Jerawat - Artikel   
SHARING

Mengajar Anak Tidak Mengompol di Malam Hari
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Anakku 2 th 10 bulan sudah sukses melewati masa potty training siang hari sejak 2,5 thn. Awalnya dibiasakan kalau pergi tidak pakai pampers (pasti dia risi kalau mengompol di jalan, walau pernah juga kita kecolongan dia mengompol di kursi mobil, hiks..)lalu sekolah mulai tidak pakai pampers. aku bilang sama gurunya kalau dia lagi potty training, tolong ditemani kalau minta pipis, plus sorry kalau masih mengompol. Di tasnya aku bawakan baju ganti. tapi dari hari pertama potty training di sekolah, sama sekali tidak mengompol. suksees deh...
Nah repotnya yang malam hari masih belum bisa lepas dari pampers, bingung deh, soalnya kalau malam mimik susunya banyak, bisa 3 x 260 ml. Mana tahan bisa nahan pipis semalaman. Bagaimana ya cara mulai mengajari tidak mengompol malamnya? apa minum susunya harus berhenti
dulu ?  (Vi)

Jawab
Anakku kalau malam (pas tidur sampai bangun) sudah tidak pernah minum susu, terakhir minum susu jam 9 malem 240ml tapi tetap saja kalau malam pipisnya banyak. Kalau aku periksa diapernya pas pagi-pagi, penuhnya bisa buat nimpuk..:)) Terus kalau begini bagaimana? Apa memang dasar anaknya saja yang beser kali yee (Lid)

Sepertinya mamanya yang harus berkorban buat sering bangun dan bawa putrinya ke toilet, kalau sudah biasa kayaknya cuman didudukin di toilet saja sudah langsung bisa mancur loh, tapi yach memang kalau menyusunya banyak (formula) pasti banyak mengompol juga, atau pas sebelum naik tempat tidur (abis mimi') di pipisin dulu. (AMY)

Kayaknya buat yang satu ini kudu kitanya yang berani untuk memutuskan tidak pakai pampers lagi kalau malem. Buat aku sih memang sudah ku niatin, soalnya adiknya sudah mau lahir, kalau abangnya masih pakai pampers, berarti budget pampers bisa jadi 2x lipat dong :( Dari praktek selama minggu ini, ternyata aku liat anak itu punya kemampuan loh untuk tidak mengompol malem, apalagi dianya pasti rasa tidak nyaman juga kalau mengompol. Caranya sih kayaknya biasa aaja, paling sebelum tidur ajak dia pipis, cuma anakku suka tidak mau, kalau sudah begitu paling aku bilang saja, yah sudah kalau tidak mau, tapi mama mau pipis ah.. dan biasanya ikut lah dia :) Cuma, anakku sih susu malemnya cuma 1x240cc :) (Fi)

Wah gak salah tuh minumnya sebanyak itu kalau malem? Total 780 ml? Wow, banyak amat, bagaimana minumnya tuh? Coba saja dibagi jatahnya ke pagi dan siang, Jadi malam, paling sekali minum aja 260 ml. Trus, memang mamanya juga yang musti 'berani' berkorban, sering-sering cuci seprei dkk. :) Ayo, mulai lepas diaper kalau malem. Tapi jangan lupa, sebelum tidur  ajak pipis dulu. Terus abis itu, kalau anaknya tidak langsung tidur,ajak pipis lagi. Nah, kasih tahu juga, kalau malem ini dia sudah tidak pakai diaper jadi kalau kebelet pipis, lari ke kamar mandi (atau sediain potty di kamarnya). Kejadian sama anakku yang pertama, beberapa hari pertama, memang aku  kudu cuci seprei tiap pagi. Ampun deh. Tapi, terus dia tahu juga. Bisa merasa kalau bladdernya penuh pas tidur, tapi, biasanya sebelum sampai kamar mandi, sudah mengucur duluan. Tidak apa, namanya juga baru belajar. O iya, cirinya kalau sudah tidak bedwetting lagi tuh, diapernya bisa tidak  basah 2-3 hari berturut-turut. Nah, kalau sudah gitu, baru deh di train tidak pakai diaper. Aku dulu sih pake Pull-Ups, jadi kalau malam dia perlu pipis, bisa prosotin dan naikin sendiri. Jadi sejak anakku umur 2 th, bebas diaper, hanya pull ups aja, semalam satu. (Nqu)

