku sampai tidur 12 jam lebih, pas bangun bukannya segar, malah migren.(IK)

Memang, serba susah kurang tidur sakit, kebanyakan tidur sakit.(LB)

Jawab 
Ini web tentang botox
www.botox.com Atau kalau mau lebih jelas lagi masuk ke http://science.howstuffworks.com
Siapa tahu, migren sembuh, muka kenceng terus, asyik kan. (LJ)

Yang pernah aku baca di majalah aura botox itu adalah suntikan  sebagai salah satu cara tampil awet muda, tapi untuk suntikan botox yang dilakukan secara ekstensif dan sering justru dapat menyebabkan kerutan baru. botox sendiri berasal dari racun sejenis bakteri mematikan yang menyebabkan botulism yang di murnikan, hanya boleh di suntikkan di dahi untuk menghilangkan kerutan di daerah tsb., (me)

Tanya 
Kalau aku, selain kurang tidur dan kelamaan tidur, kena panas matahari, telat makan dll, rambutku tidak boleh diikat lama-lama, kalau diikat agak  lama bisa langsung kena migren, dan kalau terima telpon juga tidak bisa kalau di jepit diantara pipi dan pundak, bisa kena migren juga. Biasanya pulang ke rumah aku cepat mandi, abis itu sudah segar lagi. Kalaupun masih berasa sedikit aku bawa tidur, besoknya biasanya sih sudah tidak migren lagi. Aku belum pernah makan obat-obataan. Pengin juga sih coba poldanmig (spell?) ada moms yang pernah coba tidak?. (Ell)

Aku justru ingin tanya migren itu sebenarnya bagaimana, sakitnya apa ditempat-tempat tertentu saja atau bagaimana? terus kita tahunya kalau itu migren atau bukan gimana? ciri-cirinya?Gini, aku kira-kira 2 tahun ini sering sakit kepala kadang cuma nyut-nyut saja, kadang sakit sekali sampai kalau dibenturkan ke dinding sudah tidak terasa lagi (hiks). Dipijit sekeras apapun sama suamiku tidak effek. Aku tidak pernah minum obat, karena masih menyusui sakitnya hilang sendiri, kalau lagi beruntung cuma dengan tidur sebentar sudah hilang. Migrenkah ini? oh iya, pencetusnya tidak jelas karena bisa muncul tiba-tiba saja dimana saja. Yang sudah jelas sih tidak boleh minum es disaat kepanasan, sudah pasti kumat deh. Aku sudah berencana mau ke dokter (kalau lagi kumat pengen ke dokter kalau sudah sembuh suka lupa.) Sebaiknya aku ke dokter spesialis apa ya Moms? kayaknya aku kepengen CT-Scan sekalian deh Moms. (Rat)

Jawab 
Dulu saya juga migrain, sejak SMA, sampai terakhir saya lagi hamil dan dikenalkan dengan kedua produk ini. Waktu melihat produk sih tertarik dengan komposisi vitamin dan mineral yang terdapat dalam produk, dan rencananya untuk si jabang bayi. Win EPA mengandung DHA dan EPA, sedangkan untuk Elken Spirulina mengandung nutrisi yang lengkap sekali. Ketahuan produknya bagus untuk Migrain juga justru ketika suami saya bertanya, biasanya kalau lagi kambuh, saya memang minta suami saya untuk pijitin, biar agak enakan. Setelah mengkonsumsi 2 bulanan, saya tidak pernah minta dia pijit lagi. Pada waktu itu baru saya sadar bahwa migrain yang saya derita sekitar 10 tahun itu sudah hilang, tidak ada keluhan lagi.Biasanya kalau hari agak panas, terlambat tidur, agak sibuk, kena sinar lampu yang terang, maka kepala ini sakit sekali. Biasanya selalu ada pencetus, dan itu harus dihindari, tetapi masalahnya apakah kita bisa tetap menghidari, apakah kita siap menderita/ sakit
terus, sementara alternatif pengobatannya ada. Memang mengkonsumsi Poldamix bisa mengurangi rasa sakit, tetapi hanya sebentar. Dia akan timbul dan timbul lagi, karena produk ini lebih cenderung menghilangkan rasa sakit, bukan menyembuhkan. Walaupun WIn EPA terbuat dari minyak ikan, tetapi Win EPA ini tidak mengakibatkan gemuk dan mengantuk. Tapi kalau memang takut gemuk, bisa mengkonsumsi Elken Spirulina, karena produk ini juga bisa untuk Diet. Dan kalau memang ada masalah dengan berat badan, bisa juga mengkonsumsi Win Tea. Cara mengkonsumsinya Konsumsi Elken Spirulina 3x5 tablet + 1 softgel Win EPA. Kebetulan saya baru bongkar-bongkar arsip buku, dan ketemu buku mengenai Migrain, karangan Sue Dyson. tebalnya ada 188 halaman. (Sus)

2004-04-29 20:50:06

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org