Jerawat - Artikel   
SHARING

Keramik Lantai Dapur

Tanya
"Aku sedang berangan-angan seandainya lantai dapurku berwarna hitam, seperti yang pernah aku liat di katalog Ikea. Aku sudah mulai mencari dan 'ketemu' merk Roman yang sebetulnya sih buat lantai kamar mandi. Pikirku nanti akan aku potong persegi panjang kemudian dipasang naik turun berselang-seling begitu potongannya. Pasti keren, batinku. Tapi, beberapa temanku berkomentar negatif. Bahaya, kotoran atau binatang yang hinggap tidak tampak loh di atas ubin warna gelap. Gara- gara komentar itu, aku berubah pikiran mau menggunakan tegel yang biasa dipakai buat lantai garasi atau teras saja, yang banyak dijual di pinggir jalan. Tapi terpikir juga soal kualitasnya, baguskah kalau digunakan untuk lantai dapur ? Sekalian bertanya, keramik roman polos ukuran 15X15 cm yang berharga Rp. 31.000/m2, kira-kira bisa ditawar berapa ya ?" (Nd)

Jawab
"Mungkin ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan designer? Supaya tidak menyesal kalau sudah terlanjur lantas tidak cocok atau menyesal kan sayang. Saranku kalau membaca referensi buku interior, cari yang ada panduannya, how to do this and that. Misalnya bagaimana membuat dapur yang sesuai mulai dari bentuk, ukuran, warna, kebutuhan dan segala pernak perniknya. Model-model di IKEA memang menggemaskan, tapi jangan terburu-buru ya." (vv)

"Kebetulan lantai dapurku juga berwarna gelap [hitam gurat hijau tua], sengaja biar kontras sama kitchen set yang kuning dan dindingnya yang hijau. Hasilnya ? Coba tanya sama yang sering berkunjung ke dapurku. Menurutku sih bagus. Oya, sekedar saran, jangan pakai tegel batu yang untuk taman [yang pecahan batu kali itu kan maksudnya?] Soalnya dapur itu daerah lembab, kalau tidak rajin membersihkan setiap hari [disikat, dll] pasti deh cepat ditumbuhi lumut." (In)

"Saya juga sedang renovasi rumah, dapurnya terletak di depan. Menurut yang mendesain, dapur di depan lebih bagus, supaya pertukaran udaranya lebih mudah. Lantainya saya samakan saja dengan ruang-ruang lainnya. Menurut saya lebih 'enak' keramik dengan warna terang, supaya dapurnya lebih terang. Sebaliknya, meja dapur memang sebaiknya yang berwarna gelap." (Sy)

"Bagaiman kalau seperti papan catur, hitam-putih, seperti dapur di rumah orang asing ? Penyusunan lantainya diagonal. Atau kalau kitchen set-nya berwarna kayu, lantainya bisa gabungan coklat tua & putih/ kuning/ coklat muda berselang-seling. Suamiku biasa membeli keramik di toko Jakarta di pasar rumput. Lumayan di sana agak miring harganya." (Ls)

"Kayaknya kok kurang cocok deh kalau bawahnya hitam. Coba kalo pakai ubin dengan warna tanah yang agak muda, modelnya tidak rata tapi masih tetap licin. Kayaknya bagus juga, seperti yang aku gunakan di garasi saat ini. Soalnya garasi tetanggaku memakai ubin yang tidak licin, kesannya jadi kumall. Kamar mandi di kantorku, lantainya warna hitam, dindingnya dari bawah sampai pinggang hijau putih bergaris- garis, ke atas putih saja." (Ys)

"Aku pernah melihat dapur tetanggaku yang ubinnya berwarna hitam. Dapurnya terletak di pojok belakang rumah jadi tempatnya tidak terang. Kesanli bukannya keren, malah jadi kusam dan gelap. Barangkali kalau mau keramik yang gelap harus ditempat yang terang, dipadu dengan perabotan yang terang juga. Untuk keramik dapur aku usul jangan pakai tegel, karena akan membuat kaki jadi sakit, kan di dapur biasanya pembantu tidak suka pakai sendal, pengalaman waktu aku kontrak rumah, keramik dapurnya yang buat di halaman, aduh tuh kaki sakit-sakit semua deh, juga jangan pilih yang licin, nanti kalau ada air tercecer kita mudah terpeleset. Tahun yang lalu aku membeli keramik Roman dengan harga sekitar Rp. 25.000 s/d 27.500, tergantung motif." (It)

"Lantai hitam harus sering di pel, tidak bisa cuma disapu, nanti nampak kusem banget. Dulu (tahun '98) saya bisa mendapat discountbisa sampai 30% untuk pembelian keramik Roman dalam jumlah yang besar. Jika tidak keliru kantor mereka di daerah Mangga Dua, di ruko depan ITC Mangga Dua (sebelum Mangga Dua Mal, kalo dari arah Ancol). Harga di Panglima Polim pasti berbeda dengan harga di Mangga Dua. Di PangPol paling banyak bisa dapat discount s/d 10% saja. Konon toko- toko di PangPol itu membeli keramik di Mangga Dua juga." (Rm)

"Teras di depan rumahku dulu juga pakai keramik hitam, jadi cepat kotor dan banyak nyamuk deh, mungkin karena gelap nyamuk jadi seneng di sana. Sekarang ganti kotak-kotak kecil warna coklat muda, biar berdebu tapi tidak begitu kelihatan dan nyamuknya juga tidak sebanyak dulu lagi. Untuk dapur, posisi ubinnya sebaiknya naik/atau turun dari posisi ruang yang ada di sekitarnya, supaya mudah membersihkannya. Setting keramik dindingnya lebih bagus miring dengan list pinggiran atasnya yang bentuk segi tiga. Maksudku, diturunkan 10-12 cm dari lantai yang sudah ada. Karena ruang keluarga rumahku kecil, makan dapur diturunkan sekitar 10 cm. Untuk keramik motif aku cuma pakai di kamar mandi. Aku beli satuan di depo bangunan, harganya sekitar Rp 10.500 per buah untuk ukuran 20x25 cm. Karena kamar mandiku tidak luas, aku cuma perlu 6 buah utk satu kamar mandi (sebagai pemanis saja) Untuk dapur aku cuma pakai list biasa di bagian atas dinding yang harga per buahnya Rp. 4500 di depo waktu itu." (Mk)

"Untuk jenis keramik coba hubungi saja distributor tunggal untuk keramik
Roman Royal:
Mangga Dua Blok F-2 No. 1
Jl. Mangga Dua Raya
Tel. 601 1537 Fax. 601 7277
setahu aku mereka punya bermacam-macam motif keramik, kadang-kadang di agen (toko) seperti PangPol tidak lengkap displaynya." (My)

2003-05-02 16:30:54

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org