Iya betul nih, biasanya si anak kalau mau pipis kan tidurnya gelisah, nah waktu gelisah itu, langsung saja dudukin di potty, biasanya langsung mancur, atau kalau anaknya sudah agak besar bawa ke toilet, biasanya langsung mancur tuh, walaupun sambil merem matanya. Gak tega sih tapi kan tujuan kita baik. (Nend)

Bener, kitanya yang mesti mulai berani tidak pakaikan diaper kalau malam, jangan ditunda lagi. Dulu anakku sampai 2 th baru aku lepas (ibunya malas bangun malam), itu juga karena diaper yang XL pun sudah tidak muat buat dia jadi terpaksa aku lepas. Sebelum tidur, pipis dulu, habis itu menyusu 240ml, kalau belum tidur juga aku ajak pipis lagi. Tapi kalau langsung tidur begitu lihat dia resah aku langsung bangunin dan ajak ke toilet, untung selalu mau walaupun sambil merem. Pertama sih, dia tidak resah, tahu-tahu sudah mengompol, mungkin masih terbiasa pakai diaper kali ya. Terus kalau dia mengompol, dia terpaksa harus bangun dan bersih-bersih di kamar mandi, jadi sambil mengantuk/merem aku bersihin pakai air dingin (kasihan sih tapi ampuh lho). Kalau dia tidak mau aku ajak pipis tengah malam, aku selalu bilang nanti kalau mengompol ibu guyurin pakai air dingin lho ...(sadis ya ibunya...hehehe). Cuma seminggu aku training dia seperti  ini, alhamdulillah setelah itu sudah tidak mengompol lagi. Sekarang sih sudah tidur sendiri dan kalau pengen pipis bangunin aku utk diantar ke toilet. (Ri)

Aku suka tidak habis pikir kalau melihat anak sudah 4 th masih pakai pampers. Ponakan ku tuh sekarang 6 th masih pakai pampers kalau malam padahal sudah tidak ada yang muat, jadi maksain banget, aku bilang sih kalau kayak ponakan ku itu, bener bener deh ibu nya yang males. Menurut aku hal hal seperti ini, akan ada efek nya pas si anak besar nanti, karena sekarang dia kesannya di beri 'ke enak kan' yang seharusnya dia sudah harus mengerti, mengompol itu tidak benar, tapi dia jadi boleh, pakai pampers itu sama saja mengompol toh?Terus waktu itu di sekolah ballet anakku, ada anak sudah 3.5 th, lagi di gendong mbaknya sambil ngedot, menggendongnya benar-benar posisi bayi, melihat itu aku sudah heran, eehhh tahunya, pas anak itu turun, pampersnya bocor, jadi basah kemana mana, tambah heran deh aku. Kalau umur 3.5 th pakai pampers pas malam saja, aku masih tidak heran deh, kesannya aku sombong ya, mentang mentang anaknya gampang di potty training, tapi aku meerasa, anak anakku sebenernya tidak gampang, tapi karena di train dari muda dan akunya pantang menyerah, jadinya berhasil. Soalnya 2 anakku beda sekali soal mengompol malem, yang pertama lama baru bisa tidak mengompol malem, jadi awalnya sering banget mengompol, walau sudah di bangunin tengah malam tapi kalau adiknya benar dari bayi jarang mengompol malam. Maaf ya kalau ada yang merasa tersinggung. (Di)

