Jerawat - Artikel   
SHARING

Standar Gaji PRT dan `toilettries\'
Sumber: ibu ibu Di

Tanya 
Ngomong2, emang kita ada kewajiban beliin sabun dkk buat PRT & BS, ya ? Kan mereka sudah punya gaji sendiri, masa harus disuplai lagi ? Apalagi BS, kan gajinya sudah gede bgt, tuh. Ngomong2 gaji PRT standarnya brp sih?? [Si]
 
Jawab
Bener tuh mbak, apakah semua ituperlu? Bukannya gaji mereka sudah termasuk untuk kebutuhan bulanan, karena sampai saat ini pun aku tidak pernah beliin PRT-ku kebutuhan itu?  Kalau di daerahku sih PRT itu standarnya 200-an tapi aku sendiri kasih 275rb. (kerja belom 1 tahun, kegedean tidak sih mom aku kasih segitu?) [Vn]

Kalau aku sih memang menyediakan supply toilettries buat asisten di rumah (kadang2 mereka yang nyomot sendiri kalau ikut lagi belanja bulanan, atau mereka tulis di daftar belanja). Selain itu aku juga suka beliin mereka vitamin. Pernah aku ganti vit.nya sama yang lebih lengkap tapi lebih murah (sesuai anjuran si tukang obat)  tapi mereka bilangnya "Enakan minum Enervon-C, rasanya lebih segar ke badan", walaupun sedikit lebih mahal dibeliin juga  kan kita juga yang susah kalau pembantu atau supir sering2 flu terus nularin anak2 [Lc]

Gaji pembantuku 200 karena memang standar kalau nginep segitu di seputaran rumah. Aku beliin shampoo, sabun, odol, pembalut biar bisa dipakai bareng sama BSku. Ini karena masalah kebiasaan saja sih. Jamannya tinggal dirumah mama juga begitu. Kadang aku beliin handuk dan pakaian dalam juga. Soalnya aku mikir saja, walaupun mereka nota bene tidak perlu ngeluarin uang, dengan gaji segitu, gimana nabungnya. Jadi lebih karena kebiasaansama kasian kali ya. Kalau kosmetik sih mereka beli sendiri. [Ms]

Menurut aku, itu bukan kewajiban kita buat beliin sabun dkk, tapi itu tergantung gimana nego kita dari awal dengan PRT apakah dia dibeliin sabun dkk atau dia beli sabun sendiri. Tapi, PRT sekarang suka rada2 ngelunjak contohnya dulu aku punya PRT (cuman bertahan 1 bulan saja  terus keluar karena alasannya ibunya sakit di kampung). Menurut PRTku yang satunya, si dia mbanding-bandingin di sini kok tidak dapet sabun dkk, di tempat saya yang dulu  bulanaa  bulana  bulana. Jaman sekarang PRT juga sudah "pinter" ngebanding-bandingin lho. Standard gaji?? Wah kalau itu sih tergantung daerah/kondisinya masing-masing. Kalau di Makassar, rata-rata PRT mintanya antara 200 - 250 ribu/bulan (itupun nyari yang 200 ribu syusssahh banget rata-rata minta langsung 250 ribu). Kalau untuk BS (u/ anak < 2 tahun 600 ribu/bulan , BS anak > 2 tahun 450ribu). Mungkin Jakarta tidak jauh beda kali yaa. [Vr]

Aku sama juga, toilettries aku beliin semua mulai dari sabun ,shampo, odol bahkan pembalut.Kalau untuk vitamin (C) kebetulan aku kalau beli nitip sama teman jadi yang satu botol isinya 300 btr bisa dikonsumsi rame-rame, pembantu dan supir aku kasih semua. Kalau mereka sehat kerja juga lancar dan tidak nularin anak-anak kita juga.Ngga pernah aku hitung walaupun gaji mereka sudah besar, karena jasa mereka juga besar buat kami sekeluarga, khususnya pembantu sama supirku yang sudah ngurusin anak-anak, antar jemput semua kegiatan anak-anak selama aku dan suami kerja. Ya mudah-mudahan saja mereka selalu senang kerja sama aku.Malah sekarang tiap berangkat pagi karena lagi  musim batuk/flu, aromatherapy pun aku pakai di mobil selama perjalanan ke sekolah dan ke kantor.Aku juga ngerasain banget manfaat aromatherapy ini terutama buat anak-anak lho, ini bukan promosi hanya testimony saja koq. [dm]
 
Aku juga beliin sabun, odol, sikat gigi, deodorant, shampo dan pembalut. Mereka sih tidak minta. Maksudnya, kalau kita yang beliin, kan dia sudah tinggal pakai. Takutnya, kalau dia harus beli sendiri, dia ngirit2 belinya lebih gawat lagi kalau dia tidak beli. Kan, kalau pembantu jorok kita juga yang repot.

