Jerawat - Artikel   
SHARING

Memasak dengan Panci presto dan paci QCW
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Saya mau tanya yang basic sekali nich, Kalau kita masak dengan panci presto, khan biasanya ada hitungan menit yach. Hitungan itu dimulai pada saat panci presto ditaruh di atas api kompor atau setelah terdengar bunyi mendesis? misalnya mau menggodok daging perlu waktu 15 min. 15 min dari mulai mendesis kah hitungannya? (Rim)

Jawab
mulai menghitungnya setelah bunyi mendesis, awalnya api sedang, jadi setelah mendesis api kita kecilkan tapi tetap berbunyi desis yang terputus-putus,  saat itulah kita mulai hitung waktunya. (Chr, Ver)

Bicara panci, jadi ingat panci Amway, ini berkaitan dengan harga gas yang akan naik lagi. Ada yang pakai/pernah pakai/atau tahu cara pakai panci Amway queen cook ware? Yang masaknya cukup dengan api kecil, ditumpuk-tumpuk, bisa beberapa tumpuk, tapi matang dan malah lebih enak matangnya. Bagaimana cara pakai yang benr? Lumayan khan bisa hemat gas.(stel)

Kalau mau dimaksimalkan memasak dengan panci QCW bisa 6 tumpuk. Paling bawah dipakai untuk yang membutuhkan waktu yang paling lama memasaknya, terus berurutan sampai paling atas kita letakkan saucepan ukuran 1 liter untuk merebus/mengukus sayur2an. Paling bawah,kita pakai Dutch Oven + Dome Lid (ukuran 6 liter) biasanya untuk masak daging rebus. (Shin)

Dome lid itu yang ada bolongan 6 (seperti yang untuk rebus botol susu)? Kalau merebus daging dengan QCW dan api super kecil, kira-kira empuknya berapa lama ? Terus bagaimana cara bikin segel uapnya ? Kalau gak bisa bikin segel uap kan sama aja bohong ya ?Aku serius ingin sekali pakai QCWku nih saat gas mau naik lagi, naik lagi. Oh ya berapa ya kira-kira harganya sekarang? Oh ya, satu lagi, kalau kita menggoreng dengan souce pan itu, betul tidak terasa bisa hemat minyak goreng ? (stel)

Kalau seperti yang disebut diatas paling bawah untuk merebus daging, itu sekalian masaknya tidak? maksudnya apa rebus daging saja atau sekalian bikin sop misalnya? Lalu kalo masak kan sering kita cicipin tuh, nah ini bagaimana? Bisa dicicip-cicip tidak? kalau dicicip kan panci yang diatasnya kudu diangkat dulu??  (Shin)
 
Kalau pakainya ditumpuk kayak begitu, apa baunya tidak campur-campur? (misal di bawah merebus daging, terus masak apa lagi, terus paling atas mengukus sayuran? Dibilang hemat karena bisa masak sekaligus berbagai macam makanan yach??? (ver)

Inilah OKnya panci amway. Jangankan sama-sama sayuran, ditumpuk sama mengukus bolu kukus juga gak apa. Oh ya mungkin membayangkannya 'salah' karena belum pernah lihat. Jadi menumpuknya satu-satu, maksudnya panci yg bawah ditutup dulu, terus taruh panci lagi diatasnya, tutup lagi, taruh lagi, gitu terus. Juga kalau menggoreng, kita bisa sekaligus goreng ikan asin, tempe, bakwan dan tahu misalnya, dalam satu wajan, tidak bakalan rasa dan baunya campur aduk. Hebatnya lagi, asap yang dihasilkan hampir tidak ada, minyak juga hampir-hampir tidak menyerap ke dalam makanan, jadi habis menggoreng minyaknya masih banyak dan tidak bakalan hitam dan jadi bau ikan asin. Hemat dong, karena dengan api yang super kecil, kita bisa masak sampai dengan 6 macam masakan (kalau ditumpuk semua sampai 6), juga hemat minyak goreng. (stel)

Aku punya queen cook ware-nya Amway. Memang apinya super kecil dan bakal hemat sekali, apalagi kalau masaknya tumpuk-tumpuk, bisa sekaligus jadi beberapa masakan. Dan kalau seperti men-steam sayuran bisa tanpa air, jadi kandungan gizinya maksimal. Sayangnya aku belum pernah ikut demo masaknya, katanya didemo masak itu bisa lebih jelas lagi tuh tata cara penggunaannya. Dan aku kalau masak pakai panci ini, harus aku sendiri yang turun. Tidak sanggup kalau menyerahkan asisten buat pakai, takut pancinya rusak :). Oiya, kayaknya bisa berfungsi kayak panci presto juga loh,api aku belump ernah coba. (On)