Anakku ngedotnya pakai juice feeder pigeon itu, jadi bolongnya gede kaya kran air, hehe..Sebotol 260 ml biasanya habis dalam waktu 2-3 menit saja. aku sekarang lagi akalin mengurangi susunya, jadi tetap 3 botol, tapi isinya dikurangin jadi botol kecil 160 ml. Mau coba tidur tanpa diapers, kalau mengompol itu kasur spring bed susah kering dan baunya tidak hilang kan ? huhuuu...Pernah terpikir pakai pull ups, cumannya pull ups itu maharani je'judulnya jebol dompet dan anak belum tentu tidak mengompol. mungkin harus sedia potty di kamar ya ? bau pesing tidak sih ? (Vit)

Supaya tidak bau pesing spring bednya aku pakaikan perlak yang tidak  panas (lapisan atasnya handuk dan lapisan bawahnya palstik), dulu aku beli di Club Store. Alhamdulillah, spring bedku sampe sekarang masi bersih tidak  ada pulau2nya dan tidak bau pesing.(AN)

Kalau springbednya kena ompol, aku selalu bersihkan dengan kain basah untuk menyerap ompolnya (sebisanya saja), setelah agak hilang bau pesingnya terus aku lap lagi pakai densol (yang buat ngepel itu), setelah itu baru dikeringkan dengan hairdryer jadi gak perlu jemur. Lumayan manjur buat menghilangkan bau pesingnya, karena jadi bau segernya densol. (Ri)

Kan tidak harus emaknya saja yang mengerjakan, kalau aku gantian sama suami. Jadi ceritanya shift-shif an, demi anak. Buat aku kalau sudah urusan anak harus tanggung jawab berdua, mulai dari urusan kecil sekalipun. Bener lho bersusah-susah dahulu bangun malam senang kemudian anaknya tidak mengompol :-)) (du)

syukur alhamdulillah anakku (2,10 yrs) tidak terlalu sulit potty trainingnya dan menjelang usia 2 th sudah tidak pernah mengompol malam, padahal kalau mau tidur malem selalu minum susu 160 - 200 ml dan air putih. ya ibunya yang harus tega dech, jadi sebelum berangkat tidur selalu harus diajak pipis dulu, memang kadang susah, pernah dia mengompol basah semua, baru aku ingetin khan kalau mengompol tidak enak sudah gitu bau pesing lagi, sejak itu dia rajin juga kalau diajak pipis sebelum bobo walaupun sampai sekarang aku masih pasang perlak di bawah sheet, buat jaga-jaga. Aku melatihnya padahal telat juga ya hampir usia 1 th, dilatih kalau pipisjuga diberdiriin gitu, tapi pernah pas pembantu yang lama dia itu dilatih pipisnya jongkok, jadi setiap pipis dia itu pasti jongkok, jadi aku yang rada cerewet ngingetin, kalau anak laki pipisnya berdiri, kalau jongkok itu anak perempuan seperti ibu, dan aku sering juga ajak dia mandi bareng, kadang kalau pas ayahnya pipis
aku suruh juga ajak Ifal jadi dia tahu bedanya. Kalau untuk pups sich agak gampang ya karena langsung duduk tapi dia selalu maunya dipegangi. jadi sekarang kalau mau pipis / pups dia selalu bilang.Untuk pemakaian diapers lebih enak lagi karena dia sendiri yang tidak mau, setiap pergi khan pasti aku selalu berusaha untuk pakaikan dia pampers, tapi ya begitu kejar-kejaran dech, jadi aku pikir mungkin dia sudah risih, ya sudah tidak dipakai tapi harus rajin ajak untuk pipis. (IA)