Ibu, ngomongin soal pembantu & BS, tidak ada habisnya ya. Aku sendiri baru dongkol ama BS. Kemarin aku tanyain, kamu lebaran cuti tidak. Dia bilang mau cuti 3 minggu, tapi tidak pulang kampung. Dia mau inval 10 hari, lalu sisanya istirahat di yayasan. Kata dia, inval sehari 75.000. Sebel deh dengernya. Dia cuti dari tempatku, tapi mau kerja di tempat orang. Cuma aku diem saja sudahlah, memang kalau lebaran aku kasih dia bonus cuti 10 hari dan kalau ditambah cuti bulanan yang dia jarang ambil, memang sih sisa cutinya masih banyak. Jadi, aku dan suami berpikir positif saja dia cuti dari tempatku karenamemang sudah hak nya dia .terserah deh, dia mau ngapain selama cuti. Aku juga tidak nawarin dia untuk inval di tempatku saja, takutnya dia kegeeran lagi, merasa dibutuhkan banget. Selain juga 750  ribu selama 10 hari, lumayan lho! So, lebaran ini aku & suami bersiap2 tanpa BS selama 3 minggu (kalau lebaran kemarin hanya 2 mg). [wn]
 
Gaji PRT-ku 200 rb, bantu ngurus rumah plus anakku 2 org. Kebutuhan odol, sabun, shampoo, bedak "BB", handbody, pembalut aku beliin. uma
kalau dia pengen beli baju/celana dipotong dari gajinya, selama ini untuk PRT yang pernah kerja samaku, gajinya disimpan di bank atas nama sendiri QQ namaku. Jadi kalau dia mau beli2 kita pakai duit sendiri dulu ntar setoran ke bank dikurangi sebesar belanja pribadinya. Untuk handuk, pakaian dalam aku suka berikan cuma2. [An]

Kalau aku tetep beliin toiletries tiap bulan, yang terdiri dari sabun (yang seharga Giv or Harmony gitu), shampoo (Emeron), pasta gigi (Smile Up), sikat gigi (pepsodent family yang ada tutupnya, sama bedak badan Caladine or Harum Sari. Kira2 yang seharga merk2 itulah, kalau mau beli yang lebih mahal ya mereka pakai uang sendiri. Semua dibelikan di luar gaji. Kadang2 aku juga beliin baju atau obat kalau mereka sakit. Kalau aku gaji PRT-ku 300  ribu perbulan, rencananya naikin nanti kalau sudah satu tahun saja. [db]

Wah, Mbak asyik bener ya gaji pembantuku 300 ribu lho, 3 bulan pertama250 ribu terus naik jadi 300 ribu. Semua toiletters aku sediakan, habis tinggal  bilang. Tidak perlu ngurusin anakku (karena sudah diurusin ibu mertuaku), tidak masak (dia hanya bantu2). Jadi cuma nyuci, nyeterika, nyapu, ngepel, nyiapin makanan di meja. Bersihin kamar mandi saja aku sendiri & suami gantian, begitu juga dengan kamar, harus dibersihin masing2 penghuninya kecuali kamar anakku, beresin kebun/potong rumput dikerjain bpk mertuaku. Jadi pembantuku itu enak banget sebetulnya ya tapi kelihatannya dia tuh seperti banyak yang tidak kepegang gitu lho kerjaannya lumayan rapi, tapi lelet banyak ngelamunnya. Padahal, aku bilang kerjaannya diselesaikan cepet2, terus kamu santai nonton TV aku bebasin lho dia nonton TV kapan saja, soalnya aku menyadari dirumahku dia tidak punya temen, lingkunganku tidak mendukung untuk main ke tetangga. Wong tetangga jarang yang punya PRT. Weekend, kalau pas belanja ke supermarket atau mall, pasti aku ajak, ngorbanin mertua yang jaga rumah. [ml]

Aku juga, hanya untuk sikat gigi aku kasih tiap 4 bulan sekali , terus kadang2 tiap bulannya aku kasih dia kaus kaki, jepit2 rambut, tempat pinsil dll yah, yang murah meriahlah , mbak-ku ini kerjanya setengah hari karena siangnya dia mesti sekolah (SMEA), dan ikut aku sejak dia kelas 1 SMEA, kerjanya sih nyuci, nyetrika, nyapu, ngepel dan beres2 rumah deh , kebanyakan sih yang dia pegang itu peralatan/pernik2nya anakku , kalau diliat kerjanya sih lumayan bagus, cuma kalau nyetrika itu suka sampai setrikanya panas, jadi baju-baju banyak yang kelihatannya mengkilap gitu . Sekarang ini sekolahnya sudah selesai dan dia bilang kalau dia pengen kerja, kan tidak mungkin aku larang, aku sih cuma pesen saja, kalau kerjanya sudah dapet dan mulai dia harus bilang aku, mudah2an saja aku bisa dapet gantinya dan tidak aneh2. [Ri]

Gaji pembantu ku Rp. 350,000,- gaji ini aku baru tambahin karena tadinya sih mau disuruh momong bayiku karena dia seneng anak kecil.  Setelah masa uji coba sepertinya aku kok ragu ninggalin bayiku ama dia akhirnya aku ambil BS lagi.  Dia sempet manyun and bertingkah gitu deh aku tahu sih aku sudah janji tapi daripada anakku kenapa2 ?? Toch gajinya tidak aku turunin ini .Ini sudah aku bicarain baik2 kok dia bilang tidak papa tidak ngerawat anakku cuma tetep saja ngambek beberapa hari kerja sambil cemberut. Untuk sabun, odol dll aku juga kasih kok, malah kadang aku kesel jugasoale dia pakainya yang mahal2 seperti Sabun : Dettol (yang batangan sih), Odol (Close Up), shamponya Pantene yang gede lagi tiap bulan (hiks), tapi ya sudah lah itung2 buat dia bersih kan lingkungan juga enak.

2004-02-13 12:24:48

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org