Memang QCW itu bagus banget, mamaku punya satu set dan dieman-eman banget pakainya. Dulu sih aku mau beli, sekarang sih, mahal sekali, tidak cocok sama aku yang pakainya kadang-kadang saja. Kalau lagi ingin pakai, aku numpang di rumah mama saja. Btw moms, ada yang pernah pakai wajan ESAPE tidak ? Kemarin ada yang demo di kantor, bisa menggoreng tanpa minyak, bisa bakar sate, merebus sayuran
dengan sedikit air, dan yang paling oke adalah bisa buat oven kue, cukup taruh loyang diatas wajan itu, lalu tutup. Jadi deh berfungsi seperti oven. Ada yang sudah pakai wajan ini? Bagus tidak? Aku penasaran. Soalnya yang sudah-sudah beli wajan panci canggih-canggih malahan terlalu canggih untuk pemakaian sehari-hari (baca pemakaian oleh PRT) Nah wajan ini bukan berbahan teflon, (perak alumunium kalau tidak salah) jadi biar digosok pakai sabut kasat/dipakai dengan kasar tidak akan tergores (katanya lho..) Oh iya harganya 375 rb. (Vi)-

Iya prinsipnya bisa ngapain saja sekaligus, rasa dan aroma tidak bakal tercampur. Kalau lihat bahan pancinya, percaya deh, bagus banget, kokoh gitu. Katanya sih terbuat dari 7 lapis baja, makanya panasnya bisa rata. Soal cicip-cicip aku tidak ngeh, tapi kan bisa kamu cicipi setelah matang, paling tinggal tambahin garam/gula kalau kurang kan ? harga 5 tahun lalu 2 jutaan, 5 th yl. (Stel)

Iya betul, aku juga pakai dome lid untuk merebus botol susu anak-anakku, tapi yang ada bolongan 6 (Utility Rack) itu untuk tempat cups yg kita pakai kalau kita mau membuat makanan yang dikukus. Untuk, empuk tidaknya tergantung jenis dagingnya, kalau yang tenderloin lebih cepat matangnya +/- 1/2 jam. Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimum, sengaja tidak ada segel uapnya, khan kalau sudah matang tinggal diputar tutupnya, kalau bisa diputar berarti sudah matang. Nach enaknya goreng pakai saucepan, minyaknya bisa dipakai lebih dari tiga kali, karena warnanya tidak berubah. (Shin)

Kalau mau masak sup daging, ya dagingnya dulu yang dimasak setelah matang baru sayur-sayurnya dimasak (supaya sayurnya tidak hancur). Waktu memasukkan sayurnya otomatis panci-panci diatasnya diangkat dulu. Biasanya masakan yang diatas sudah kelar duluan jadi waktu dagingnya masak so pasti tidak ada panci lain lagi diatasnya.(Shin)

Kalau mau merebus daging kudu pas perbandingannya, saucepan yang kecil khan untuk ukuran air 1 liter, terus daging yang mau direbus seberapa besar. Apinya juga berpengaruh lho!. (Shin)



Beberapa merk panci presto yang direkomendasikan oleh ibu-ibu DI :

Panci Presto merk Maxim 24 cm/7 liter made in Maspion, di Makro harganya Rp. 186.900 PPN 10%. Terbuat dari alumunium based material untuk penyebaran panas yang lebih baik dan cepat, automatic pressure regulator dan multi purpose steamer. Bonus satu buku resep. (Di)

Panci Presto merk Isa made in Italy, di Sogo Jongkok Rp. 850.000 (dapat satu panci besar). Terbuat dari Stainless Steel tanpa campuran. bisa buat manggang, ngerebus ketupat cuman setengah jam sampai buat menggoreng segala macam dalam satu panci sekaligus. Kelebeihan lain waktu sudah selesai masak uap panasnya bisa dipompa keluar jadi. (Ri)

Panci Presto merk Korn 8 liter made in China, di Makro sekitar Rp. 330.000 sudah PPN. (Im) 

2003-12-01 14:09:08

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org