Jerawat - Artikel   
SHARING

HSG (Tiup Rahim)
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
"Aku pengen tahu detil ttg. HSG atau tiup rahim, ada ngga para ibu  yg. pernah menjalani terapi ini, apa dan bagaimana caranya, trus yg. melakukan dsog atau radiologis ? "[Db]

Jawab
"aku pernah di HSG (hysterospalngiography). Tujuannya utk. melihat apakah ada penyumbatan di saluran tuba (falopii), atau apakah ada endometriosis. HSG dilakukan dengan cara memasukkan suatu cairan kontras (Barium something, lupa) ke dalam rahim, lalu di rontgen. Cairan kontras ini kalo dikenai sinar rontgen akan menghasilkan foto yg. terang, sementara otot / jaringan rahim gambarnya hitam. Jadi dapat dilihat di hasil rontgennya, apakah terdapat penyumbatan di saluran atau tidak. Kalo ada penyumbatan, maka cairan kontras tidak akan dapat 'bocor' (spilling) dari tuba falopii. Dia mampet di tempat penyumbatan tsb, shg. hanya terang sampai tempat dia tersumbat, selanjutnya gelap (karena bayangan otot kan hitam di film rontgen). Kalo saluran normal, maka akan terlihat gambar jelas kedua saluran tsb lebar bagian terangnya. (Sorry kalo bingung). Kata dsog ku metoda ini lebih akurat dibanding ditiup dgn. udara. Tiup udara itu hasilnya sangat subjektif, bergantung info si pasien sakit / tidaknya di bagian mana. Cuma biaya HSG mahal, waktu itu kira2 450rb-an (kira2 5 bulan yl). Waktunya biasanya ditentukan sama DSOG-nya, kapan boleh di HSG. Kalo tidak salah, paling lambat, 4-5 hari sesudah mens (cmiiw). Jadi mens harus sudah berhenti, tapi juga tidak boleh terlalu dekat masa subur, karena ditakutkan sisa bahan radioaktif bisa merusak janin (kalo tau2 terjadi pembuahan selama masa subur). Jadi nggak boleh asal dateng sesuka kita hari-nya. Lalu, kita buat janji sama radiologist, kapan dia bisa lakukan HSG tsb. Yg. melakukan HSG adalah radiologist, bukan dsog. Dilakukannya di ruang rontgen. Jadi prosesnya, kita berbaring di meja rontgen, hanya mengenakan jubah rontgen, yg. lainnya copot. Terus sebuah kateter dimasukkan ke vagina kita (jadi kaya' mau periksa dalam, didongkrak dlsbnya), lalu diinjeksikan cairan kontras tadi. Bagian ini yg. mungkin terasa sakit, tapi sakitnya juga variatif (kata dsog-ku). Kalo memang ada penyumbatan, biasanya sakiiiit sekali. Kalo nyumbatnya sedikit, ya sakitnya sedikit. Kalo nggak nyumbat, yanggak sakit. Gitu kali. Waktu itu sih aku kerasa sedikit pegel aja, kaya' mo mens gitu. Juga usahakan jangan takut, relax, supaya leher rahim tidak kaku dan
mempersulit proses. Sesudah cairan tsb. selesai diinjeksikan, kita disuruh berbaring terlentang, lalu di-ro. Sesudah itu disuruh miring ke kanan, lalu di-ro. Miring ke kiri, lalu di-ro. Sudah. Lalu radiologist akan memberikan hasil pemeriksaan dan opini-nya ke dsog. DSOG akan menentukan terapi selanjutnya berdasarkan hasil Ro tersebut."[Rn]

"setau aku ditiup itu hanya untuk memperlancar jalan masuk sperma ke rahim. Soalnya kalo saluran rahim tersumbat kan sperma gak bisa ketemu telur. Tapi kalo udah ditiup masih juga gak bisa hamil, periksa dokter lagi aja. Siapa tau masalahnya bukan penyumbatan saluran rahim."[Pp]

"Aku pernah Mbak, baru aja dua bulan yg lalu. Penjelasan Mbak Evi kayaknya udah komplit tuh. Emang kalo ada penyumbatan lumayan sakit, Mbak. Dan jangan lupa bawa persediaan softex soalnya biasanya abis di'tiup' akan keluar pendarahan sedikit. Mbak di Jkt? Biasanya dokter2 akan rekomen ke RSCM, aku juga kesana. Kebetulan radiolognya kakak sepupuku."[Pp]

"setahuku, tujuan HSG adalah sekedar utk. diagnosa adanya penyumbatan atau tidak. Diharapkan sih, dengan adanya dorongan injeksi, akan terbuka sedikit celah, sehingga memungkinkan si sperm bertemu dgn. si ovum. Tapi bukan berarti HSG ini merupakan terapi infertilitas, tapi hanya merupakan metode diagnosa. Kalo memang celahnya tertutup sempurna, bisa diperbaiki dgn. operasi, tapi ndak tau deh, tingkat keberhasilannya berapa ? Selanjutnya, dari hasil HSG ini baru diketahui, kira2 apa penyebab tak kunjung hamil, dan kira2 apa terapi yg. disarankan. Tapi kita juga perlu ingat, bahwa kasus2 'unexplained infertility' juga banyak."[Rn]

"Aku pernah dua-duanya, dan dua-duanya suakit, Pengin bikin anak pertama, aku HSG seperti yang kamu cerita itu, di rontgent balik kanan, kiri, sakitnya masih terkontrol, cuman waktu selesai dan bangun, aku pengin pingsan, entah kenapa, jadi perlu 1/2 jam-an untuk pulih. tapi sakit masih bisa terkontrol. sedang pengin bikin anak kedua, aku di tiup, dsognya yang ngelakuin, nah ini nih yang suaakit sekali,aduhhh bener-bener deh"[Kr]

"saya pernah melakukan HSG bulan Agustus tahun lalu. Tapi HSG ini belum tiup rahim loh.... HSG ini hanya untuk mengetahui apakah ada sumbatan di rahim atau tidak. Nah kalau tiup rahim beda lagi. Dan saya juga pernah mengalaminya. Namanya : Hidrotubasi (disemprot dengan cairan agar sumbatannya terbuka lagi). Kalo HSg nggak di bius tapi kalo Hidrotubasi itu dibius total."[Ds]

"Dulu saya juga pernah menjalani tip rahim di Klinik Evasari dengan dr. Harun. tapi seingat aku sih dibius total ya, soalnya nggak sakit sama sekali. sampai2 waktu penarikan slangnya juga nggak terasa tuh dan 1 jam sesudahnya sudah boleh pulang koq."[SL]

"Saya juga pernah dihidro malah nggak bius sama sekali.. sakit sih, tapi setelah dihidro disuruh istirahat dulu beberapa saat baru boleh pulang.."[Fn]




2003-05-02 17:42:52

Mamaku kerja di rumah....
Bersama d'BC Network, mamaku bisa mendapatkan uang walau setiap hari di rumah saja nemenin aku...
Klik di sini untuk info lengkapnya...



ADSL

Kamar Orang Tua

Cabut Gigi

Digicam + Handycam

Krem Untuk Luka Bekas Gigitan Nyamuk

Obat batuk untuk anak 2 tahun:

Ryzen

Kaos Kaki Panjang

Liburan Menginap Di Ancol

Pengganti Kulkas untuk ASI

Daftar selengkapnya...

Contact Us
 © 2014 dunia-ibu.org