Aku setuju nih soal shift-shift-an. Intinya sih biar kompak, sama merasakan repotnya punya anak kecil. Biasanya aku membuatkan susu buat si sulung kalau dia mau bobo, setelah itu baru menyusui si kecil. Kalau malam yang sulung minta susu/air putih, itu jadi bagian suamiku untuk membikini, tapi kadang dia gak mau diambilin air putih oleh papanya, jadi ya bangun juga deh buat ngambilin. Tapi gak apa, dinikmati saja, nanti gedean dikit juga bisa mandiri. (Wul)

aku itu punya "penyakit" aneh, kalau sudah tidur, terus bangun bener-bener melek, lantas susah banget untuk tidur lagi. bisa-2 perlu 1 jam baru tidur lagi. ada tidak sih yang kaya aku gini ? Jadi selama ini urusan bangun malem ya bagian suamiku, kecuali kalau ada yang aneh, mis anak batuk sampai muntah, harus ganti baju, nah baru aku bangun. kalau mipis-in anak, wah kayanya aku harus ikut shift-shift an deh..abis anakku cewek :-( bener-bener bersakit-sakit dahulu judulnya (Vit)

Mengompol betulnya itu termasuk penyakit lho! kalau anak sudah di atas 5 th, masih mengompol, dan tidak' bisa dikasih tahu atau tidak' bisa diberhentikan dengan berbagai cara, kemungkinan besar si anak ini mengidap penyakit mengompol. Makanya, di sini tuh ada kok sejenis diaper u/ anak gede gitu. (Goodnight -- kluarannya huggies juga), bahkan untuk nenek/kakek pun ada, karena kalau orang sudah tua, kan bladder controlnya suka sudah macet. Cuma, biasanya kalau anak normal sih, di atas 3 tahun ya sudah tidak mengompol lagi. ortunya musti berani bangun malam, kalau perlu. Atau rajin memberi tahu anak agar bangun kalau kebelet pipis. Dan juga selama masa training itu, jatah minum malam, dipindahkan ke pagi-sore harinya. Mmalahan, ada satu ahli yang menyarankan, no more drink after 7 pm. Tapi ya memang bisa sih, anaknya jadi tidak' mengompol. Makanya, biar tidak kurang minum, jatahnya dipindahin ke pagi-sorenya itu. (Qu)

Aku masih bingung, Bagaimana ngasih 3 botol dalam semalam.:) klu bobok jam berapa toh anakmu? pull ups masa' mahal banget...? tidak' tau ya, aku dulu malah merasa irit pakai pull ups, karena makenya sehari cuman satu kok, kan siang sudah tidak pakai diapers. Kalau pakai diapers gitu, kan malah sehari bisa 3-4 kali ganti. Buat springbed, pakai Febreze saja, buat menghilangkan  bau ompolnya. Atau, kalau memang sudah niat mau buka diaper, ya siapin perlak saja, biar tidak kena kasur kalau sampai bocor. terus si mbokdikasih tahu juga, jangan mengomel kalau musti nyuci sprei tiap hari. (nQu)

Anakku sudah pas 2 tahun, dan niatnya aku mau ajari tidak pakai diaper lagi, at least siang hari. Jadi nih, abis mandi pagi, setelah minum susu dia kan biasanya pupup. Sudah pup aku ganti saja hanya celana dalam+celana. Sekitar satu jam kemudian dia baru pipis (rencana aku mau liat patternnya). Sesudah pipis pertama itu, kok dia jadi sering banget pipis, satu jam saja bisa ganti celana 3-4 kali. Sudahannya kan akhirnya kupakaikan diaper lagi. Kenapa ya Moms bisa begitu? Normal tidak sih?Oh ya tambahan info : Anakku bentuk badannya normal-normal saja. Tinggi 88cm dan beratnya sekitar 14 kilo. Makanan manis sangat jarang aku kasih , dan minum air putihnya kuat banget. Susu 3x/hari 200cc. (Ynz)

Kalau anak sering pipis saya pikir wajar, karena doyan minum. Anak saya dulu juga begitu, untuk mengajarinya pengalaman saya begini : semua orang yang ada di rumah harus rajin mengingatkan si kecil untuk pipis (kira-kira saja/atau perhatikan jarak waktu seberapa sering dia pipis), akhirnya sikecil akan merasa risih manakala dia ingin pipis/pipis di celana dan mulutnya pun mau bilang "mama mau pipis". (Yt)

2003-12-22 16:15:54

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org