Jerawat - Artikel   
SHARING

Jamsostek

Tanya
Kalau kita pindah kerja, dan mau menggunakan nomor Jamsostek kita di tempat yang lama apakah dari Jamsostek akan mengeluarkan kartu yang baru atau tetap menggunakan kartu yang lama?

Tanggapan
Sepanjang pengetahuanku, kartu jamsostek tersbut bisa menggunakan yang lama walaupun pindah kantor, dan biasanya diatur semuanya sama kantor yang baru nya,tapi kalau ada kantor yang memberikan kartu jamsostek yang baru, yang lama bisa langsung di claim dengan membawa surat-surat yang dibutuhkan (pengunduran diri, KTP, kartu jamsostek yang lama).(LL)

Menurut pengalamanku yang lalu, jika kita mempunyai kartu Jamsostek dan di kantor yang baru itu juga menggunakan jasa Jamsostek, kamu bisa inform kepada HRD yang bersangkutan bahwa kamu sudah mempunyai kartu Jamsostek, dan minta untuk meneruskan saja keanggotaan kamu yang sebelumnya. Setelah itu, HRD akan melaporkan kepada Jamsostek bahwa keanggotaanmu hanya tinggal meneruskan saja dari kantor sebelumnya. Selebihnya mungkin hanya ada perbedaan tempat penyetoran pembayaran Jamsostek saja. Nanti, kalau keanggotaanmu sudah melewati 5 tahun, terhitung dari pertama kali kamu didaftarkan di
Jamsostek, kamu bisa mencairkannya, dan perhitungan saldonya dari kantor yang lama ditambah setoran dari kantor yang baru. Proses pencairannya itu memakan waktu seminggu, karena kantor Jamsostek yang bersangkutan harus men-syncronize antar cabang tempat penyetoran yang satu dengan yang lain (kalau kantor penyetorannya berbeda). Tetapi perlu dicatat, jika kamu ingin mencairkannya, kamu harus datang ke Kantor Jamsostek tempat pertama kali namamu didaftarkan. (Lls)

Aku sudah 4x pindah kerja, dan tetap menggunakan nomor jamsostek yang lama. Jadi ketika kita kerja ditempat baru kasih saja ke personalianya nomor kita yang lama, dan jamsostek tidak akan mengeluarkan kartu baru. Jadi seumur-umur kartu kita cuma 1 (malah kartuku sekarang sudah hilang yang ada cuma nomornya saja). Yang perlu diingat adalah kantor cabang jamsostek tempat kantor kita menyetorkan dananya berbeda-beda, nanti kalau mau ambil uangnya (THT) harus diambil ke tiap-tiapkantor jamsostek itu, dana kita tidak terakumulasi secara menyeluruh tapi dikelola ditiap-tiap cabangnya. (Dw)

Ini kejadian sama aku. Jamsostek tidak akan mengeluarkan kartu baru. Tapi menurutku sebaiknya kita request nomer keanggotaan yang baru saja. Jadi nanti saldo kita yang lama bisa kita ambil setelah masa kepesertaan 5 th (cmiiw). (QQ)

Menurut HRD Dept kantor saya, apabila kita ingin meneruskan keanggotaan Jamsostek lama di perusahaan yang baru kita tetap menggunakan kartu lama. Untuk ini kita harus mengisi form yang disediakan pihak Jamsostek. Tergantung dari HRD masing-masing, ada yang mau mengurus perubahan ini atau hanya mau mengurus keanggotaan yang baru. Untuk yang terakhir tentunya membuat kita agak repot karena harus mengurus sendiri ke Jamsostek. Di bawah saya sertakan
pula summary yang 'nyerempet' masalah Jamsostek (pernah didistribusikan di milis), lumayan buat tambah info.(Kr)

Kartunya tetap pakai kartu yang lama, kalau kamu mau meneruskan member yang lama. Jadi sebaiknya, simpan baik-baik kartunya, jangan sampai hilang. Biasanya selama kita bekerja, kartu itu akan ditahan di HRD, dan sebaiknya kamu simpan beberapa copy dari kartu tersebut. Dan jangan lupa minta untuk dikembalikan kalau kita mau resign di tempat itu. Jangan lupa, saldo yang terkumpul kalau sudah lebih 5 tahun itu, cukup lumayan. (Lls)

Aku juga baru pindah kerja. Waktu aku resign, kantorku bilang mendingan jamsostekku dicairkan saja (min. 2th atau 5th kerja sudah bisa dicairkan) karena aku sudah bekerja 8thn. Nah di tempat baru, aku dibuatin baru jamsosteknya. Lumayan loh dapatnya. Tapi kalau mau diteruskan juga tidak apa-apa tapi aku tidak tahu caranya bagaimana. (TG)

Aku tidak kerja di Jamsostek, tapi aku melankutkan jamsostekku ditempat kerja yang baru. Kartunya tetap yang lama, nomor jamsosteknya aku infokan ke HRD saja, trus dilanjutin deh jamsosteknya. (Fer)

Aku pernah pindah kerja dan aku bisa pakai nomor jamsostekku yang lama, dan tetep pakai kartu yang lama. Kita lapor saja ke HRDnya (AM)

Kalau ngelanjutin jamsosteknya, tetap pakai kartu yang lama. Tapi, kalau aku lebih seneng daftar baru saja di Jamsostek. Pertama, karena jamsostek itu tidak online, jadi kalau kita pindah kantor dimana cabang jamsosteknya berbeda, maka proses pemindahan saldo antar cabang jamsostek lumayan repot. Yang kedua, kalau kita didaftarin sebagai anggota baru di Jamsostek, maka jaminan hari tua di kartu yang sebelumnya bisa diambil (setelah 5 th bergabung di jamsostek). Jadi, hitung-hitung uang tak terduga.

Bagaimana proses penutupan & pengambilan jamsosteknya? Kelengkapan apa saja yang harus dibawa pada saat pengurusan penutupan jamsostek ini? (Rim)

Dulu aku mengurusnya di kantor jamsostek yang di TB simatupang, karena tercatatnya disana. Gampang kok, cuma 1 jam selesai, bawa pulang uang:-), tidak dipersulit dan bertele-2. Yang perlu dibawa, kartu jamsosteknya, surat PHK dari kantor atau surat keterangan lainnya dari kantor, misal untuk kalau kita resign, dan KTP. Pilihan pembayaran bisa cash atau transfer, aku dulu pilih yang cash, kalau transfer tidak bisa dijamin kapan sampainya dan belum tentu utuh :-) (End)

Datang ke kacab Jamsostek sesuai kode yang ada dikartu, bawa referensi kerja (asli & copy),fotokopi KTP & kartu Jamsosoteknya (seingatku itu) Di sana ada form yang harus dilengkapi. Waktu aku urus Jamsosotekku, dananya bisa cair setelah 2 hari. (Nik)

Setahu aku, kartunya tetap pakai kartu yang lama begitu juga dengan nomernya. Kita tinggal daftarin saja ke HRD kantor baru tersebut. nanti biar orang HRD yang urusin. karena biasanya saat kita pindah kerja kartu jamsostek kita dibawa (tidak ditinggal seperti id card). (TR)

2004-03-22 17:09:16

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org